8 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Efektif

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami masalah ketombe pada kulit kepala. Ada banyak faktor yang menyebabkan ketombe, seperti misalnya terlalu sering mengganti produk sampo atau kurang menjaga kebersihan.

Ketombe bisa sangat mengganggu karena menimbulkan rasa gatal di kepala. Hal ini tentu membuat Mama merasa tidak nyaman jika mengalaminya.

Ada beberapa cara menghilangkan ketombe dengan cepat menggunakan bahan-bahan alami, berikut caranya:

Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel

1. Baby Oil

Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel dengan baby oil

Mungkin Mama sudah tahu kalau baby oil bisa digunakan untuk berbagai masalah kulit, termasuk masalah kulit kepala yang menyebabkan ketombe.

Kulit kepala yang lembap bisa terhindar dari kekeringan dan masalah ketombe yang membandel.

Cara menghilangkan ketombe menggunakan baby oil ini tergolong mudah, Mam. Oleskan saja secara langsung baby oil tersebut ke kulit dan akar-akar rambut. Diamkan beberapa saat hingga meresap, kemudian bilas sampai bersih.

2. Cuka

Cuka

Cara mengatasi ketombe berikutnya dengan menggunakan cairan cuka.

Meski memiliki bau yang cukup menyengat, tapi ternyata cuka dikenal mampu merawat kulit yang gatal dan kering, sekaligus membunuh jamur.

Tak heran jika menghilangkan ketombe menggunakan cuka dianggap ampuh untuk membunuh bakteri penyebab ketombe.

Cuka mengandung asam yang sangat bermanfaat untuk mengurangi pengelupasan kulit secara drastis.

Jika ingin membuktikan secara langsung keefektifan cuka dalam menghilangkan ketombe, Mama hanya perlu mencampur cuka dan air dengan perbandingan 1:1.

Kemudian, oleskan pada kulit kepala sampai merata dan diamkan kurang lebih 30 menit sebelum dicuci bersih.

3. Daun Sirsak

Daun sirsak kaya akan acetogenin yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya mengatasi ketombe yang membandel. Acetogenin adalah kumpulan senyawa aktif yang bisa membunuh racun dalam tubuh.

Cara menghilangkan ketombe menggunakan daun sirsak dengan cepat adalah menumbuk daun tersebut sampai halus, kemudian tambahkan sedikit air.

Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala seperti layaknya menggunakan masker di  rambut. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas sampai bersih.

4. Garam

garam tradisional

Garam seringkali digunakan sebagai bahan tradisional untuk menghilangkan ketombe yang mengganggu.

Sebab, garam dapat bertindak sebagai eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Cara menghilangkan ketombe satu ini terbilang cukup ampuh jika Mama rutin melakukannya setiap hari.

Caranya pun sangat sederhana, Mama hanya memerlukan garam dan juga sampo. Langkah pertama adalah memijat kulit kepala menggunakan beberapa sendok garam untuk menyingkirkan sel kulit mati yang menyebabkan ketombe. Setelah itu, cuci kepala dan rambut menggunakan sampo sampai bersih.

5. Lemon

Selain mampu meningkatkan kekebalan tubuh, lemon ternyata bisa dijadikan salah satu cara mengatasi ketombe yang parah.

Pasalnya, lemon mengandung antioksidan, asam citric, dan vitamin esensial. Lemon bisa mengurangi minyak berlebih di kulit kepala dan memperkuat akar rambut sehingga lemon juga pas dijadikan solusi kerontokan rambut.

Cara mengatasi ketombe menggunakan lemon cukup mudah, aplikasikan saja secara langsung air perasannya ke kulit kepala. Mama juga bisa mencampurnya dengan gula dan minyak kelapa.

6. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen berikutnya adalah menggunakan gel lidah buaya.

Bahan satu ini memang dikenal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, salah satunya mengusir ketombe yang membandel.

Tak hanya itu saja, gel lidah buaya juga dikenal mampu menyembuhkan kulit yang iritasi.

Lidah buaya mengandung asam amino dan antioksidan tinggi yang bisa mengurangi timbulnya ketombe pada kulit kepala.

Selain itu, gel pada lidah buaya memiliki kandungan anti-jamur dan juga ampuh dalam menyembuhkan peradangan

Oleh sebab itulah, lidah buaya dianggap aman sehingga Mama bisa mengoleskannya secara langsung di rambut atau kulit kepala.

7. Minyak Serai

Minyak Serai

Menghilangkan ketombe secara tradisional bisa Mama lakukan dengan menggunakan minyak serai.

Sejak dulu, minyak serai memang kerap digunakan sebagai alternatif pengobatan, di antaranya menghilangkan stres dan mengatasi darah rendah.

Selain itu, minyak serai mengandung anti bakteri dan anti peradangan sehingga baik dijadikan salah satu cara mengatasi ketombe yang mengganggu.

Campurkan beberapa tetes minyak serai ke dalam air atau sampo yang akan digunakan.

Jangan sekali-kali menggunakan minyak serai ini secara langsung di kulit kepala ya, Mam karena bisa menyebabkan alergi ataupun iritasi. Setelah itu, bilas rambut dan kulit kepala sampai benar-benar bersih.

Menghilangkan ketombe dengan bantuan minyak serai ini mampu menguranginya hingga 81 persen lho selama dua minggu.

8. Tea tree oil

Tea tree oil

Bahan alami lainnya yang bisa Mama coba untuk mengatasi ketombe adalah tea tree oil. Minyak esensial satu ini memang dikenal memiliki banyak manfaat, terutama masalah kulit.

Oleh sebab itulah, tea tree oil dianggap ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

Tea tree oil kaya akan kandungan senyawa terpinen 4-o1. Senyawa ini bersifat antimikroba sehingga bisa membantu mengurangi ketombe.

Penggunaan terpinen 4-o1 dengan konsentrasi tinggi mampu menekan pertumbuhan jamur dan bakteri di kulit kepala.

Mama hanya perlu mencampurkan beberapa tetes tea tree oil pada sampo yang akan digunakan.

Usapkan pada kulit kepala sampai merata, kemudian bilas menggunakan air bersih. Sama seperti minyak serai, tea tree oil tidak boleh dioleskan secara langsung karena bisa menyebabkan iritasi dan peradangan.

Nah, itu tadi 8 cara menghilangkan ketombe secara alami dan efektif menggunakan bahan-bahan yang pastinya gampang Mama dapatkan.

Perlu Mama pahami, lamanya proses sampai ketombe benar-benar hilang tergantung bagaimana tingkat keparahan yang dialami.

Jika Mama merasa semua cara telah dicoba dan tidak berhasil, maka segera temui dokter agar ketombe bisa cepat teratasi.

Mama mau curhat atau berbagi pengalaman seru dan menarik? Yuk, publikasikan cerita Mama melalui Ruang Mama bebasbayar dengan cara klik tombol di bawah ini.

Tombol Daftar Sekarang

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
lisa

Mama muda yang hobinya curhat

Leave a Reply