Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

 

BebasBayar – Setiap bulannya para pekerja yang sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sebagian dari gaji yang mereka terima akan dipotong untuk iuran Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan.

Bila saat ini anda adalah merupakan peserta dari BPJS Ketenagakerjaan dan anda ingin mencairkan uang BPJS Ketenagakerjaan yang anda miliki, ada baiknya anda mengecek saldonya terlebih dahulu. Anda sebaiknya melakukan pengecekan selama satu tahun sekali atau selama 6 bulan sekali untuk mengetahui berapa asset yang anda miliki dan dapat anda gunakan di masa mendatang.

Kemajuan teknologi membuat cara untuk cek saldo BPJS ketenagakerjaan menjadi lebih mudah. Berikut adalah beberapa cara cek BPJS ketenagakerjaan :

Cek saldo melalui SMS

Cara pertama yang paling mudah untuk melakukan cek saldo BPJS ketenagakerjaan yaitu dapat melalui SMS. Namun, untuk saat ini pengecekan melalui SMS hanya dapat dilakukan oleh kartu GSM Indosat dan Telkomsel. Cara cek saldo melalui SMS adalah sebagai berikut :

  1. Ketik DAFTAR lalu kirim ke 2757
  2. Lalu kamu akan mendapat balasan SMS yang berisi menu pilihan seperti, ganti pin, cek saldo, ganti hp, dan status BPU.
  3. Karena anda akan melakukan cek saldo BPJS ketenagakerjaan, maka anda cukup mengirimkan SMS dengan format seperti berikut : Saldo(space)Nomor Peserta.
  4. Setelah itu tekan tombol kirim, dan kamu akan menerima balasan berupa informasi mengenai saldo BPJS ketenagakerjaan. Seperti nilai upah, tanggal terakhir melakukan iuran, dan saldo terakhir BPJS ketenagakerjaan milik anda.

Pengecekan melalui SMS ini tentu memerlukan tarif biaya (pulsa). Maka dari itu pastikan pulsa anda mencukupi untuk melakukan pengecekan tersebut.

Cek saldo melalui E-saldo JHT

Cara selanjutnya yaitu adalah dengan cara melalui website JHT BPJS ketenagakerjaan. Caranya juga cukup mudah jika anda sudah terdaftar sebagai anggota, anda hanya perlu masuk ke website bpjsketenagakerjaan.co.id kemudia klik bagian kanan halaman di kolom e-service.

Setelah iu klik kolom tenaga kerja. Jika anda sudah terdaftar pakai User ID e-ktp anda atau email yang anda gunakan untuk mendaftar sebelumnya. Setelah log in anda dapat memilih menu layanan, lalu pilih fitur cek saldo JHT. Aktivasi fitur tersebut lalu anda akan mendapat SMS berupa PIN.

Setelah mendapat SMS tersebut, anda hanya perlu memasukan PIN tersebut , kemudian klik lagi menu cek saldo lalu klik tombol Submit. Setelah itu anda akan dapat melihat update terakhir saldo BPJS ketenagakerjaan milik anda.

Namun, apabila anda belum terdaftar sebagai pengguna e-service BPJS ketenagakerjaan, anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu agar dapat melakukan cek saldo.

Cek saldo melalui BPJSTK Mobile

Cara yang satu ini merupakan cara yang dapat dilakukan melalui smartphone anda. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menginstal aplikasi BPJSTK di handphone anda. Setelah terinstal anda tentunya perlu melakukan registrasi awal untuk mendapatkan PIN dan memakai menu-menu yang ada pada dalam aplikasi tersebut.

Cara mendaftarnya cukup mudah, anda hanya perlu memberikan nomor BPJS anda yang tertera pada kartu BPJS anda dan nomor KPJ. Masukan nama lengkap, nomor e-KTP, dan tanggal lahir anda. Setelah terdaftar, anda akan mendapatkan PIN dan juga anda dapat menggunakan beragam menu yang ada pada aplikasi tersebut dan untuk cek saldo, anda cukup klik menu cek saldo.

Cek saldo melalui kantor BPJS ketenagakerjaan

Cara ini mungkin merupakan cara yang kurang praktis, namun apabila anda hanya sekedar ingin mengetahui saldo BPJS ketenagakerjaan yang anda miliki cara ini dapat anda gunakan sebagai alternative. Anda hanya perlu mendatangi cabang kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat.

Selain BPJS Ketenagakerjaan, Jangan lupa juga untuk membayar iuran BPJS Kesehatan. Pembayaran BPJS Kesehatan juga dapat dilakukan dengan mudah melalui BebasBayar. Yang dapat anda lakukan dengan mengunjungi websitenya atau menginstal aplikasinya melalui smartphone anda.

BebasBayar dapat memudahkan anda dalam proses pembayaran sehingga hal ini menjadi sangat disarankan untuk anda gunakan. Karen kemudahan dan kenyamanannya ada baiknya anda menggunakan metode pembayaran seperti ini.

Demikianlah kiranya penjelasan tentang cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
Aditiya Sulistiawan

Lebih dari 3 tahun menjadi keluarga di BebasBayar. Menjadi penulis tetap di Blog Bebasbayar sejak gabung pertama di Bebasbayar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.