Bayi Susah Minum Susu? Ini Cara Mengatasinya!

Kandungan nutrisi yang ada pada ASI memang sangat bermanfaat bagi bayi untuk membantu proses tumbuh kembang. Sangat disayangkan apabila bayi sama sekali tidak mendapatkan asupan ASI akibat bayi susah minum susu.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak ulasan berikut ini ya, Mam.

Cara Ini Bisa Mengatasi Bayi Susah Minum Susu

Cara Ini Bisa Mengatasi Bayi Susah Minum Susu

  1. Upayakan Memerah ASI Secara Rutin

Kenapa bayi susah minum susu? Salah satu faktor penyebab bayi sulit untuk meminum susu karena ASI tidak keluar hingga anak menjadi terbiasa tidak minum susu. Mama bisa mengupayakannya perlahan-lahan dengan memerahnya tiap jam secara konsisten hingga ASI mau menetes.

Apabila Mama sudah mengupayakan memerah ASI, namun tetap tidak menetes, Mama bisa menggantinya dengan susu formula. Asupan susu dalam sehari idealnya yaitu 150 ml/kg berat badan bayi. Jika berat badan anak 8 kg, maka kebutuhan susu dalam sehari (24 jam) yaitu 1.200 ml.

  1. Cari Alternatif Agar Asupan Susu Tercukupi

Apabila asupan susu kurang dari jumlah ideal, Mama bisa mengakalinya dengan menggunakan pipet, sendok, atau cup feeder agar anak tetap mendapat asupan susu yang tepat dan ideal.

Apabila Mama menggunakan dot untuk memberikan susu, sebaiknya Mama sering mengganti dot agar tetap terjaga kebersihannya. Saat usia anak memasuki 1 tahun, Mama bisa mulai melatih anak minum susu menggunakan gelas atau cangkir.

  1. Cari Tempat Tenang Saat Bayi Minum Susu

Bayi usia 6 bulan susah minum susu juga bisa karena bayi sudah mulai tertarik pada dunia di sekitarnya. Ketertarikan bayi terhadap lingkungan inilah yang membuat bayi menjadi minum seadanya saja dan tidak mencapai jumlah ideal yang dianjurkan.

Untuk menyiasatinya, Mama bisa mengajak buah hati untuk minum susu di tempat yang tenang. Kamar tidur menjadi solusi dan pilihan yang tepat, agar konsentrasi anak tidak teralihkan, sehingga anak bisa minum susu dengan benar.

  1. Beri Kebebasan untuk Memilih Susu Kesukaan

Tidak ada patokan harus minum susu formula merk tertentu untuk memperoleh gizi yang tepat dan sesuai ya, Mam. Berikan kebebasan pada anak untuk memilih susu formula yang mereka sukai, sehingga keinginan dan selera minum susu tetap terjaga dan asupan susu tercukupi.

Mama bisa menerapkan cara di atas untuk mengatasi bayi susah minum susu agar asupan nutrisi selalu tercukupi.


Mama ingin curhat atau berbagi pengalaman? Yuk, publikasikan tulisan Mama di ruang Mama bebas bayar. Caranya sangat mudah yaitu dengan klik tombol di bawah ini ya, Ma.

Tombol Daftar Sekarang

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
lisa

Mama muda yang hobinya curhat

Leave a Reply