Jangan Panik, Ada 15 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Setiap wanita pasti menginginkan penampilan yang cantik dengan wajah sempurna. Salah satu upaya yang kerap dilakukan adalah dengan memperindah bagian-bagian yang mudah terlihat, terutama bagian wajah. Nah, permasalahan wajah paling umum yang dialami sebagian besar wanita adalah jerawat, muka kusam hingga mata panda.

Mata panda atau kantung mata yang terlihat bengkak memang jadi salah satu masalah menyebalkan. Tak sedikit wanita yang melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Sebab, bagian mata adalah hal utama yang selalu jadi perhatian orang lain.

Apabila Mama memiliki masalah tersebut, jangan panik dulu. Simak beberapa cara menghilangkan kantung mata berikut ini agar penampilan tetap terjaga sepanjang hari.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Tradisional

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Tradisional

  1. Air Mawar

Sejak dahulu kala, air mawar dikenal memiliki khasiat untuk kecantikan kulit wajah. Salah satunya mampu mengatasi kantung mata yang hitam. Cara penggunaannya cukup mudah, Mama hanya perlu menyiapkan air mawar secukupnya.

Kemudian, celupkan kapas ke air mawar tersebut dan tempelkan pada mata selama kurang lebih 15 menit. Lalu, cuci muka menggunakan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin agar hasilnya maksimal.

  1. Daun Mint

Tak hanya memiliki aroma yang segar dan menenangkan, daun mint ternyata juga mampu mengatasi kantung mata. Sebelum Mama menggunakannya, haluskan terlebih dulu beberapa helai daun mint dengan sedikit air. Lalu, usapkan pada area kantung mata dan diamkan sekitar sepuluh menit sebelum dicuci menggunakan air dingin.

  1. Es Batu

Cara menghilangkan kantung mata berikutnya adalah dengan menggunakan es batu. Pasalnya, es batu dapat membantu mengontrol peradangan plantar fascia (jaringan) akibat aktivitas yang berlebihan.  Es batu juga seringkali dijadikan cara cepat mengatasi kantung mata karena mudah didapatkan di mana saja.

Cara penggunaannya cukup simpel. Mama hanya perlu membungkus es batu menggunakan handuk atau kain bersih. Kompres area mata selama kurang lebih 10 menit dengan jeda waktu beberapa kali.

  1. Jeruk Nipis dan Lemon

Di dunia kecantikan, jeruk nipis dan lemon sudah bukan jadi bahan yang asing lagi untuk digunakan. Sebab, kedua buah tersebut kaya akan kandungan vitamin C. Banyak sekali masalah kulit yang mampu diatasi oleh jeruk nipis dan lemon, salah satunya mengatasi kantung mata.

Agar cara ini efektif, Mama harus memotong jeruk nipis atau lemon secara melingkar. Kemudian, tempelkan tepat di bagian kedua mata selama kurang lebih 10-15 menit. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai air jeruk nipis atau lemon masuk ke dalam mata.

  1. Kantung Teh Celup

Cara cepat mengatasi kantung mata berikutnya adalah dengan menggunakan kantung teh. Cara ini mungkin tak banyak diketahui orang. Padahal, kandungan tannin pada kantung teh celup mampu mengurangi pembengkakan dan perubahan warna lingkar mata.

Sebelum menggunakan kantung teh celup bekas ini, Mama bisa menyimpannya terlebih dulu di dalam kulkas untuk digunakan di hari berikutnya. Letakkan di atas mata selama 10-15 menit untuk hasil yang lebih optimal.

  1. Kentang

Menggunakan kentang merupakan salah satu cara cepat untuk mengatasi kantung mata. Sebab, kentang kaya akan asam fosfat dan asam sitrat sehingga mampu mengurangi peradangan serta menjaga elastisitas kulit wajah.

Sebelum menggunakannya, Mama harus menghaluskan kentang terlebih dulu, kemudian masukkan kentang ke dalam kantung yang bersih dan lembut. Kompreskan kentang tersebut pada bagian sekitar mata selama beberapa saat.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang berkhasiat menyegarkan kulit yang kendur dan lelah. Cara menggunakannya sangat sederhana, Mama cukup menghaluskan kunyit, lalu tempelkan tepat di bagian mata. Tunggu sekitar 20 menit, lalu cuci muka menggunakan air dingin agar lebih segar.

  1. Lidah buaya

Cara menghilangkan kantung mata berikutnya dengan menggunakan lidah buaya. Bahan alami satu ini mengandung vitamin A, C, dan E yang membantu menutrisi kulit serta memperbaiki kondisinya. Tak heran jika lidah buaya terbukti sangat efektif dalam menghilangkan mata panda ini.

Mama hanya memerlukan gel lidah buaya secukupnya, usapkan pada bagian bawah mata yang menghitam, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dan bersihkan menggunakan air dingin.

  1. Madu

Madu jadi salah satu bahan utama kecantikan yang cukup populer sejak dulu. Pasalnya, madu memiliki kemampuan untuk meregenerasi kulit secara optimal. Menggunakan madu sebagai cara menghilangkan kantung mata merupakan pilihan yang sangat tepat.

Mama hanya perlu mengoleskan madu tepat di area kantung mata. Biarkan selama 15-20 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih. Jika Mama ingin hasil yang lebih maksimal, terapkan cara ini pada malam hari sebelum tidur.

  1. Minyak Almond

Minyak almond mengandung vitamin E dan K yang mampu menetralisir lingkaran hitam di area mata, serta membuat kulit lebih cerah. Oleh sebab itulah, banyak orang menggunakan minyak almond ini sebagai cara menghilangkan kantung mata. Apalagi jika dilakukan secara rutin, maka penampilan Mama akan semakin tampak memesona.

Oleskan minyak almond pada bagian bawah mata yang menghitam menggunakan kapas secukupnya. Lakukan cara ini tiap malam sebelum tidur agar hasilnya memuaskan.

  1. Minyak Kelapa

Cara menghilangkan kantung mata selanjutnya adalah menggunakan minyak kelapa. Sebab, minyak kelapa mengandung vitamin E yang dipercaya memiliki khasiat untuk memperbaiki struktur kulit yang rusak. Tak hanya itu saja, minyak kelapa juga kaya akan kandungan asam laktat yang membantu dalam proses pengencangan kulit.

Mama cukup menggunakan minyak kelapa ini dengan cara mengoleskannya di bagian kantung mata sebelum tidur. Pijat secara perlahan untuk beberapa saat.

  1. Sendok Beku

Mungkin tak pernah terpikirkan di benak Mama mengatasi kantung mata dengan sendok. Namun, cara sederhana ini terbukti efektif lho sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata yang membandel. Mama bahkan bisa melakukannya setiap hari.

Caranya, simpan dua buah sendok stainless yang besar dalam freezer selama semalaman. Lalu, gunakan sendok tersebut untuk mengompres bagian kantung mata di pagi hari berikutnya. Tahan selama mungkin sampai suhu sendok kembali normal.

  1. Susu Dingin

Cara menghilangkan kantung mata satu ini mungkin menjadi yang paling jarang di dengar. Namun ternyata, menggunakan susu dingin secara rutin cukup efektif dalam mengatasi kantung mata yang merusak penampilan.

Caranya cukup mudah, siapkan saja susu dingin secukupnya, lalu celupkan kapas ke dalam susu tersebut. Tempelkan kapas tepat di area kantung mata. Diamkan beberapa saat, lalu cuci wajah sampai bersih.

  1. Timun

Salah satu bahan paling sederhana yang bisa membantu Mama untuk mengatasi kantung mata adalah timun. Buah mentimun ini mengandung vitamin A, B, dan C serta air yang sangat tinggi. Ada juga berbagai mineral di dalamnya seperti silikon, magnesium, dan juga kalium.

Kandungan inilah yang membuat timun sangat cocok untuk membuat mata terlihat lebih sehat dan segar. Mama hanya perlu meletakkan irisan timun pada area mata selama 30 menit. Lakukan cara ini secara rutin untuk hasil super cepat dan maksimal.

  1. Tomat

Tomat adalah bahan masakan yang paling mudah dijumpai di mana saja. Tomat juga dikenal mampu menghaluskan kulit dan mengatasi kantung mata secara alami. Cara penggunaannya pun cukup sederhana, haluskan saja tomat kemudian campurkan dengan sedikit perasan air lemon.

Oles perlahan tepat di area kantung mata. Tunggu beberapa saat hingga mengering, lalu bilas menggunakan air bersih.

Demikian cara menghilangkan kantung mata menggunakan bahan-bahan alami yang bisa Mama temukan di rumah. Agar hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal, lakukan cara-cara tersebut minimal dalam 3 hari. Selamat mencoba.

Mama mau curhat atau sekadar ingin berbagi pengalaman menarik lainnya? Yuk, bagikan cerita Mama melalui Ruang Mama bebasbayar. Caranya, klik tombol di bawah ini.

Tombol Daftar Sekarang

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
lisa

Mama muda yang hobinya curhat

Leave a Reply