5 Tips Menggunakan Kartu Kredit Bagi Pemula

 

BebasBayar –  Bila kamu seorang pengguna kartu kredit pemula, ada baiknya menyimak 5 tips ini agar kartu kredit yang kamu miliki bisa maksimal manfaatnya, bukan malah menambah beban finansialmu. Berikut adalah 5 tips menggunakan kartu kredit bagi pemula

Belanjalah Sesuai Rencana

Biasakan untuk belanja sesuai rencana. Di mana pun kamuu belanjanya, rencana belanja akan membantu mengendalikan pengeluaran kamu.

Sebagai contoh, dari rumah kamu sudah berencana akan memakai kartu kredit untuk membeli sebuah treadmil. Saat di toko peralatan kebugaran, fokuskan diri kamu untuk membeli treadmil.

Fokus pada rencana belanja memang tidak semudah itu. Selalu ada aja godaan yang meningkatkan hasrat ingin membeli ini dan itu.

Hindari tarik tunai dari Kartu Kredit

Salah satu kemudahan yang ditawarkan kartu kredit ialah bisa dipakai untuk menarik uang tunai dari ATM. Meskipun demikian, tahan diri kamu agar tidak tergoda menggunakan kemudahan tersebut.

Alasannya, kalau kamu tarik uang tunai dari kartu kredit dikenai bunga hingga 4-5% per bulan. Jika keuangan kamu hanya cukup untuk kebutuhan bulanan, tentu bunga ini akan menjadi beban tersendiri.

Abaikan Tawaran Merchant

Penyedia kartu kredit umumnya sudah bekerja sama dengan sejumlah merchant. Para merchant ini mempunyai sejumlah strategi pintar dalam memikat pemilik kartu kredit untuk belanja di tempat mereka.

Misal saja, mereka mengirimkan undangan spesial dengan memberi hadiah barang tertentu. Pemegang kartu kredit harus datang ke lokasi merchant untuk mendapatkan barang tersebut.

Jika kamu menerima undangan semacam itu, abaikan saja. Kenapa? Ketika kamu datang ke tempat merchant, kamu akan dihujani penawaran beragam produk mereka.

Periksa Tagihan Dengan Cermat

Jika kamu sudah memakai kartu kredit untuk belanja, kamu akan menerima tagihan bulanan yang dikirimkan ke rumah kamu.

Cek tagihan tersebut dengan cermat untuk mengetahui apakah ada transaksi yang tidak kamu lakukan.

Bila ada, segera hubungi layanan pelanggan dari penyedia kartu kredit kamu untuk mengadukan komplain.

Batasi Jumlah Kartu Kredit

Jika kamu telah memiliki kartu kredit pertama dengan tempo transaksi dan pembayaran yang lancar, kamu pasti akan ditawari kartu kredit lagi dari penerbit yang sama atau penerbit kartu kredit lain.

Jika kamu membutuhkannya, batasi jumlah kartu kredit kamu maksimal dua. Mengapa?

Sebab bila kamu memiliki banyak kartu kredit, kamu akan mengeluarkan uang tambahan untuk membayar iuran tahunan dan biaya-biaya terkait.

Sudah cek tagihan kartu kredit kamu? Yuk cek segera di aplikasi BebasBayar.

Klik Disini

 

Tinggalkan Komentar Disini..

About Author

Mas Halfi

Leave a Reply