12 Cara Menghemat Listrik Yang Benar

 

Sudahkah Anda Menggunakan Cara Menghemat Listrik dengan Benar?

Cara menghemat Listrik bisa dikatakan wajib dilakukan oleh Masyarakat saat ini jika tidak ingin tagihan listriknya membengkak pada saat waktunya membayar tagihan listrik diakhir bulan.

Sudahkah Anda menghemat Listrik dengan Benar

Tagihan listrik yang mahal ini tentunya bisa membuat Anda stress karena uang yang sudah Anda alokasikan khusus untuk membayar biaya listrik satu bulan ternyata tidak pernah cukup dan selalu kurang.

Listrik saat ini telah menjadi kebutuhan Primer yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan Manusia sehari-hari. Banyak peralatan vital yang membutuhkan aliran listrik baik untuk kalangan industri maupun perumahan.

Jika listrik mati sekian menit atau sekian jam saja dalam sehari pastinya akan menimbulkan efek yang luar biasa. Baik dari segi ekonomi dan banyak sektor lainnya yang akan merasa dirugikan akan hal pemadaman Listrik.

Nah, berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda coba dirumah tentang bagaimana cara menghemat energi listrik :

Ini 12 Cara Menghemat Listrik Yang Wajib Anda Ketahui

12 Tips Menghemat Listrik ini Harus Anda Ketahui

  1. Gunakan listrik seperlunya saja.

Maksudnya ialah Anda harus mulai membiasakan diri untuk menggunakan Listrik untuk hal-hal yang penting saja. Seperti saat memasak Anda harus menghaluskan bumbu dengan blender maka Anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan cobek.

Dengan demikian setidaknya Anda telah menghemat sekian persen penggunaan listrik yang ada dirumah Anda. Hal yang menurut Anda sepele seperti ini ternyata bisa menggurangi tagihan Listrik setiap bulannaya.

  1. Cabut peralatan Elektronik yang tidak digunakan

Nah, hal ini biasanya sering dilakukan ketika sedang mencharge hp atau menyalakan Tv ketika Tv sudah dimatikan tetapi lupa tidak mencabut kabel Tv yang masih tertancap pada saklar.

Hal ini dikarenakan aliran listrik yang mengalir dalam kabel akan terbuang percuma karena tidak digunakan. Meskipun aliran listrik yang masuk tidaklah besar tetapi jika kita cabut maka bisa menghemat Listrik beberapa persen.

  1. Matikan lampu pada siang hari

Buat Anda yang biasanya menyalakan lampu disiang hari maka saat ini Anda harus belajar membiasakan diri untuk mematikannya. Anda bisa menyalakan lampu pada ruangan tertentu didalam rumah yang memang minim cahaya.

Meskipun demikian Anda hanya boleh menyalakan lampu untuk hal-hal yang penting saja. Jangan menyalakan lampu jika memang dirasa tidak perlu dinyalakan.

  1. Matikan semua peralatan Elektronik ketika Anda dan Keluarga mau tidur.

Anda bisa mematikan peralatan Eletronik seperti Tv, Ac dan Lampu ketika mau tidur. Untuk lampu Anda bisa matikan untuk beberapa ruangan dalam rumah yang memang tidak perlu pencahayaan seperti ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan kamar mandi.

  1. Gunakan lampu Hemat Energi

Saat ini sudah banyak toko listrik yang menjual lampu LED yang mana diklaim mampu meghemat sekian persen penggunaan listrik. Sehingga Anda tidak perlu repot lagi jika ingin membeli lampu jenis LED.

Harga jual lampu LED memang sedikit lebih mahal di bandingkan dengan lampu bohlam biasa tetapi manafaat yang bisa Anda dapatkan jauh lebih mahal dibandingkan jika harus menggunakan lampu selain LED.

  1. Gunakan mesin cuci seperlunya saja

Ketika Anda sedang mencuci baju maka ada baiknya jangan sampai melebihi kapasitas dari mesin cuci karena akan berakibat pada beban Listrik. Semisal kapasitas mesin cuci adalah 5Kg maka jangan sampai isi baju hingga 6Kg.

Hal yang tak kalah penting juga ialah ketika Anda sedang menggunakan mesin cuci ada baiknya Anda matikan peralatan Elektronik lainnya seperti Tv dan Ac agar tidak menambah beban Listrik.

  1. Gunakan tandon air

Air merupakan kebutuhan yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari karena saking vitalnya kita tidak bisa hidup tanpa air. Untuk memompa air dari sumur atau PDAM kita membutuhkan pompa air.

Pompa air bisa bekerja dengan baik jika mendapatkan aliran listrik yang cukup. Untuk itu ada baiknya gunakan tandon air diatas rumah sehingga Anda tidak perlu menyalakan pompa air setiap hari hanya untuk mencuci piring, mandi atau mencuci baju.

Dengan menggunakan tandon air maka Anda bisa menyalakan pompa air sebulan dua kali atau tiga kali. Hal ini tentunnya akan sangat menghemat biaya tagihan listrik.

  1. Gunakan penanak Nasi yang hemat listrik

Di toko Elektronik saat ini sudah banyak alat penanak nasi yang memiliki teknologi hemat listrik. Selain bisa untuk menanak Nasi juga bisa untuk menghangatkan Nasi. Meski demikian Anda tidak harus memanaskan Nasi 24 jam nonstop. Gunakan seperlunya saja untuk menghemat biaya listrik setiap bulannya.

  1. Gunakan Kipas Angin atau Ac Seperlunya

Panasnya terik Matahari saat ini memang membuat suhu dalam ruangan atau rumah ikutan panas. Untuk itu perlu adanya pendingin ruangan seperti Kipas Angin atau Ac.

Tetapi penggunaan kipas atau Ac jika tidak dikontrol dengan baik maka akan bisa menambah masalah baru yakni tagihan lisrik yang akan naik. Untuk itu Anda harus menggunakannya sesuai kebutuhan.

Anda bisa mematikan Ac atau Kipas Angin ketika Anda sudah tidak membutuhkannya lagi. Satu hal lagi yang tak kalah penting yakni gunakan Ac dengan PK yang rendah.

  1. Matikan Kulkas jika Anda sedang keluar Kota

Tidak hanya jika sedang keluar kota saja tetapi Anda bisa mematikan Kulkas jika memang tidak ada isinya dan juga peralatan Eletronik lainnya juga harus dimatikan

  1. Gunakan Setrika Seperlunya saja

Anda yang meraasa tidak PD jika memakai baju belum disetrika maka Anda bisa membuat jadwal untuk setrika baju sekali seminggu saja atau Anda bisa menggunakan setrika yang memiliki pengatur panas otomatis

  1. Hindari penggunaan water heater

Anda yang memiliki hobyy meminum kopi atau teh seringkali menggunakan water heater karena alasan praktis. Water heater memiliki daya yang cukup besar untuk itu ada baiknya Anda membiasakan diri memanaskan air di kompor untuk menghemat listrik dirumah.

Cara hemat listrik seperti yang sudah dijelaskan diatas layak untuk Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan demikian Anda dapat merasakan hasil dari kegiatan menghemat listrik yang telah Anda lakukan.

Andapun akan dibuat kaget dengan menurunnya jumlah tagihan listrik yang akan Anda bayarkan setelah melakukan tips diatas secara teratur. Apakah hanya itu saja cara menghemat Listrik? Tentu saja tidak!.

Cara Menghemat Listrik Token 900 Watt di Rumah Ber Ac

Saat ini PLN telah melakukan inovasi baru bagi para pelanggannya dengan meluncurkan Listrik Token. Dengan penggunaan token maka Anda hanya akan menggunakan Listrik sesuai dengan isi token yang Anda beli.

Tidak seperti Listrik yang non token, Anda bisa menggunakannya tanpa perlu mengisi token terlebih dahulu tetapi melakukan pembayaran tagihan setiap akhir bulan dengan jumlah tagihan yang tidak selalu sama.

Meski demikian Anda harus tetap melakukan penghematan karena jika Anda menggunakan Ac maka Anda harus siap dengan besarnya beban listrik yang dibutuhkan setiap harinya.

Apalagi Anda menggunakan Listrik token 900 watt dirumah. Lantas seperti apakah cara menghematnya agar tidak membuat kantong jebol.

Ini Cara Menghemat Token Listrik 900 Watt di rumah ber AC

Berikut ini beberapa tips cara menghemat Listrik yang bisa Anda gunakan ;

1. Belilah Ac sesuai kebutuhan Anda dan keluarga

Maksudnya ialah Anda bisa membeli Ac dengan jenis (Ac Inverter, Ac Low Watt, Ac Hybrid dan Ac stadart non inverter) dengan PK (Paard Kracht) yang kecil karena jika Ac yang Anda beli memiliki PK yang besar maka akan boros listrik.

2. Gunakan Ac seperlunya saja.

Anda bisa menggunakan Ac ketika sedang tidur atau sedang merasa panas yang luar biasa sehingga perlu menyalakan Ac.

3. Anda bisa mematikan peralatan Eletronik lainnya ketika sedang menggunakan Ac.

Cukup mudahkan cara menghemat Listrik token 900 watt dirumah. Jika sudah menerapkannya maka Anda tidak akan lagi merasa jengkel atau marah karena token habis sebelum waktunya.

Untuk melakukan pengisian token listrik atau membayar tagihan listrik sendiri saat ini Anda tidak harus keluar dari rumah. Anda cukup mendownload Aplikasi BebasBayar secara gratis di Google PlayStore. atau anda bisa mengisi tagihan listrik anda pada laman tentang Cek dan Bayar Tagihan Listrik Online.

Beli Token Listrik Online BebasBayarin Aja! Gratis Voucher 250.000 tanpa minimal transaksi

Selain gratis Anda juga akan mendapatkan Promo Beli token listrik gratis voucher senilai 25K. Bagi Anda yang melakukan transaksi pertama kali dengan menggunakan Aplikasi BebasBayar. Voucher yang Anda dapatkan juga bisa gunakan untuk keperluan lainnya.

Tetapi harus menggunakan Aplikasi BebasBayar jika ingin Anda gunakan voucher senilai 25K untuk keperluan membeli pulsa atau membeli token listrik juga bisa Anda lakukan.

Demikian merupakan Informasi mengenai cara menghemat listrik yang bisa Anda terapkan di rumah Anda. Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

mams
mams

kpopers yang menjelma jadi pekerja kantoran