Cara Menghitung Kebutuhan Air Minum Per Hari

Kebiasaan minum air putih memang baik dan penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Air putih merupakan minuman paling baik karena bersifat diuretik dan tidak mengandung kalori. Mama harus memenuhi kebutuhan air minum per hari setidaknya sekitar 8 gelas.

Begini Cara Menghitung Kebutuhan Air Minum Per Hari

Begini Cara Menghitung Kebutuhan Air Minum Per Hari

Kesadaran akan pentingnya mencukupi kebutuhan air minum tiap harinya memang masih sangat rendah. Banyak masyarakat yang kurang peduli pada kebutuhan asupan air minum per harinya, sehingga rawan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Kebutuhan cairan tubuh pada masing-masing orang juga berbeda-beda tergantung usia, berat badan, faktor penyakit, dan iklim. Secara normal, remaja dan dewasa memerlukan asupan air minum sebanyak 8 gelas.

Beberapa orang mungkin belum terlalu paham mengenai cara menghitung asupan air bagi tubuh. Sering kali pertanyaan mengenai 8 gelas berapa ml itu muncul. Jika diubah ke dalam satuan liter, 8 gelas setara dengan 2 liter atau 2.000 ml.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia yang disampaikan melalui situs idai.or.id, kebutuhan asupan air minum berdasarkan usia yaitu sebagai berikut ini.

  1. Bayi usia 0-6 bulan membutuhkan asupan cairan tubuh sebanyak 700 ml per hari.
  2. Bayi usia 7-12 bulan membutuhkan asupan cairan tubuh sebanyak 800 ml per hari.
  3. Anak usia 1-3 tahun membutuhkan asupan cairan tubuh sebanyak 1.300 ml per hari.
  4. Anak usia 4-8 tahun membutuhkan asupan cairan tubuh sebanyak 1.700 ml per hari.
  5. Anak usia 9-13 tahun membutuhkan asupan cairan tubuh sebanyak 2.400 ml per hari pada anak laki-laki dan sebanyak 2.100 ml per hari pada anak perempuan.
  6. Anak usia 14-18 tahun membutuhkan asupan cairan tubuh sebanyak 3.300 ml per hari pada anak laki-laki dan sebanyak 2.300 ml per hari pada anak perempuan.

Cairan bisa diperoleh tidak hanya dari air minum saja, tapi bisa dari buah-buahan yang memiliki kadar air yang tinggi. Bagi anak-anak, kebutuhan cairan tubuh sekitar 70% hingga 80% diperoleh dari air minum yang mereka konsumsi, sisanya berasal dari makanan.

Cara menghitung kebutuhan air minum per hari pada orang dewasa yaitu 30 ml/kg per hari. Apabila berat badan Mama 70 kg, maka kebutuhan asupan air yaitu 2.100 ml per hari. Bagi ibu hamil ada pertambahan asupan air yaitu 300 ml dan ibu menyusui yaitu 500-600 ml per harinya.

Jika Mama melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga, maka disarankan untuk minum air sebanyak setengah cangkir hingga dua gelas air setiap 15 hingga 20 menit. Tanpa Mama sadari, tubuh akan mengeluarkan cairan sebanyak 1.300 hingga 3.500 cc per harinya terutama saat cuaca sedang terik.

Cara menghitung kebutuhan air minum per hari di atas bisa Mama terapkan agar kebutuhan air pada anggota keluarga dapat tercukupi dengan baik.


Mama ingin curhat atau berbagi pengalaman? Yuk, publikasikan tulisan Mama di ruang bebas bayar, caranya klik tombol di bawah ini ya, Ma.

Tombol Daftar Sekarang

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
lisa

Mama muda yang hobinya curhat

Leave a Reply