Cara Sederhana Menghitung Berat Badan Ideal yang Dijamin Akurat

Setiap orang pasti mendambakan berat badan ideal. Jadi jangan heran, jika saat ini ada banyak orang yang berlomba-lomba mendapatkan berat badan yang ideal. Namun tunggu dulu, apakah berat badan yang Mama harapkan selama ini sudah sesuai dengan perhitungan yang sebenarnya?

Tak sedikit orang yang menginginkan berat badan di bawah batas normal. Padahal, hal ini tidak baik bagi kesehatan. Sebaiknya Mama mengetahui terlebih dulu berat badan yang ideal sesuai perhitungan, agar tidak ada dampak buruk yang terjadi nantinya.

Pentingnya Memiliki Berat Badan Ideal

Pentingnya Memiliki Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan yang ideal tentu saja penting artinya untuk wanita sebagai upaya mempertahankan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini juga merupakan salah satu cara untuk mencegah dan mengendalikan berbagai risiko penyakit. Berat badan yang berlebihan atau obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit serius, seperti darah tinggi, stroke, hingga diabetes.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Perlu Mama ketahui, tiap orang memiliki berat ideal yang berbeda-beda. Jadi, jangan pernah membandingkan berat badan Mama dengan berat badan teman, saudara, maupun orang lain.

Cara yang mudah untuk mengetahui berapa idealnya berat badan seseorang adalah menyesuaikan dengan tinggi badan yang dimiliki. Oleh sebab itu, sebelum mulai menghitung berapa berat ideal badan Mama, ketahui dulu tinggi badan yang Mama miliki.

Rumus Broca seringkali digunakan untuk menghitung berat badan ideal wanita berdasarkan tinggi badan. Rumus ini ditemukan oleh Pierre Paul Broca. Untuk mengetahui berapakah berat badan ideal Mama, normal atau tidak, Mama bisa menghitungnya dengan rumus sebagai berikut:

Berat badan normal (kg) = tinggi badan (cm) – 100

Sebagai contoh, jika Mama memiliki tinggi badan sekitar 155 cm, maka Mama cukup memiliki berat 55 kg agar dikatakan normal. Namun, beda cerita jika Mama ingin memiliki berat badan yang ideal.

Berat badan yang ideal dibedakan berdasarkan jenis kelamin, pria atau wanita. Hal ini disebabkan karena komposisi tubuh pria dan wanita sangat berbeda jauh. Pria umumnya memiliki lebih banyak massa otot ketimbang wanita, sementara wanita lebih banyak memiliki komposisi lemak dalam tubuhnya.

Nah, untuk mendapatkan berat badan yang ideal, Mama bisa menggunakan rumus Broca seperti di bawah ini.

Berat ideal pria (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

Berat ideal wanita (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

Contoh sederhananya, jika Mama memiliki tinggi badan 160 cm, maka berat ideal  Mama sebesar 60 – 9 = 51 kg.

Kunci Utama Untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Kunci Utama Untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Dari penjelasan tadi, Mama bisa lihat bahwa berat badan normal belum tentu ideal. Memiliki berat badan yang ideal sekaligus tubuh langsing dan sehat merupakan impian bagi setiap wanita. Hal ini sangat wajar, tapi jangan sampai diet yang Mama lakukan menjadi salah langkah yang merugikan kesehatan.

Demi mendapatkan berat badan yang ideal, Mama tidak harus melakukan diet super ketat. Kunci utamanya adalah menyeimbangkan antara energi yang masuk dalam tubuh dengan energi yang dikeluarkan. Apabila Mama ingin menurunkan berat badan, maka energi yang keluar dari tubuh harus lebih besar ketimbang energi yang masuk.

Jika Mama merasa sulit dalam mendapatkan berat badan yang ideal, pahamilah bahwa memiliki berat badan normal sudah cukup untuk membuat tubuh tampak sehat. Untuk mengetahui apakah berat Mama masuk ke dalam kategori normal atau tidak, Mama bisa menggunakan rumus IMT berikut ini.

Indeks Massa Tubuh = berat badan (kg) : [tinggi badan (m) x tinggi badan (m)]

Setelah menghitung dan mendapatkan hasilnya, maka Mama perlu melihat status berat badan berdasarkan kategori di bawah ini.

  • IMT < 18,5 berarti kurus
  • IMT = 18,5 sampai 25 berarti normal
  • IMT = 25,1 sampai 27 berarti kelebihan berat badan atau overweight
  • IMT > 27 berarti obesitas

Demikian penjelasan tentang berat badan ideal yang Mama bisa coba hitung sendiri berdasarkan tinggi badan yang dimiliki. Ingat ya, jangan sembarangan menurunkan berat badan, jika tidak ingin ada masalah pada kesehatan nantinya.

Mama ingin curhat atau berbagi pengalaman menarik lainnya? Yuk, publikasikan cerita Mama tersebut melalui Ruang Mama bebasbayar. Caranya, klik tombol di bawah ini.

Tombol Daftar Sekarang

About Author

lisa

Mama muda yang hobinya curhat

Leave a Reply