Cara Main PUBG Paling Lengkap Untuk Pemula

Permainan mobile PUBG bukan lagi hal asing, namun mengetahui cara main PUBG yang baik dan benar adalah hal penting. Pasalnya sekarang ini PUBG bukan sekadar permainan online di dunia maya. PUBG mulai dibuat menjadi salah satu ajang olahraga, bahkan oleh presiden RI, Joko Widodo.

PUBG merupakan game battle royale yang hadir di Indonesia sejak tahun 2017 lalu. Seiring dengan berjalannya waktu, PUBG banyak dilirik orang dari berbagai kalangan dan usia. Setiap waktu para pemain PUBG mulai berdatangan yang baru sehingga penting menguasai cara memainkan PUBG.

Tips Bermain PUBG untuk Menang

Di bawah ini ada 10 tips main PUBG mobile yang bisa diaplikasikan oleh pemain pemula:

  1. Atur Kontrol dengan Tepat

Cara main PUBG Atur Kontrol dengan Tepat

Pengaturan terhadap kontrol game PUBG yang tepat akan mendukung berjalannya permainan yang menyenangkan. PUBG sebenarnya sudah otomatis hadir dengan pengaturan kontrol bawaan dari developer. Namun, hal ini tidak membuat Anda tidak bisa mengatur kontrol sendiri.

Setiap orang akan memiliki gaya bermain yang berbeda, gaya itulah yang ditopang oleh kontrol bervariasi juga. Anda bisa menyesuaikan berbagai hal, seperti posisi tombol dan sensitivitas gerakan sesuai kenyamanan. Pengaturan kontrol ini menjadi faktor pertama yang menentukan keberhasilan.

  1. Terjun Cepat dan Mendarat dengan Tepat

Terjun Cepat dan Mendarat dengan Tepat

Ada dua pilihan yang bisa Anda terapkan saat melakukan permainan PUBG, yakni mendarat di tengah map atau di ujung map. Jika mendarat di tengah map maka risikonya Anda akan banyak bertemu musuh. Jika mendarat di ujung map, Anda harus bersegera mencari kendaraan untuk ke zona aman.

Keduanya sama-sama memiliki risiko, bukan berarti karena di ujung map minim serangan, Anda jadi bisa bertahan hidup lebih lama. Tujuan dari bermain PUBG adalah memenangkan pertempuran sebagai sati-satunya orang terakhir. Jadi, tidak perlu takut apabila Anda harus turun di tengah map.

  1. Perhatikan Looting Item

Perhatikan Looting Item

Looting item adalah segala sesuatu yang bisa dipergunakan sebagai penopang pertempuran. Yang dimaksud dengan looting item adalah senjata, seperti pistol dan lain-lainnya. Pemain di tengah map sebaiknya segera mengambil senjata jenis apa pun asal bisa digunakan tatkala pertempuran terjadi.

Sementara pemain di pinggir map bisa memilih senjata dengan tenang untuk mempergunakannya di tengah map. Namun, yang harus diperhatikan di sini adalah senjata di tengah map akan lebih bagus dari senjata di pinggir map. Yang dibutuhkan adalah kecepatan serta ketepatan pemilihan item.

  1. Bekali Diri dengan Matang Sebelum Bertempur

Bekali Diri dengan Matang Sebelum Bertempur

Posisikan diri sebagai orang yang bertempur langsung sebagai salah satu trik PUBG mobile. Hal-hal yang harus dipersiapkan salah satunya adalah pemilihan senjata. Meskipun sebenarnya jika Anda tidak memiliki cukup waktu, PUBG mempersilakan Anda mengambil item otomatis dengan auto loot.

Hal lainnya yang harus menjadi perhatian adalah gedung tempat mengambil item atau kendaraan yang hendak digunakan. Jika sebuah kendaraan terparkir di depan gedung, bisa jadi gedung itu ada pemain lain. Pilihannya dua, hendak masuk dan berperang atau menghindar dan mencari aman.

  1. Tentukan Senjata

Tentukan Senjata

Menentukan senjata yang tepat dengan kebutuhan adalah kunci penting yang mendukung kemenangan Anda. Untuk menentukan senjata yang tepat, lebih dulu Anda harus mempelajari betul spesifikasi masing-masing senjata. Berbeda senjata tentu berbeda pula fungsi dan keunggulannya.

Untuk senjata pertama yang digunakan saat main PUBG lebih bagus berupa pistol, seperti shotgun dan submachine gun. Keduanya memiliki jarak tembak yang dekat, berbeda dengan light machine guns serta assault riffles. Kedua senjata tersebut memiliki daya tembak yang terbilang lebih jauh.

  1. Ganti Kendaraan

Ganti Kendaraan

Untuk kendaraan sebenarnya Anda tidak perlu mengganti selama bahan bakar masih ada. Kemudian juga untuk pemilihan kendaraan akan lebih baik jika Anda menggunakan mobil karena bisa melindungi lebih baik. Di samping itu mobil bisa menjadi alat untuk menabrak musuh di jalan.

Mobil bukan satu-satunya kendaraan yang dapat digunakan dalam permainan, di samping itu ada juga motor dan gokar. Ketika di medan perang, Anda tidak perlu memaksakan ingin naik mobil jika di depan mata ada motor. Mobil di pubji game bisa memfasilitasi Anda dan tim untuk berperang.

  1. Knocked Down Musuh

Knocked Down Musuh

Untuk menjalankan permainan dengan lancar, Anda harus memastikan dulu bahwa musuh sudah knocked down. Jika sudah berhasil membunuh satu musuh, jangan dulu terburu-buru menjarah semua item yang dimiliki musuh tersebut. Bisa jadi ada orang lain yang bertindak sebagai timnya.

Sebagai aplikasi cara bermain PUBG bagi pemula, Anda bisa terlebih dahulu melirik kanan kiri dan sekitar musuh. Jika sudah mersa aman untuk menjarah berbagai item dari musuh, Anda bisa langsung menjarahnya. Jangan tergesa-gesa untuk mengambil senjata jika dirasa tidak aman.

  1. Boost dan Item Penyembuh

Boost dan Item Penyembuh

Boost adalah salah satu istilah di PUBG yang memiliki arti item untuk memulihkan kondisi pemain dari berbagai serangan. Untuk item penyembuh ini ada beragam tingkatannya, sesuai dengan level luka yang dialami. Mulai dari luka ringan sampai luka berat yang disebabkan oleh serangan musuh.

Handage digunakan untuk menyembuhkan luka hingga 10%, first aid kit untuk kondisi sekarat, dan med kit untuk memulihkan 100%. Sementara untuk boost, ada beberapa jenis bergantung pada tingkatan penambahan energinya. Diantaranya ada energy drink, adrenaline, dan juga painkiller.

  1. Menjalin komunikasi yang baik dengan Tim

Menjalin komunikasi yang baik dengan Tim

Komunikasi adalah kunci utama dalam menjalankan cara main PUBG mobile apabila Anda bermain dalam tim. Lebih banyak orang yang dikenal dalam tim dapat menopang komunikasi yang baik. Komunikasi antaranggota mendukung keberhasilan permainan dan mendukung kemenangan tim.

Penting untuk digarisbawahi juga bahwa komunikasi yang dijalankan bukan sekadar komunikasi, namun wajib didukung tindakan. Tindakan yang dimaksud di sini adalah gerakan untuk melakukan kerja sama. Kerja tim yang baik didukung oleh komunikasi yang lebih dulu harus lebih baik.

  1. Tidak Berhenti Bergerak

Tidak Berhenti Bergerak

Kunci terakhir dalam tutorial PUBG mobile yang tepat adalah tidak berhenti bergerak, entah itu untuk menyerang atau menghindari musuh. Permainan battle royale tidak akan berhasil jika Anda lambat bergerak atau hanya bersembunyi. Gerakan yang gesit diperlukan seiring dengan taktik yang tepat.

Mungkin ada pemain yang menang akibat sedikit bergerak dan mencari kesempatan keluar ketika jumlah pemain tinggal sedikit. Namun, untuk pemain profesional dan yang menyukai tantangan tentu cara seperti ini tidak memuaskan. Akan lebih baik jika tantangan itu dihadapi supaya Anda terlatih.

Pengaturan PUBG

Pengaturan PUBG

Untuk setting sebenarnya sudah ada bawaan otomatisnya, namun jika Anda tidak puas maka Anda bisa mengubahnya. Di bawah ini merupakan beberapa langkah yang dapat diaplikasikan untuk setting permainan:

  1. Pengaturan Basic

  • Aim assist: enable.
  • Peek and fire: enable.
  • Quick scope switch: enable.
  • Block sight warning: enable.
  • Peek and open scope: enable.
  1. Pengaturan Sensitivitas

  • Overall: customize.
  • Camera:120%
  • First Camera:135%.
  • Third camera: 160%.

Cara setting PUBG di atas hanya referensi yang masih bisa Anda sesuaikan kembali dengan kenyamanan dan gaya bermain. Jika sudah puas dengan settingan dasar maka Anda tidak perlu melakukan settingan kembali. Namun, fakanya sedikit pemain yang cukup puas dengan pengaturan basic dari game PUBG.

Cara Mengubah Karakter di PUBG

Cara Mengubah Karakter di PUBG

Game PUBG menghadirkan berbagai karakter yang dapat Anda pilih untuk menjalankan permainan. Anda dapat menetap pada karakter PUBG tertentu atau menggantinya jika merasa bosan. Di bawah ini beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk mengubah karakter:

  • Mempersiapkan BP atau Battle Point

Dalam game PUBG ada yang disebut sebagai BP atau battle point. BP ini dpat Anda peroleh jika bermain PUBG secara rajin. Untuk bisa menggantikarakter dalam game PUBG dibutuhkan setidaknya 3000 BP.

  • Buka Inventory

Langkah kedua sebagai cara main PUBG mobile pemula adalah membuka inventory agar bisa mengganti karakter. Setelah berhasil masuk ke menu tersebut, pilihlah bagian appearance yang berlokasi di sisi kiri menu inventory. Tentukan pilihan yang sesuai dengan kemauan Anda.

  • Masuk ke Menu Pergantian Karakter

Langkah kunci untuk mengganti karakter adalah Anda harus masuk ke menu pergantian karakter yang disediakan. Tiga hal yang bisa Anda ubah di sini, yakni gender, gaya rambut, dan juga wajah. Dari sekian banyak item yang tersedia, Anda bisa menentukan item-item yang Anda suka.

  • Bayar Biaya Pergantian

Terakhir yang menjadi penutup pergantian karakter adalah membayar sejumlah biaya supaya karakter bisa digunakan. Untuk biaya yang digunakan demi mengganti karakter ini Anda bisa memanfaatkan BP. Untuk mendapatkan BP harus menjalankan cara menembak di PUBG yang benar.

Sebagai salah satu game battle royale yang mendulang angka keberhasilan sangat signifikan, banyak PUBG tutorial yang akan Anda temui di internet. Mulai dari tutorial berupa video di channel Youtube sampai yang berupa artikel. Mana yang lebih mudah dipahami bergantung Anda.

Tipe-tipe Pemain PUBG

Cara Bermain PUB - Tipe-tipe Pemain PUBG

Intermezzo, dalam game PUBG, Anda akan menemukan banyak tipe pemain yang menjalankan cara main PUBG dengan banyak gaya. Ada yang terbilang sebagai pemain amatir, ada juga yang terbilang sebagai pemain mahir. Setidaknya di bawah ini beberapa pemain yang akan Anda temui:

  • Noob

Noob ini merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut pemain amatir. Untuk tipe pemain seperti ini jangankan memikirkan taktik, mengontrol permainan saja masih kebingungan. Yang dimaksud dengan pemain noob biasanya belum pernah memainkan game battle royale, jadi masih adaptasi.

  • Apa Adanya

Contoh pemain yang apa adanya adalah pemain dengan cara main PUBG mobile dengan tujuan hanya bersenang-senang. Banyak orang mungkin akan gemas ketika target kemenangan tidak tercapai. Hal tersebut tidak akan terjadi pada pemain apa adanya karena tujuannya hanya main-main.

  • Tukang Pamer

Tipe pemain ini bisa dibilang sebagai tipe pemain yang cukup menyebalkan. Pemain dengan tipe ini biasanya menggunakan skin eksentrik agar menjadi pusat perhatian. Tujuan pemain tipe ini bukan hanya bermain, namun ada tujuan lain untuk diakui eksistensinya atau untuk tujuan goal tertentu.

  • Profesional

Pemain yang paling berpotensi untuk mengikuti ajang esport dan disukai semua pemain adalah pemain profesional. Pemain yang profesional terbentuk oleh seringnya berlatih dengan berbagai taktik. Pemain profesional sudah terbiasa menghadapi segala macam medan peperangan di PUBG.

Sebagai game battle royale yang menggaet minat banyak gamer di Indonesia, PUBG sampai saat ini tidak sepi pemain. Alih-alih sepi dari pemain, justru masa depan PUBG yang sempat diharamkan mulai terang benderang dengan esport. Maka dari itu memahami cara main PUBG adalah hal penting.

About Author

Ahmad Mujtahidin
Ahmad Mujtahidin

Ramah, penyabar dan baik hati.

Leave a Reply