Bisnis Online Tanpa Modal dan Terbukti Membayar

Era digital seperti saat ini membuat munculnya bisnis-bisnis online baru yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Anda bahkan bisa mendapatkan uang dengan menggunakan handphone dan koneksi internet yang memadai melalui bisnis online.

Salah satu bisnis yang paling diminati adalah bisnis online tanpa modal dan terbukti membayar. Hal ini dikarenakan bisnis ini cukup mudah dijalankan dan tanpa modal sepeserpun, sehingga Anda bisa memulainya kapan saja.

Contoh Bisnis Online Tanpa Modal dan Terbukti Membayar

Contoh Bisnis Online Tanpa Modal dan Terbukti Membayar

1. Dropship

Salah satu bisnis online tanpa modal dan terbukti membayar yang paling terkenal adalah bisnis dropshipping. Pada bisnis ini, Anda tidak benar-benar memegang satu merek dagang tertentu dan tidak bertanggung jawab atas ketersediaan barang.

Anda benar-benar bisa memulainya tanpa modal yang besar, karena cara kerja dari bisnis ini adalah Anda menawarkan sebuah produk dari produsen ke konsumen.

Jika konsumen berminat untuk membelinya, maka Anda hanya perlu mengirimkan detail informasi pengiriman ke produsen atau supplier. Untuk Sistem kerja dropship bisa Anda bisa lihat pada gambar berikut:

Produk yang dibeli akan secara otomatis menjadi tanggung jawab produsen dalam pengiriman produk. Dengan demikian, Anda tidak perlu membeli produk terlebih dahulu dan bisa menawarkannya secara langsung ke konsumen.

Ada berbagai media sosial yang bisa digunakan seperti WhatsApp, Instagram, dan Facebook yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Kelebihan dari bisnis ini adalah Anda tidak perlu membeli produk terlebih dahulu dan risiko kerugian sangat kecil bahkan tidak ada.

Sebagai pelaku bisnis dropshipping, Anda akan menerima keuntungan melalui mekanisme bagi hasil oleh produsen atau dengan sistem komisi untuk setiap produk yang berhasil di jual. Pada beberapa produsen, Anda dibebaskan untuk menetapkan harga.

Kebebasan dalam menetapkan harga jual menjadikan Anda bisa mendapatkan hasil melimpah tanpa harus mengeluarkan modal banyak.

2. Afiliasi

Bisnis yang kedua adalah bisnis afiliasi. Jika Anda masih asing dengan jenis bisnis ini, coba bayangkan sistem referral atau komisi yang akan Anda dapatkan untuk setiap konsumen yang mendapatkan rekomendasi dari Anda.

Afiliasi sudah banyak tersedia dengan berbagai macam bidang usaha, mulai dari kuliner, kursus online, hingga web hosting. Bisnis ini cocok bagi Anda yang memiliki website pribadi dengan traffic yang ramai atau media sosial dengan jumlah pengikut yang tinggi.

Masing-masing penyedia bisnis afiliasi menerapkan sistem komisi tertentu. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis ini, pastikan Anda memahami setiap detail sistem komisi yang diterapkan oleh penyedia bisnis.

Pada umumnya, Anda akan menerima komisi segera setelah konsumen membeli suatu produk dengan rekomendasi dari Anda. Komisi akan bertambah jika konsumen tersebut membeli produk untuk kedua kalinya.

Sebagai contoh bisnis afiliasi dari BebasBayar  yang menerapkan sistem referral link dalam program afiliasi. Jika Anda memiliki akun di BebasBayar, Anda bisa mulai menawarkan link untuk meningkatkan jenis keanggotaan menjadi premium.

Setiap 10 orang yang menggunakan referral link yang Anda bagikan untuk meningkatkan jenis keanggotaan, maka Anda akan menerima 1 koin emas dan uang tunai sebesar Rp350.000 tanpa diundi.

Koin emas tersebut bisa ditabung dan dapat ditukarkan dengan uang tunai Rp4.200.000 atau satu buah laptop Asus untuk 10 koin emas. Jika Anda mendapatkan 50 koin emas, Anda bisa menukarkannya dengan uang tunai Rp22.500.000 atau satu buah motor Honda Vario 125.

Hadiah yang paling menarik adalah kesempatan umroh atau liburan ke benua Eropa untuk 100 koin emas. Selain itu, Anda juga bisa menukarkannya dengan uang tunai senilai Rp50.000.000.

3. Google AdSense

Sebagai perusahaan internet raksasa, Google menawarkan sistem monetisasi yang terintegrasi dengan beberapa platform seperti YouTube atau website tertentu. Jumlah uang yang bisa dihasilkan juga tidak kalah menggiurkan.

Google menerapkan kriteria tertentu untuk bisa mulai monetisasi iklan seperti pada video di YouTube, channel harus memiliki lebih dari 10.000 penonton dengan total subscribers mencapai 1.000 orang. Selain itu, channel pribadi juga harus memiliki minimal 4.000 jam tayang per tahun.

google adsense

Kriteria tersebut tentu cukup berat bagi Anda yang baru mulai membangun channel di YouTube. Namun, jika Anda sudah berhasil memonetisasi video di YouTube Anda, keuntungan yang Anda terima akan sangat sepadan.

Pada dasarnya, channel di YouTube atau blog pribadi akan semakin menguntungkan jika pengunjung semakin banyak. Oleh karena itu, pastikan Anda menghasilkan video atau konten yang menarik minat pembaca/pengunjung.

Selain pembuat konten, app developer juga bisa menghasilkan uang melalui Google AdSense. Anda dapat menghasilkan aplikasi tertentu lalu mengunggahnya ke PlayStore. Jika aplikasi Anda diminati dan banyak diunduh, maka keuntungan yang akan Anda terima juga semakin banyak.

Khusus bagi Anda yang mengembangkan sebuah aplikasi, Anda bisa berkreasi dengan menerapkan sistem pengguna premium. Anda akan menetapkan harga tertentu untuk bisa menjadi pengguna premium dan menghapus semua iklan yang ada di aplikasi pengguna tersebut.

4. Link Shortener

Saat mengunjungi sebuah website untuk mengunduh file tertentu atau film, pasti Anda sering melihat link shortener seperti ad.ly, shorte.st, dan bit.ly. Link itulah yang disebut sebagai link shortener.

Anda bisa mendatangkan keuntungan dengan menggunakan cara tersebut. Sistem kerja dari bisnis ini juga sama dengan afiliasi yaitu Anda akan mendapatkan keuntungan untuk setiap klik yang dihasilkan.

Link shortener atau URL shortener akan memendekkan link, lalu Anda bisa membagikannya ke beberapa pengunjung website Anda. Setiap klik pada link tersebut akan dihitung sebagai komisi dengan jumlah yang berbeda-beda tergantung pada masing-masing URL shortener.

Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki website dengan traffic yang tinggi dan pengunjung banyak melakukan download. Usahakan untuk menggunakan Link Shortener pada konten-konten tertentu yang banyak diunduh.

Selain bagi pemilik website yang ramai pengunjung, bisnis ini juga layak untuk dicoba jika Anda memiliki akun media sosial dengan jumlah pengikut yang banyak. Anda bisa menggunakan link shortener untuk menghasilkan tampilan yang lebih singkat dan padat.

Masing-masing URL shortener memiliki nilai payout yang berbeda-beda dan rata-rata URL shortener luar negeri akan menetapkan tarif pay per click yang lebih tinggi. Hal ini juga dipengaruhi oleh nilai tukar mata uang rupiah karena keuntungan biasanya diberikan dalam bentuk dollar Amerika Serikat.

Baca juga: Tips memulai bisnis online paling baru

5. Facebook Creator

Bagi Anda pengguna setia Facebook, tentu sudah tidak asing lagi dengan Facebook Creator. Platform yang merupakan bagian dari Facebook ini secara sekilas terlihat seperti YouTube dimana Anda bisa mengunduh video yang Anda buat ke kanal pribadi.

Jika video Anda semakin menarik banyak penonton, maka Anda bisa mulai melakukan monetisasi dengan menampilkan iklan pada video yang Anda unggah. Platform ini patut untuk dicoba karena persyaratannya yang tidak terlalu banyak dan mudah dilakukan.

Penempatan iklan pada video yang diunggah di Facebook Creator dapat dilakukan secara otomatis dan manual. Iklan yang ditempatkan secara otomatis hanya pada video berdurasi kurang dari 4 menit sedangkan iklan manual dapat dilakukan pada video dengan durasi lebih dari 4 menit.

Beberapa bisnis online tanpa modal dan terbukti membayar diatas dapat Anda gunakan sebagai gambaran mengenai peluang bisnis yang bisa dilakukan di hp dan tanpa modal. Jika Anda seorang pemula, pastikan mempelajarinya secara detail untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
Ahid

Life is a first draft... with NO rewrite.

Leave a Reply