Mengenal Apa Itu Bisnis Online

Perkembangan dunia digital membawa banyak perubahan di berbagai sektor dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah sektor bisnis. Saat ini mulai banyak bermunculan bisnis-bisnis digital yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memudahkan proses berniaga.

Tentu Anda sudah tidak asing lagi mendengar apa itu bisnis online, bagaimana cara memulainya, dan apa saja kelebihan bisnis online dibandingkan bisnis konvensional.

Apa Itu Bisnis Online

Apa Itu Bisnis Online

Bisnis online pada dasarnya sama dengan bisnis konvensional, dimana Anda menawarkan suatu produk kepada konsumen. Hal yang membedakan adalah metode yang digunakan. Pada bisnis online, Anda menggunakan berbagai platform dan media sosial untuk menawarkan produk.

Selain itu, pada beberapa jenis bisnis online juga membutuhkan jasa pihak ketiga, yaitu kurir. Peran kurir sangat penting dalam bisnis online karena produsen dan konsumen rata-rata tidak bertemu secara langsung

Oleh karena itu, pengertian bisnis online adalah semua kegiatan menawarkan produk baik barang maupun jasa kepada konsumen dengan menggunakan bantuan teknologi. Peran teknologi inilah yang menjelaskan apa itu bisnis online dan perbedaannya dengan bisnis konvensional.

Manfaat Bisnis Online

Keberadaan bisnis online saat ini semakin digemari dan banyak tersedia platform jual beli online juga jenis bisnis baru. Tentu Anda bertanya-tanya apa saja manfaat dari bisnis tersebut. Berikut adalah beberapa keunggulan bisnis online dibandingkan dengan bisnis konvensional:

1. Murah

Tidak bisa dipungkiri salah satu daya tarik dari bisnis online adalah biayanya yang murah. Anda bisa memulai bisnis online tanpa harus menggunakan modal yang besar bahkan tanpa modal. Oleh sebab itu, bisnis online semakin digemari dan berkembang dengan pesat.

Hal lain adalah biaya operasional yang jauh lebih rendah. Sebagai gambaran, jika Anda menjual baju, pada bisnis konvensional, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk sewa ruko, dekorasi, stok produk, dan karyawan penjaga toko.

Pada bisnis online, Anda tidak memerlukan biaya tersebut. Anda bisa membuka toko secara online di media sosial dan platform jual beli online secara gratis. Dengan demikian, Anda bisa menghemat biaya sewa toko, dekorasi, dan gaji karyawan.

Anda dapat membelanjakan uang tersebut untuk meningkatkan stok produk atau melakukan branding dengan menyewa jasa fotografer produk. Jadi, bisnis Anda bisa lebih berkembang dan dikenal konsumen luas.

2. Waktu fleksibel

Bisnis online juga bisa dijalankan dengan fleksibel dan tanpa jam operasional tertentu. Konsumen bisa melihat produk Anda kapan saja dan Anda juga bisa membalas pesanan dari konsumen kapan saja, tetapi masih dalam rentang waktu yang tepat.

Meskipun bisnis online bisa dijalankan dengan fleksibel, tetapi Anda harus memperhatikan kepuasan konsumen. Salah satunya dengan membalas pesan dengan cepat dan tidak membiarkan konsumen menunggu terlalu lama. Hal tersebut akan berpengaruh pada keputusan konsumen.

Membalas pesan singkat juga tidak hanya cepat tetapi juga ramah. Tentu konsumen tidak akan merasa senang jika Anda membalas cepat namun balasan yang diterima tidak ramah atau terkesan copy paste. Oleh karena itu, perlu Anda perhatikan cara membalas pesan dengan ramah.

3. Dapat digunakan sebagai pekerjaan sampingan

Jam operasional bisnis online yang fleksibel membuat bisnis online adalah pekerjaan yang cocok untuk sampingan. Anda bisa mulai menjalankan bisnis setelah pulang kantor hingga malam. Meskipun sebagai pekerjaan sampingan, tentu Anda harus totalitas dalam menjalankannya.

Jenis-jenis bisnis online yang bisa digunakan sebagai pekerjaan sampingan antara lain:

  • Pulsa dan layanan pembayaran
  • Bisnis Online Bebasbayar
  • Dropshipping
  • Reseller
  • Kerajinan tangan atau produk fisik lainnya

Baca juga: Jenis-jenis bisnis online Terbaru

4. Menjangkau konsumen dengan jarak yang lebih luas

Kehadiran internet sudah menjangkau hampir di seluruh wilayah Indonesia. Oleh karena itu, bisnis Anda yang terletak di Aceh bisa saja dibeli oleh konsumen yang berasal dari Merauke. Kondisi tersebut menggambarkan bahwa teknologi membawa bisnis Anda semakin berkembang pesat.

Ada beberapa cara untuk menjangkau konsumen lebih luas salah satunya dengan menggunakan platform jual beli online. Berbagai platform menawarkan promo potongan ongkos kirim yang membuat konsumen tidak harus membayar biaya kirim produk.

Oleh sebab itu, konsumen dari berbagai daerah menjadi semakin tertarik mengonsumsi produk Anda. Kehadiran platform jual beli online juga membuat konsumen merasa aman ketika berbelanja karena resiko kualitas produk yang jelek dan produk palsu sangat rendah.

Fitur rating dan review dalam platform jual beli online atau media sosial sangat membantu konsumen dalam menilai apakah bisnis ini dapat dipercaya. Selain itu, keberadaan fitur ini juga membantu Anda sebagai pelaku bisnis untuk meningkatkan minat konsumen dalam mengonsumsi produk Anda.

5. Memotong rantai pemasaran

Bisnis online juga berguna untuk memotong rantai pemasaran. Sebagai gambaran, Anda menjalankan bisnis makanan khas. Pada bisnis konvensional, produk Anda akan dibeli oleh pedagang besar, kemudian ke pedagang pengecer, dan berakhir ke konsumen.

Melalui bisnis online, Anda bisa dengan cepat menjangkau ke tangan konsumen. Dengan demikian, konsumen akan mendapatkan produk dengan lebih murah dan keuntungan produk Anda akan semakin meningkat.

6. Produk yang beragam

Anda bisa menjual berbagai jenis produk, mulai dari konveksi, pulsa, kuliner, hingga jasa. Selama produk Anda tidak bertentangan dengan hukum, maka Anda bisa menawarkannya di online shop Anda.

Hal ini semakin memudahkan Anda sebagai pemilik bisnis karena bisa menawarkan semua jenis produk. Bahkan jika produk Anda adalah produk yang benar-benar baru dan unik, maka akan menjadi daya tarik tersendiri dalam bisnis online.

Setelah mengetahui apa itu bisnis online dan manfaatnya, tentu Anda menjadi semakin tertarik dalam menjalankan bisnis online. Sebelum memulainya, pastikan bahwa Anda mengetahui kiat-kiat dalam berbisnis supaya tujuan bisnis Anda cepat tercapai.

About Author

Ahmad Mujtahidin
Ahmad Mujtahidin

Ramah, penyabar dan baik hati.

Leave a Reply