Inilah Cara Agar Anak Cepat Gemuk, Dijamin Efektif!

Mama tentu akan mencari cara saat si kecil tidak mau makan atau malas makan, bukan? Saat berat badan anak tidak kunjung naik, Mama tentu akan berpikir bagaimana cara agar anak cepat gemuk dengan mencari alternatif yang efektif untuk menaikkan berat badan si kecil.

Cara Agar Anak Cepat Gemuk

Cara Agar Anak Cepat Gemuk

Mama mungkin merasa khawatir karena si kecil tidak memiliki berat badan ideal dan terlihat kurus dibanding anak-anak seusianya. Untuk menambah berat badan si kecil, lakukan langkah dan cara berikut ini yuk, Ma.

  1. Membiasakan Makan Teratur

Salah satu penyebab mengapa anak susah gemuk adalah akibat jadwal makan yang tidak teratur. Agar berat badan anak bertambah, Mama bisa mulai membiasakan anak untuk makan secara teratur dengan membuat jadwal jam makan, seperti sarapan, makan siang, dan makan malam.

Jadwal makan yang teratur diyakini efektif untuk membantu menaikkan berat badan si kecil lho, Ma. Pola makan yang teratur akan membuat anak memperoleh asupan kalori dan gizi yang cukup untuk melakukan berbagai aktivitas.

  1. Makanan Kalori Tinggi

Agar anak gemuk sehat dan cerdas, Mama harus memerhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh anak. Makanan yang berkalori dan bergizi sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Berikut ini merupakan makanan berkalori tinggi yang bisa menambah berat badan anak.

  • Keju merupakan makanan yang mengandung kalori yang tinggi dan gizi yang baik untuk tubuh si kecil. Mama bisa menambahkan parutan keju pada roti, pasta, sayur, atau telur orak-arik (scramble egg).
  • Telur mengandung nutrisi yang tinggi dan baik untuk perkembangan tubuh si kecil. Telur juga mengandung kalori yang tinggi, sehingga dapat membantu menambah berat badan si kecil.
  • Pisang mengandung karbohidrat yang baik dikonsumsi setiap hari sebagai sumber energi si kecil. Mama bisa mencampurkan pisang dengan susu atau bisa dijadikan jus agar anak lebih tertarik untuk mengonsumsinya.
  • Alpukat merupakan buah yang mengandung kalori, vitamin, dan lemak yang baik untuk pertumbuhan si kecil. Mama bisa menyajikan alpukat ini dengan cara dihaluskan menjadi bubur atau diblender menjadi jus alpukat yang nikmat.
  • Kentang dan ubi mengandung kalori yang tinggi sehingga efektif untuk menaikkan berat badan pada anak. Selain itu, kandungan beta karoten yang terdapat pada ubi juga sangat baik untuk tubuh si kecil. Cara penyajiannya yaitu dengan dihaluskan ke dalam bubur atau sup ayam.
  1. Penuhi dan Lengkapi Asupan Nutrisi

Cara agar anak cepat gemuk dan tinggi adalah dengan melengkapi dan mencukupi kebutuhan nutrisi pada anak melalui makanan yang dikonsumsi. Perhatikan kandungan vitamin, lemak, protein, karbohidrat, dan mineral pada makanan yang dikonsumsi agar kebutuhan nutrisi tercukupi dengan baik.

Mama bisa memberikan sereal oatmeal dengan campuran susu segar untuk memperoleh makanan yang mengandung lemak tinggi. Kandungan lemak pada makanan sangat efektif untuk membantu meningkatkan berat badan anak.

Selain lemak, kandungan karbohidrat pada makanan yang dikonsumsi anak juga berpengaruh dalam meningkatkan berat badan. Mama bisa menambahkan madu, granola, yoghurt, kismis, atau buah-buahan kering pada makanan si kecil.

Tidak hanya makanan, Mama bisa memberikan minuman yang mengandung nutrisi yang tinggi, seperti jus buah, susu, atau smoothies. Agar asupan gizi semakin lengkap, Mama juga bisa memberi suplemen atau vitamin agar anak gemuk dan sehat.

  1. Tambah Porsi Makan

Mama bisa menambahkan porsi makan pada anak secara berkala agar berat badan anak bisa meningkat. Mama bisa menambahkan beberapa jus, susu, atau buah-buahan ke dalam menu makanan si kecil. Jangan paksa anak untuk makan banyak dalam sekali waktu ya, Ma.

  1. Menciptakan Makanan dengan Tampilan Menarik

Ada kalanya anak akan merasa bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Untuk menarik perhatiannya, Mama bisa mengkreasikan makanan agar terlihat lebih menarik. Mama juga bisa mengajak si kecil membantu menyiapkan makanan mereka sendiri sesuai selera dan kreasi mereka.

  1. Ramuan Herbal untuk Menambah Nafsu Makan

Tidak hanya vitamin dan suplemen saja, Mama juga bisa menggunakan ramuan herbal tradisional untuk membantu meningkatkan nafsu makan pada anak. Ramuan kunyit, jahe, temu lawak, beras kencur, dan jeruk lemon dipercaya ampuh untuk membantu meningkatkan nafsu makan.

Kandungan kurkominoid pada kunyit, kalsium, zat besi, magnesium, vitamin, dan beberapa nutrisi lainnya yang terkandung pada ramuan herbal tradisional bisa meningkatkan nafsu makan, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dan meredakan racun yang menyerang sistem pencernaan.

Agar anak gemuk, Mama tidak boleh fokus hanya pada banyaknya makanan yang dikonsumsi anak saja, tanpa memerhatikan kandungan nutrisinya. Pemenuhan gizi yang baik dan seimbang tidak hanya menambah berat badan saja, namun membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih sehat.

Bagi Mama yang ingin curhat atau berbagi pengalaman, yuk publikasikan tulisan Mama di ruang Mama bebasbayar. Cara sangat mudah yaitu cukup dengan klik tombol di bawah ini ya, Ma

Tombol Daftar Sekarang

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
lisa

Mama muda yang hobinya curhat

Leave a Reply