8 Cara Menghilangkan Komedo Super Cepat dan Ampuh

Komedo jadi salah satu masalah yang seringkali mengganggu kulit wajah selain jerawat. Meski tidak terlalu tampak, komedo kerap dianggap mengganggu penampilan ketika wajah dilihat dari jarak dekat.

Komedo merupakan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah akibat adanya produksi minyak berlebih. Komedo tergolong jerawat ringan. Ada dua jenis komedo, yaitu komedo tertutup (whitehead) berwarna putih dan komedo terbuka (blackhead) yang berwarna hitam atau cokelat.

Nah, buat Mama yang saat ini dipusingkan dengan masalah komedo, tak perlu bingung. Pasalnya, ada beberapa cara menghilangkan komedo tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya dan usaha. Penasaran bagaimana cara mengatasi komedo dengan super cepat dan ampuh?

Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Bahan-bahan Alami

Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Bahan-bahan Alami

  1. Campuran Gula dan Air garam

Tahukah Mama, perpaduan dua bahan utama dapur ini sangat cepat dan ampuh lho untuk menghilangkan komedo. Caranya mudah, campurkan masing-masing satu sendok gula, garam, dan sedikit air. Oleskan dan gosok pada wajah yang berkomedo secara perlahan.

Lakukan dengan gerakan melingkar dan lembut selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu, keringkan wajah menggunakan kain bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, Mama bisa menggunakan campuran gula dengan air garam ini seminggu dua kali secara teratur.

  1. Campuran Gula dan Kopi

Campuran kopi dan gula ternyata bukan hanya enak jika diseduh saja. Siapa sangka, campuran kedua bahan ini juga bisa digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Seluruh sel lemak dan minyak yang jadi penyebab komedo juga berkurang dengan penggunaan masker kopi ini.

Mama hanya perlu mencampurkan bubuk kopi yang sudah diberi sedikit air dan gula secukupnya. Aduk merata, kemudian gosokkan pada area wajah untuk mengangkat sel kulit mati dan komedo. Scrub wajah alami ini bisa Mama gunakan maksimal seminggu sekali agar wajah terlihat sehat dan bersih.

  1. Lemon

Lemon ternyata memiliki banyak sekali manfaat, termasuk untuk kesehatan kulit wajah. Tak heran jika lemon digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo secara alami. Sebab, lemon kaya akan asam alfa hidroksi yang mampu mencegah komedo dan juga jerawat.

Asam sitrat dan astringent yang terkandung dalam lemon juga mampu menangkal radikal bebas hingga kulit bagian dalam dan mengecilkan pori-pori. Dengan begini, dijamin deh kotoran tidak akan mudah masuk ke dalam kulit wajah.

Mama cukup mengoleskan perasaan lemon pada wajah, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih. Adapun cara lain yang bisa Mama terapkan untuk menghilangkan komedo dalam waktu singkat menggunakan lemon ini.

Cuci muka menggunakan air hangat terlebih dulu, potong lemon, lalu gosokkan secara lembut pada area berkomedo. Lakukan cara ini selama 3-5 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

  1. Lidah Buaya

Mama pasti sudah tidak asing lagi dengan penggunaan lidah buaya sebagai bahan perawatan tubuh. Lidah buaya mengandung astringent dan saponin yang bermanfaat sebagai zat anti-mikroba dan anti-bakteri. Gel lidah buaya menjadi bahan pengangkat lemak atau minyak penyebab jerawat dan komedo pada wajah yang ampuh sekaligus aman.

Cara penggunaan lidah buaya untuk mengatasi komedo ini cukup mudah kok, Mam. Ambil saja daun lidah buaya secukupnya, kemudian oleskan gel atau daging dari daun tersebut di hidung dan pipi. Oleskan secara merata ke seluruh wajah untuk hasil maksimal.

Mama juga bisa melakukan pijatan lembut pada area wajah yang berkomedo untuk mempermudah pengangkatan komedo ketika dibilas. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 20-30 menit sebelum akhirnya dibilas menggunakan air bersih.

  1. Madu

Cara menghilangkan komedo menggunakan bahan alami berikutnya adalah dengan bantuan madu. Madu membuat sel-sel kulit mati dan juga komedo keluar dengan mudah dari pori-pori wajah. Madu kaya akan anti-oksidan, anti-bakteri, dan antiseptik yang ampuh untuk menghancurkan penyebab tersumbatnya pori-pori wajah.

Oleskan saja madu murni secara merata ke permukaan wajah Mama. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas menggunakan air dingin. Mama juga bisa mencampurkan madu dengan bahan lain seperti oatmel atau susu untuk menciptakan masker wajah alami.

  1. Pasta Gigi

Mama pasti sudah tahu kalau pasta gigi mengandung mineral dan flouride yang mampu menghilangkan komedo, serta mengeringkan jerawat dengan cepat. Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi cukup sederhana. Oleskan saja pasta gigi secara merata ke bagian yang berkomedo atau berjerawat seperti di hidung dan pipi.

Diamkan sejenak selama sekitar 15 menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih. Namun, pastikan dulu kalau pasta gigi yang digunakan terbuat dari bahan herbal agar wajah bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya.

  1. Putih Telur

Protein yang terkandung dalam putih telur ternyata bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo, lho! Protein ini memang terbukti mampu mengecilkan pori-pori pada wajah yang terbuka. Magnesium yang terkandung di dalam putih telur juga akan menyerap minyak berlebih pada wajah.

Jika Mama menggunakan putih telur tersebut secara rutin sebagai masker, maka bisa dipastikan komedo yang menempel di wajah akan lenyap. Pisahkan saja satu atau dua butir putih telur dari kuningnya. Kocok putih telur beberapa saat agar tidak terlalu mengental sebelum dioleskan pada wajah secara merata.

Diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas wajah menggunakan air dingin hingga bersih. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali seminggu. Dijamin, wajah bersih bebas komedo membandel.

  1. Tomat

Tomat dipercaya ampuh mencegah dan menghilangkan komedo karena mengandung likopen yang bersifat anti-oksidan. Zat satu ini memang dikenal mampu menangkal radikal bebas dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit wajah.

Apabila Mama rutin menggunakan tomat sebagai masker, maka pori-pori kulit dipastikan mengecil. Dengan begini, bakteri pun tidak mudah masuk untuk membentuk jerawat maupun komedo.

Bilas tomat menggunakan air bersih sebelum ditumbuk halus atau diblender. Oleskan pada wajah secara merata, terutama pada bagian yang berkomedo seperti di hidung dan pipi. Diamkan beberapa saat atau sekitar 30 menit sampai masker mengering, lalu bilas menggunakan air dingin.

Nah, mudah bukan, Mam cara menghilangkan komedo menggunakan bahan-bahan alami di atas? Mama bisa mencobanya di rumah, tapi ingat lakukan dengan rutin ya untuk mendapatkan hasil terbaik.

Mama ingin curhat atau berbagi pengalaman menarik lainnya? Yuk, publikasikan cerita Mama melalui Ruang Mama bebasbayar. Caranya, klik saja tombol di bawah ini, Mam!

Tombol Daftar Sekarang

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
lisa

Mama muda yang hobinya curhat

Leave a Reply