Ini Penjelasan Lengkap tentang Apa Itu Afiliasi

Di dunia bisnis, istilah Afiliasi sudah tidak asing lagi. Hal ini karena banyaknya perusahaan yang menggunakan afiliasi sebagai sistem pemasaran produk dan jasanya. Bagi Anda yang ingin mencoba, sebaiknya pahami dahulu apa itu afiliasi beserta cara kerjanya agar bisa menghasilkan cuan besar.

Berikut penjelasan lengkapnya menurut blog bebasbayar.

Apa Itu Afiliasi ?

Apa Itu Afiliasi

Menurut KBBI, afiliasi artinya bentuk kerjasama antara dua lembaga yang berdiri masing-masing. Bisa dikatakan pula sebagai hubungan anggota atau cabang. Namun, biasanya salah satu lembaga lebih besar dari lainnya. Bantuan dari lembaga besar biasanya berbentuk peralatan, personel dan fasilitas.

Menariknya, bisnis afiliasi bisa memberikan Anda keuntungan besar tanpa mengeluarkan modal. Sebab, dalam bidang bisnis dan pemasaran, bisnis afiliasi adalah salah satu sistem bisnis dengan pemanfaatan jaringan internet dan diikuti oleh dua belah pihak untuk mendapatkan keuntungan penghasilan.

Afiliasi sering dikaitkan dengan dunia bisnis meliputi, pasar modal dan pemasaran yang pada dasarnya saling membutuhkan. Dalam hal ini perusahaan dan pemasar, dengan tujuan untuk mencapai keuntungan sesuai kesepakatan yang di harapkan.

Keuntungan Bisnis Afiliasi

1. Tanpa modal besar

Beberapa platform yang juga menjalankan bisnis afiliasi biasanya tidak menarik modal bagi affiliate. Anda bisa bergabung tanpa mengeluarkan biaya saat mendaftar. Namun, sebenarnya Anda tetap membutuhkan modal individu berupa laptop, smartphone dan tentunya jaringan internet.

2. Menjual aneka produk yang beragam

Memutuskan bergabung pada bisnis afiliasi, berarti Anda siap menjual produk dan jasa dengan jenis yang beragam. Namun, sebaiknya pilihlah affiliate merchant yang menjual produk barang dan jasanya sesuai dengan minat dan passion.

3. Untung jangka panjang

Keuntungan yang diberikan kepada affiliate sifatnya berjangka panjang. Artinya, tautan URL yang  tersemat di media sosial bisa diklik oleh konsumen kapan pun, sehingga ada kemungkinan besar fee bisa didapatkan terus-menerus selama produk dari iklan Anda laku terjual.

4. Tidak perlu menyiapkan gaji karyawan

Bisnis afiliasi dikerjakan secara individu sehingga Anda tidak perlu menggaji karyawan. Fee yang Anda dapatkan menjadi hak penuh tanpa harus dibagi.

5. Pasar bisnis lebih luas

Jaringan dari bisnis afiliasi memiliki jangkauan yang luas karena menggunakan media internet. Iklan yang Anda pasang tidak hanya dilihat oleh pengguna internet dalam negeri, tetapi juga bisa dilihat secara global.

Cara Kerja Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi memiliki cara kerja yang sangat mudah untuk dilakukan siapa saja. Pastikan untuk memiliki laptop atau smartphone dan jaringan internet yang baik. Langkah bergabung bisnis afiliasi ini dimulai dari :

  1. Pihak pemasar atau Affiliate marketers harus daftar ke pemilik produk atau affiliate merchant (seperti bebasbayar)
  2. Affilate marketers diberikan sebuah link khusus atau URL yang bisa difungsikan sebagai media promosi. (media sosial maupun website pemilik produk).
  3. Komisi akan cair ketika konsumen melihat tautan URL yang Anda cantumkan dan membeli produk atau jasa dalam URL tersebut. Nilai komisi tergantung dari kesepakatan Anda dengan pihak pemilik produk.

Fungsi dari URL yang diberikan pihak pemilik produk adalah skema data mengenai jumlah penjualan dan jumlah klik iklan dari konsumen. Sistem kerja ini memberikan banyak keuntungan untuk Anda yang ingin menghasilkan pundi-pundi rupiah hanya dari jaringan internet saja.

Anda tidak perlu menyetok produk, sibuk mengemas atau memikirkan biaya pengiriman, tetapi cukup lakukan promosi melalui internet sesering mungkin. Tidak hanya menguntungkan bagi Anda, tetapi affiliate merchant atau pemilik produk juga tidak perlu membayar biaya tambahan untuk sebuah iklan.

Pada intinya, Apa itu afiliasi? yaitu sebuah cara untuk memenuhi kebutuhan manusia baik secara sosial maupun finansial. Dalam era digital yang semakin maju, bisnis afiliasi menjadi salah satu solusi berbisnis yang banyak digunakan masyarakat untuk menghasilkan uang daril aktivitas jelajah internet.

Bisnis Afiliasi Bebasbayar

Dengan Anda mengikuti program afiliasi bebasbayar Anda akan mendapatkan berbagai macam keuntungan, seperti Smartphone, laptop maupun umroh gratis.

Caranya cukup mudah, Anda hanya tinggal download aplikasi bebasbayar dan registrasi, kemudian Anda masuk ke menu ajak teman, selanjutnya Anda tinggal mengajak teman Anda supaya ikut juga untuk memulai bisnis afiliasi bebasbayar.

Info lebih lengkap Anda bisa baca tentang Cara memulai bisnis Afiliasi Bebasbayar.

Semoga bermanfaat.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
Ahid

Life is a first draft... with NO rewrite.

Leave a Reply