Bisnis di Tengah Pandemi Virus Corona? Siapa Takut!

Menjalankan bisnis di tengah pandemi virus corona ternyata bukan hal yang tidak mungkin. Walaupun pada saat virus ini merebak berimbas pada sektor ekonomi namun perlahan namun pasti bisnis kecil mulai bergeliat dan bermunculan.

Hal ini membuktikan bahwa usaha dan pengelolaan yang tepat tetap bisa bertahan di tengah situasi yang kacau sekalipun. Dengan melihat peluang yang terbuka karena adanya pandemi, beberapa orang pun mulai percaya diri untuk memulai usaha kembali.

Macam Bisnis di Tengah Pandemi Virus Corona

Macam Bisnis di Tengah Pandemi Virus Corona

1. Produk Kuliner Kemasan Keluarga

Dengan adanya pandemi yang melanda seluruh belahan dunia, menjadikan semua anggota keluarga berkumpul. Orang dewasa yang biasanya bekerja atau kuliah harus berada di rumah selama musim corona, begitu pula dengan anak-anak.

Dengan jumlah jiwa yang komplit seperti ini tentu saja ketika akan mengorder makanan dibutuhkan ukuran paket yang lebih besar dan lengkap, atau istilahnya adalah family-size package. Hal inilah yang membuat sebagian besar produsen membuat inovasi semacam ini.

Bukan hanya makanan, minuman seperti kopi pun kini disajikan dalam pilihan ukuran besar. Dengan inovasi ini, selain mendatangkan untung yang lebih banyak, juga membantu untuk bisnis bertahan di tengah goncangan virus dan ekonomi.

2. Bisnis Afiliasi BebasBayar

Bisnis Afiliasi bebasbayar bisa menjadi pilihan terbaik Anda dalam memilih bisnis yang ingin dijalankan, karena bisnis ini bisa memberikan Anda keuntungan yang berlimpah ruah.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan bisnis afiliasi bebasbayar memberikan program yang cukup menarik, yaitu program untuk mengumpulkan koin perak dan koin emas. Dengan koin tersebut Anda bisa bebas memilih hadiah yang Anda inginkan, Sesuaikan saja dengan jumlah koin yang Anda dapatkan.

3. Pengiriman Logistik

Di tengah krisis yang tidak menentu, salah satu pihak yang terdampak adalah para pegiat usaha travel. Larangan mengangkut penumpang ataupun prosedur yang cukup ribet ketika harus tetap mengangkut penumpang, menjadikan pegiat usaha travel harus memulai inovasi.

Maka dari itu, mereka yang bekerja di bidang ini mulai beralih dari mengantarkan orang menjadi mengantarkan barang. Bukan hanya barang kebutuhan sehari-hari tetapi juga kiriman paket yang isinya sangat bervariasi.

Layanan yang mereka berikan pun juga hampir sama dengan layanan yang selama ini ada di dalam aplikasi ojek online. Penjemputan dan pengiriman barang sehari sampai dan ekspress adalah layanan yang kerap kali digunakan oleh konsumen.

4. Cleaning Services

Salah satu hal yang digaungkan selama wabah Covid 19 ini adalah masalah kesehatan dan kebersihan. Semua orang dianjurkan untuk selalu memelihara kebersihan, bukan hanya badan melainkan juga lingkungan.

Selain itu, mereka yang terpaksa tidak bisa pulang ke tempat tinggal karena terhalang PSBB maupun karantina, namun tetap ingin tempat mereka bersih, harus memikirkan cara yang tepat. Solusi untuk masalah ini adalah dengan memanggil jasa cleaning service.

5. Produksi Baju Rumahan

Terlalu lama berada di rumah pasca merebaknya virus corona membuat banyak orang mulai merindukan suasana di luar. Namun karena tidak memungkinkan untuk bisa merasakan hal tersebut di luar rumah, maka banyak orang mulai menghadirkan suasana outdoor di dalam rumah,

Dengan adanya musim corona ini maka muncul pula tren fashion baru yaitu tetap fashionable selama berada di rumah. Banyak merk besar mulai menghadirkan koleksi outfit menawan yang cocok digunakan walaupun tetap di rumah saja.

Anda juga bisa menerapkan hal ini dengan membuat produk fashion yang akan membuat konsumen Anda tetap bergaya di tengah karantina.

6. Inovasi Barang

Waktu pertama kali merebak virus yang belum ditemukan vaksinnya ini, banyak orang mulai berpikir cara untuk tetap bisa mengakses barang-barang tanpa harus menyentuh mereka. Ketakutan ini wajar, sebab menurut penelitian virus corona bisa bertahan beberapa saat di atas benda.

Jika virus yang masih hidup tersebut menempel di benda kemudian kita menyentuhnya, maka secara otomatis virus tersebut akan menempel pada kita. Maka dari itu mulailah diciptakan alat-alat yang pengoperasiannya tidak perlu dengan sentuhan.

Maka muncullah produk dengan sensor, seperti termometer hingga wash basin. Jika Anda seorang yang kreatif, Anda bisa menciptakan peluang lain dengan konsep tak tersentuh semacam ini.

7. Menawarkan Asuransi

Ketika terjadi wabah mematikan, maka hal yang pertama kali akan terpikir adalah tentang pemeliharaan kesehatan. Salah satunya adalah dengan asuransi. Hal ini muncul karena alasan kekuatiran akan sergapan virus yang tidak bisa diduga.

Saat seseorang terlihat baik-baik saja, belum tentu keadaan yang sebenarnya murni demikian. Ada kalanya malah orang macam ini masuk dalam OTG atau Orang Tanpa Gejala, yang parahnya kesehatan mereka bisa memburuk secara tiba-tiba.

Maka dari itu banyak orang mulai melirik asuransi sebagai solusi jika terjadi sesuatu kepada mereka. Nantinya polis yang sudah mereka bayarkan setiap bulannya bisa dicairkan dan membantu mereka mengatasi permasalahan yang timbul karena corona.

8. Usaha Frozen Food

Peluang usaha lainnya yang sedang melejit sekarang ini adalah makanan beku. Tidak bisa dipungkiri, kesulitan untuk bisa keluar rumah demi menjaga diri dari masalah kesehatan, membuat orang berpikir untuk memiliki stok makanan.

Apalagi jika ditambah dengan kerjaan yang lebih susah diselesaikan ketika ada di rumah karena berbagai kendala, maka memasak bisa menjadi opsi terakhir. Maka dari itu, pasokan makanan beku yang dengan mudah dipanaskan dan disiapkan menjadi banjir peminat.

Makanan seperti nugget, dimsum bahkan hingga mie komplit pun tersedia dalam versi beku. Sepertinya tren makanan seperti ini akan berlangsung cukup lama yang artinya adalah kesempatan untuk  bisa meraih keuntungan lebih lama.

9. Penginapan Khusus Karantina Mandiri

Agar tidak mengalami resesi yang berkelanjutan, setiap orang harus mampu berpikir kreatif. Salah satunya adalah dengan menghadirkan konsep staycation tapi khusus untuk karantina mandiri. Memang terdengar berisiko tetapi selama mengikuti protokol kesehatan maka semua akan baik saja.

Ide bisnis ini bisa Anda manfaatkan apabila Anda memiliki ruangan atau bangunan yang bisa dialihfungsikan sebagai penginapan khusus semacam ini. Target pasarnya jelas mereka yang membutuhkan ruang isolasi namun dengan suasana liburan.

Peluang semacam ini mulai marak di kota besar. Alasannya pihak pengguna jasa tidak ingin merepotkan keluarga ketika mereka harus karantina di rumah. Selain itu, dengan karantina rasa liburan, mereka bisa lebih fokus untuk memperkuat imun sembari bekerja dari penginapan

10. Klinik Panggilan

Bagi para wanita khususnya, perawatan kecantikan merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Namun sayangnya, ketika terjadi wabah, perawatan semacam ini menjadi cukup menakutkan untuk dilakukan.

Selain harus ke luar rumah, melakukan perawatan di klinik artinya harus bertemu dengan banyak orang yang belum tentu sehat dan terbebas dari covid-19. Maka dari itulah, usaha penyedia jasa kecantikan yang bisa datang ke rumah menjadi sangat diminati.

Peluang usaha pada saat pandemi corona berikut ini merupakan usaha yang paling populer selain usaha kuliner. Produk perawatan mulai dari potong rambut hingga manicure dan pedicure bisa dipesan dan pelayanannya pun sama seperti ketika ada di klinik dan salon kecantikan.

Baca juga: Ini Daftar Bisnis Rumahan Tanpa Modal

11. Menjual Makanan Restoran Gaya Rumahan

Selain perawatan kecantikan, usaha yang laris saat ini dan menduduki posisi puncak adalah menciptakan sensasi makan di restoran dari rumah. Berbeda dengan makanan beku yang harus dipanaskan terlebih dahulu, produk makanan ini bisa didatangkan langsung dari restoran tersebut.

Bukan hanya restoran kecil yang mulai menjalankan konsep semacam ini, tetapi juga restoran besar. Bisnis di tengah pandemi virus corona ini tentu adalah untuk menyiasati sepinya pengunjung dan juga mengobati kerinduan pelanggan akan citarasa masakan restoran favorit mereka.

Inovasi semacam ini memang perlu dilakukan, sebab masa new normal tentu juga memerlukan new habit yang artinya adalah berubah dari kebiasaan konvensional menuju kebiasaan baru yang lebih fleksibel.

12. Pembayaran Tagihan

Hal serupa tentang pengalaman baru melakukan berbagai aktivitas juga bisa dirasakan dalam hal membayar tagihan. Jika dulu untuk bisa membayar BPJS, tagihan listrik dan air, atau transfer ke bank, Anda harus ke luar rumah, maka sekarang tidak harus seperti itu.

Bahkan Anda juga akan bisa membeli tiket pesawat dan hotel dengan cara yang lebih mudah dan murah. Dari pembelian itu lah, Anda akan mendapat cashback yang cukup besar, sehingga akan mendatangkan keuntungan.

13. Jasa Titip Barang

Dengan adanya virus, kebanyakan orang menjadi enggan keluar rumah. Risiko terpapar virus dari orang yang tidak dikenal menjadi momok tersendiri, padahal ada banyak keperluan yang harus didatangkan.

Kesempatan ini sangat baik untuk dimanfaatkan. Anda dapat menyediakan jasa titip belanja barang kebutuhan sesuai yang diinginkan konsumen. Anda dapat membuka jastip bukan hanya makanan tetapi juga pakaian hingga obat-obatan.

Anda bisa memperoleh keuntungan dari selisih harga, ongkos kirim, hingga penerapan komisi khusus untuk layanan jastip. Selain produk lokal, Anda juga bisa mengadakan jasa titip dari mancanegara, tentunya dari negara yang tidak menerapkan sistem lockdown.

Di tengah wabah yang belum tentu kapan berakhir ini, setiap pelaku usaha harus pintar dalam memilih cara bertahan. Bisnis di tengah pandemi virus corona memang sebuah tantangan, tetapi jika Anda bisa berinovasi maka usaha Anda akan mampu beradaptasi.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
Ahid

Life is a first draft... with NO rewrite.

Leave a Reply