Anak Sering Demam? Ini Cara Mengatasinya

Bagi Mama yang memiliki bayi atau anak usia balita tentu akan merasa khawatir ketika buah hati mengalami demam. Untuk mengatasi anak sering demam, Mama bisa mempraktikkan cara berikut ini.

Alasan Anak Sering Demam

Alasan Anak Sering Demam

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi demam pada anak, kenali terlebih dahulu alasan dan penyebab anak sering demam. Demam sendiri merupakan hal yang wajar terjadi pada anak-anak dan menjadi salah satu bagian dari proses tumbuh kembang.

Demam yang terjadi pada anak, khususnya balita diakibatkan karena daya tahan tubuh pada anak belum sekuat orang dewasa. Anak-anak akan lebih sering mengalami demam karena daya tahan tubuhnya belum terlalu mampu menahan dan menangkal paparan virus, bakteri, dan zat asing lainnya.

Demam bisa dijadikan pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh pada anak sedang bekerja melawan penyakit atau infeksi di dalam tubuh. Ketika anak mengalami demam, itu menandakan bahwa mekanisme tubuh mendapat rangsangan, baik dari dalam atau luar tubuhnya.

Alasan kenapa anak sering panas adalah karena mengalami paparan sinar matahari yang berlebihan, gigi baru tumbuh, atau akibat paparan bakteri atau virus akibat bermain seharian di luar. Tinggi tidaknya demam juga tidak selalu menandakan berat ringannya penyakit yang diderita anak ya, Ma.

Cara Mengatasi Demam pada Anak

Cara Mengatasi Demam pada Anak

Pada umumnya, demam yang terjadi pada anak-anak bisa mereda dengan sendirinya. Berikut ini cara mengatasi demam yang bisa Mama terapkan di rumah saat anak mengalami demam.

  1. Hindari Menggunakan Pakaian Tebal dan Selimut

Saat buah hati Mama mengalami demam, hindari menggunakan pakaian tebal, seperti jaket dan selimut. Benda-benda ini justru akan membuat suhu tubuh semakin meningkat. Berikan anak Mama pakaian yang tipis dan ringan. Usahakan untuk menjaga suhu ruangan tetap nyaman.

  1. Menjaga Asupan Nutrisi

Pastikan asupan nutrisi dan cairan pada anak selalu tercukupi. Bagi Mama yang anaknya masih menyusui, tetap berikan ASI ya, Ma. Kandungan nutrisi yang ada pada ASI dapat membantu mengatasi demam karena mengandung zat anti peradangan.

  1. Memberikan Kontak Fisik (Sentuhan) untuk Anak

Saat anak Mama mengalami demam, Mama bisa memberikan sentuhan atau skin to skin contact. Sentuhan yang Mama lakukan bisa membantu menyerap suhu panas pada si kecil. Cara seperti ini juga akan memberikan rasa nyaman dan menenangkan, sehingga anak tidak rewel.

Meski merupakan hal yang wajar, Mama harus segera memeriksakan ke dokter apabila anak sering panas. Bagi Mama yang ingin curhat atau berbagi pengalaman, yuk publikasikan tulisan Mama di ruang Mama bebas bayar. Caranya sangat mudah, cukup dengan klik tombol di bawah ini ya, Ma.

Tombol Daftar Sekarang

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
lisa

Mama muda yang hobinya curhat

Leave a Reply