Bisnis Online untuk Mahasiswa Paling Menguntungkan

Berbisnis dapat dimulai kapan saja, bahkan ketika masih berkuliah. Banyak mahasiswa yang mulai mengembangkan bisnis sedini mungkin sehingga ketika lulus, mereka bisa melanjutkan bisnis yang sudah stabil.

Jenis bisnis juga semakin berkembang setiap harinya. Beberapa jenis bisnis online untuk mahasiswa ini perlu Anda coba untuk sekadar menambah uang jajan atau mengasah keterampilan berbisnis sejak dini.

Ide Bisnis Online untuk Mahasiswa

Ide Bisnis Online untuk Mahasiswa

1. Desain grafis

Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam dunia desain grafis, mengembangkan bisnis desain juga perlu Anda perhitungkan. Desain dapat dilakukan di sela waktu kuliah tanpa harus meninggalkan kelas.

Anda bisa memulainya dengan menawarkan jasa desain untuk keperluan acara seperti co-card, banner, dan sertifikat untuk panitia. Pekerjaan tersebut bisa ditambahkan sebagai portofolio sebagai bukti untuk calon konsumen lainnya bahwa Anda sudah berpengalaman.

Bisnis ini mempunyai peluang yang besar pada jangka panjang terlebih saat ini kebutuhan desain grafis juga semakin tinggi. Namun, hal yang perlu Anda perhatikan adalah ketepatan pengerjaan dan kemampuan Anda menghasilkan desain yang sesuai dengan keinginan konsumen.

2. Penulis

Memulai bisnis sebagai penulis blog pribadi dapat dikatakan sebagai hobi yang dibayar. Anda bisa mendapatkan uang jajan tambahan jika blog Anda semakin ramai dan sudah bisa dimonetisasi.

Topik yang diangkat pada blog pribadi juga sangat beragam. Anda bisa menulis artikel tentang tempat wisata di daerah Anda, rekomendasi café, atau materi kuliah. Pastikan untuk menghasilkan tulisan yang menarik minat pembaca supaya jumlah pengunjung semakin tinggi.

Google juga menerapkan beberapa syarat bagi website untuk bisa lebih populer dan masuk ke halaman pertama kolom pencarian. Oleh karena itu, selagi menulis, Anda juga perlu memperhatikan kriteria-kriteria dari Google supaya website Anda semakin populer.

3. Bisnis afiliasi

Bisnis online yang satu ini cocok bagi Anda yang memiliki banyak pengikut di media sosial maupun mempunyai website dengan traffic yang tinggi. Pada dasarnya, bisnis afiliasi adalah bisnis online yang sistemnya tidak jauh berbeda dengan referral.

Sebagai contoh, Anda membagikan kode afiliasi untuk produk kelas online. Keuntungan akan didapat jika ada orang yang menggunakan kode afiliasi tersebut untuk menggunakan produk kelas online.

Semakin banyak orang yang menggunakan kode referral Anda, maka keuntungan yang diperoleh juga akan semakin tinggi. Dengan demikian, bisnis ini sangat cocok jika Anda memiliki pengaruh yang cukup besar untuk orang-orang sekitar.

Salah satu contoh bisnis afiliasi adalah Bebasbayar, dengan program afiliasi bebasbayar, Anda bisa mengajak teman Anda untuk menginstall aplikasi bebasbayar, dengan demikian Anda akan mendapatkan keuntungan. Bahkan ada juga reward gratis berupa uang tunai, laptop dan umroh.

4. Penerjemah

Jika Anda memiliki kemampuan yang lebih dalam bidang bahasa asing, menjadi penerjemah bisa dikategorikan sebagai bisnis tanpa modal yang menghasilkan pendapatan yang tinggi. Jenis teks terjemahan juga bisa Anda sesuaikan dengan minat.

Anda bisa menawarkan jasa penerjemahan artikel ilmiah, dokumen legal, atau cerita fiksi. Sama seperti bisnis desain grafis, proyek terjemahan Anda sebelumnya dapat digunakan sebagai portofolio dan kesempatan untuk mengasah keterampilan.

Tarif yang ditetapkan untuk satu proyek terjemahan bisa beragam, bergantung pada tingkat kesulitan, pengalaman Anda, dan jumlah kata dalam satu dokumen. Kemampuan Anda untuk menerjemahkan bahasa asing selain Bahasa Inggris juga akan menjadi poin tambahan.

5. Proofreader

Masih berkaitan dengan kemampuan bahasa, Anda bisa mengembangkan usaha proofread. Berbeda dengan bisnis penerjemahan, proofread hanya berfokus pada pengecekan apakah diksi yang digunakan sudah tepat.

Tentu dari segi tarif, jasa proofread lebih murah dibandingkan jasa terjemahan. Akan tetapi, hal tersebut sesuai dengan beban kerja yang ditanggung. Pada jasa terjemahan, Anda harus menerjemahkan teks dari awal sedangkan proofread terbatas pada pengecekan susunan kata.

6. Jasa titip

Bagi mahasiswa rantau, bisnis jasa titip adalah salah satu bisnis online yang menguntungkan. Setiap akhir semester, tentu Anda akan kembali ke daerah asal. Momen ini dapat Anda gunakan untuk menawarkan jasa titip produk yang tidak tersedia di daerah rantau.

Sebagai contoh, Anda berasal dari Yogyakarta dan berkuliah di Bandung. Setiap pulang kampung, Anda bisa menawarkan jajanan khas Yogyakarta seperti bakpia, gethuk, tahu susu bakso, atau souvenir khas Jogja.

Keuntungan bisa Anda peroleh dari hasil mark-up dengan menaikkan harga jual produk atau menetapkan tarif untuk setiap pembelian. Bisnis ini tentu menjanjikan karena Anda tidak mengeluarkan biaya untuk transportasi.

7. Katering

Salah satu bisnis online untuk mahasiswa yang banyak dikembangkan adalah katering. Peluang bisnis ini sangat terbuka lebar terutama untuk snack, sarapan, dan makanan kekinian.

Kebanyakan mahasiswa tidak sarapan sebelum kelas karena tidak memiliki banyak waktu. Anda bisa memanfaatkannya dengan menjual snack di kelas pagi. Bisnis ini juga cukup populer di kalangan mahasiswa karena sering digunakan untuk mendapatkan uang jajan tambahan.

Meskipun Anda masih pemula dalam dunia kuliner dan tidak memiliki kemampuan memasak, Anda masih bisa menjalankan usaha ini dengan membeli makanan dan menjualnya kembali. Pada kondisi ini, Anda berperan selayaknya reseller dan keuntungan didapat dari selisih harga jual makanan.

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk branding usaha kuliner dan menerapkan sistem pre order atau pemesanan secara online. Pada keesokan hari, Anda dapat mengirimkannya dengan bantuan pihak ketiga seperti kurir.

Baca juga: Tips memulai bisnis online dengan benar

8. Pulsa dan paket data

Tentu kehidupan mahasiswa tidak dapat lepas dari internet, sehingga permintaan pulsa dan paket data juga cukup tinggi. Kondisi ini adalah peluang bisnis yang sayang jika dilewatkan.

Keberhasilan bisnis pulsa salah satunya dipengaruhi oleh pemilihan penyedia pulsa yang tepat. Anda tentu harus memilih penyedia pulsa yang memberikan harga termurah dan dapat dipercaya. Hal tersebut akan mempengaruhi tingkat keuntungan yang akan Anda peroleh.

Anda bisa mencoba layanan dari Bebas Bayar. Selain harga pulsa yang jauh lebih terjangkau, terdapat berbagai promo menarik yang selalu tersedia seperti potongan biaya transfer antar bank, promo top up di Alfamart, hingga kemudahan top up e-money di Bebas Bayar.

Selain pulsa dan paket data, Bebas Bayar juga menyediakan voucher game online seperti Free Fire, Mobile Legend, PUBG, dan voucher game steam. Beragamnya layanan dari Bebas Bayar menjadikan produk bisnis Anda lebih lengkap dan menarik bagi calon konsumen.

9. Online shop

Jika berbicara tentang bisnis online, tentu tidak bisa lepas dari usaha online shop. Ada berbagai produk yang bisa ditawarkan dengan bantuan platform digital yang saat ini juga semakin menjamur.

Anda dapat menjual produk konveksi, kuliner, hingga kerajinan tangan. Tips dalam menjalankan bisnis ini adalah branding yang tepat dan kemudahan konsumen menjangkau bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan berbagai media sosial dan platform jual beli online.

Jika Anda belum memiliki produk sendiri, Anda tetap bisa mengembangkan online shop dengan menjadi reseller. Anda dapat membeli produk lalu menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Meskipun masih berstatus mahasiswa, Anda tetap bisa menjalankan bisnis. Berbagai jenis bisnis online untuk mahasiswa dapat Anda coba sesuai dengan passion yang Anda miliki. Hal yang terpenting adalah mencoba berbagai rekomendasi bisnis online tanpa harus meninggalkan kewajiban belajar.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
Ahid

Life is a first draft... with NO rewrite.

Leave a Reply