4 Pilar Gizi Seimbang Ini Bantu Jaga Kesehatan Keluarga

Jika dulu prinsip 4 sehat 5 sempurna menjadi pedoman yang digalakan pemerintah untuk menerapkan pola makan sehat, kini pemerintah menggantinya menjadi PGS atau Prinsip Gizi Seimbang. Pada konsep PGS sendiri tidak masuk dalam prinsip sebelumnya dan lebih fokus penerapan 4 pilar gizi seimbang sebagai pola makan yang disarankan.

Mam, yuk kita bahas bersama mengenai apa saja pilar yang disebut juga menjadi dasar gizi yang seimbang untuk bantu jaga kesehatan tersebut!

Mengenal 4 Pilar Gizi Seimbang Agar Tetap Sehat

Mengenal 4 Pilar Gizi Seimbang Agar Tetap Sehat

Berikut 4 pilar gizi seimbang:

  1. Biasakan Konsumsi Makanan yang Beragam

Selain Air Susu Ibu yang ideal diberikan pada bayi baru lahir hingga usia 6 bulan, di antara semua makanan, baik bahan-bahan alami yang terkena akan kaya kandungan nutrisinya, tidak ada satu pun mengandung gizi sempurna.

Ini menjadi alasan kenapa Mam harus mengkombinasi dan mencampur bahan-bahan atau makanan lebih dari satu macam setiap harinya. Seperti nasi, sumber karbohidrat, tetapi tidak banyak mengandung vitamin dan mineral. Sayur mengandung banyak vitamin dan serat, tetapi tidak banyak mengandung protein.

Maka dari itu pilar pertama untuk menyeimbangkan gizi yang dikonsumsi ialah dengan mengonsumsi makanan bervariasi dan beragam.

  1. Terapkan Perilaku Hidup Bersih

Berikutnya, 4 pilar gizi seimbang mengenai kebersihan. Hubungan antara hidup bersih dengan keseimbangan gizi merupakan satu hal yang timbal balik. Kurangnya kesadaran terhadap kebersihan memberi resiko besar mendatangkan penyakit.

Sehingga memicu terjadinya infeksi di dalam tubuh. Infeksi ini berpengaruh terhadap status gizi seseorang, khususnya anak-anak.

Mam mungkin pernah menghadapi situasi ketika anak sakit kemudian ia tidak mau makan karena menurunnya nafsu makan, bukan? Membuat asupan nutrisi dan gizinya menjadi berkurang.

  1. Rutin Melakukan Kegiatan Fisik

Saat tubuh dalam keadaan sehat dan normal, rutin melakukan berbagai kegiatan fisik seperti olahraga sangat dianjurkan. Minimal 150 menit dalam seminggu bagi orang dewasa yang bisa dibagi menjadi 2-4 sesi. Sementara anak-anak umumnya lebih aktif.

Tujuan rutin berkegiatan fisik adalah agar sistem input-output dalam tubuh yangberupa gizi dan energi menjadi seimbang.

  1. Selalu Memperhatikan Berat Badan

Pilar keempat merupakan bagaimana Mam memperhatikan berat badan. Prinsip yang diterapkan dalam PGS mengacu pada usaha agar masyarakat memiliki berat badan ideal dan seimbang.

Terlalu kurus dengan berat badan berada di angka bawah dan terlalu gemuk atau obesitas menjadi tanda tidak seimbangnya gizi dalam tubuh.

Sekilas prinsip dalam PGS dengan 4 pilar gizi seimbang terlihat mudah. Namun dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari tidak semudah yang dibayangkan. Karena banyak faktor mempengaruhi pola makan serta gaya hidup.


Mama juga bisa nulis di sini loh ma, yuk gabung di ruang mama bebasbayar, silahkan klik tombol di bawah ini.

Tombol Daftar Sekarang

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
lisa

Mama muda yang hobinya curhat

Leave a Reply