Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum melalui Kartu SIM, USSD, dan MyTelkomsel

Mempunyai smartphone dengan jaringan 4G pastinya akan sangat Anda butuhkan agar bisa menikmati kualitas layanan internet yang cepat, termasuk streaming film berkualitas HD hingga 4K.

Sayangnya, banyak orang tidak mengetahui bahkan tidak menyadari jika kartu SIM yang digunakan sudah atau belum mendukung jaringan 4G Cara cek kartu Telkomsel sudah 4G atau belum mudah dan dapat dilakukan dengan beragam metode.

Jika Anda pengguna Telkomsel Simpati lama, tepatnya sebelum tahun 2010, maka kartu SIM Anda dipastikan tidak mendukung jaringan 4G.

Sebaliknya, jika Anda pengguna baru Telkomsel, maka kartu SIM yang Anda gunakan pastinya  sudah mendukung jaringan 4G sepenuhnya. Berikut adalah 3 cara mengetahui kartu Telkomsel yang Anda gunakan sudah 4G atau belum.

Berikut cara supaya bisa tahu apakah SIM Card telkomsel Anda sudah 4G atau belum menurut blog bebasbayar.

cek kartu Telkomsel sudah 4G atau belum

Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum Melalui SIM Card

Cara pertama ini masuk dalam kategori cara fisik. Untuk mengetahui apakah kartu SIM Anda sudah 4G atau belum, Anda perlu mencabut kartu SIM yang Anda gunakan.

Nah, pada kartu SIM yang sudah mendukung jaringan 4G, maka akan terdapat semacam label yang menunjukkan bahwa kartu SIM tersebut sudah mendukung jaringan 4G. Anda hanya perlu memperhatikan secara seksama agar bisa mengamatinya dengan sebaik mungkin.

Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum Melalui USSD

Jika cara sebelumnya tidak berhasil, maka Anda bisa mengetahui kartu telkomsel Anda sudah 4G atau belum  melalui cara kedua yakni USSD. Berikut panduannya :

  1. Buka menu “Panggilan”.
  2. Ketik  *888*47#.
  3. Kemudian, pilih “Cek Kartu”dengan cara ketik nomor
  4. Selanjutnya, pilih “Cek 4G “dengan ketik nomor 1.
  5. Anda akan mendapatkan notifikasi mengenai status kartu sudah 4G atau belum.

Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum Melalui MyTelkomsel

Aplikasi MyTelkomsel juga bisa Anda gunakan untuk mengetahui status kartu Anda sudah 4G atau belum.  MyTelkomsel bisa Anda download gratis dari Google Play Store dan Apple App Store. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengecek status kartu sudah 4G atau belum melalui MyTelkomsel.

  1. Download dan instal aplikasi MyTelkomsel jika belum memilikinya.
  2. Lakukan registrasi.
  3. Buka aplikasi dan akses halaman utama MyTelkomsel.
  4. Pada halaman utama tersebut, Anda bisa melihat simbol “4G Ready”atau tidak.
  5. Jika ada simbol “4G Ready”maka ponsel dan kartu SIM Anda sudah siap dengan jaringan 4G.
  6. Jika tidak, maka kartu SIM Anda belum 4G.

Baca Juga:
Paket Internet Telkomsel Paling Murah
Harga pulsa telkomsel di indomaret terbaru

Cara Cek HP Sudah 4G

Selain mengecek kartu SIM, Anda juga harus mengecek HP Anda, apakah sudah mendukung 4G atau belum. Cara cek kartu Telkomsel sudah 4G atau belum yang Anda ketahui menjadi percuma. Sebab apabila kartu sudah 4G tetapi HP belum mendukung 4G, maka fitur 4G tidak bisa Anda nikmati. Setidaknya ada 4 cara untuk mengecek apakah sebuah HP sudah mendukung 4G atau belum. Berikut adalah penjelasannya.

1. Melalui Kotak HP

Cari dan lihat di kota HP yang Anda gunakan. Anda akan menemukan informasi spesifikasi HP Anda. Di sana, Anda akan menemukan fakta apakah HP yang Anda gunakan sudah 4G atau belum.

2. Melalui Mesin Pencari Google

Buka mesin pencari Google, ketik merek dan tipe HP yang Anda gunakan. Setelah menelusuri Google, Anda akan mendapatkan informasi mengenai spesifikasi HP, termasuk status sudah mendukung 4G atau belum.

3. Melalui Setelan HP

Jaringan seluler di ponsel Anda bisa memberikan informasi mengenai jenis jaringan yang Anda gunakan. Cobalah untuk masuk ke menu kartu SIM. Selanjutnya, buka “Pengaturan Jaringan Seluler”. Kemudian pilih “Jenis Jaringan”. Jika ponsel sudah mendukung 4G maka jaringan 4G akan tertera di layar.

4. Melalui Kode Dial

Cara terakhir adalah dengan menggunakan kode dial. Bukalah menu “Panggilan” di ponsel. Ketik *#*#4636#*#*. Setelah itu akan muncul menu baru di mana Anda harus memilih informasi telepon. Pilih “Cek” pada opsi jaringan yang disukai. Anda bisa melihat HP sudah mendukung 4G atau belum.

Apabila Anda mengetahui kartu Anda sudah 4G atau belum, maka Anda bisa mengakses berbagai layanan dan fitur internet dengan lebih mudah. Jadi pastikan Anda mengecek kartu atau HP Anda untuk memastikan bahwa Anda sudah bisa menikmati jaringan 4G.

About Author

Ahmad Mujtahidin

Ramah, penyabar dan baik hati.

Leave a Reply