Transfer Uang gak Harus Lewat ATM, Pakai Cara ini aja!

Mau transfer uang tanpa ATM dengan mudah? bisa banget. Kini Anda tidak perlu bingung untuk mengetahui cara transfer uang tanpa rekening. Zaman sudah berubah, jika dulu Anda harus transfer antri ke ATM terdekat kini tidak perlu lagi.

Kirim uang kini bisa kapan saja, dimana saja dengan cara mudah. Berikut adalah 6 cara transfer uang tanpa ATM yang perlu Anda ketahui:

Begini 6 Cara Transfer Uang Tanpa ATM dan Rekening Bank

Cara Transfer Uang Tanpa ATM dan Rekening Bank

1. Setor Tunai

Jika Anda tidak memiliki rekening, Anda tetap bisa setor tunai melalui bank langsung. Caranya mudah, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Anda harus datang ke bank terdekat di daerah Anda. Ambil nomor antrean, dan tunggu hingga petugas memanggil nomor anatran yang Anda ambil.
  • Sembari menunggu jangan lupa isi form stor tunai yang berupa data nama bank, nomor rekening tujuan, dan jumlah yang akan dikirim, dan tanda tangan Anda.
  • Jika nomor antrean Anda dipanggil, bergegaslah menuju Teller, serahkan isi form yang telah Anda isi, dan jumlah uang yang akan Anda kirim ke rekening tujuan.

Biasanya akan dikenai biaya admin jika Anda transfer ke beda bank, biaya admin sebesar Rp. 6.500 untuk satu kali transfer.

2. Mobile dan Internet Banking

Mobile banking adalah layanan yang disediakan oleh bank untuk melakukan berbagai macam transaksi dengan memanfaatkan mobile app. Artinya, Anda perlu menginstall aplikasi terlebih dahulu di smartphone sebelum menggunakan layanan ini. Selain itu, Anda juga perlu melakukan registrasi di kantor bank Anda untuk mengaktifkan fitur ini.

Salah satu kelebihan dari mobile banking adalah lebih mudah digunakan. Anda tidak perlu memasukkan kode-kode khusus seperti SMS Banking. Anda hanya perlu login ke aplikasi mobile banking, dan memilih menu transaksi sesuai kebutuhan.

Internet banking memungkinkan Anda untuk bertransaksi melalui website milik bank. Website ini biasanya telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat akan menggunakannya untuk mentransfer uang maupun bertransaksi online.

Layanan ini dapat digunakan di mana pun, kapan pun, dan melalui perangkat apapun, baik itu smartphone, laptop, ataupun PC dengan syarat Anda terhubung ke internet. Seperti mobile banking, Anda juga perlu mengaktifkan layanan ini di kantor bank Anda sebelum menggunakan layanan internet banking.

Meskipun sangat mudah, sayangnya Anda akan dikenakan biaya admin ketika Anda melakukan transfer ke beda bank, misal anda punya mobile banking bank bca. Ketika Anda ingin transfer ke rekening mandiri, maka Anda akan dikenakan biaya admin transfer sebesar 6500.

Jadi masih kurang efektif untuk digunakan transfer ke semua bank.

3. Melalui Aplikasi BebasBayar

Salah satu aplikasi transfer uang tanpa rekening adalah Bebasbayar.

Mau kirim uang tanpa rekening mudah? melalui aplikasi BebasBayar jadi rekomendasi bagi Anda yang ingin transfer uang mudah dan murah. Aman dan nyaman, serta praktis dan menguntungkan. Cara transfer mudah hanya melalui aplikasi BebasBayar dengan gunakan fitur transfer uang.

Di BebasBayar Anda bisa transfer ke 147 Bank dengan biaya admin murah, yakni hanya Rp. 2.500 saja. Anda bisa transfer kapan saja, dimana saja tanpa perlu antre keluar rumah. Jelas lebih praktis dan menguntungkan bukan?

Tidak hanya bisa berhemat, Anda juga akan mendapatkan voucher 25 ribu secara gratis serta bonus tunai. Aplikasi  BebasBayar ini bisa Anda download secara gratis langsung disini!

4. Lewat Indomaret dan Alfamart

Siapa bilang minimarket hanya untuk belanja saja, sebab sekarang bisa digunakan sebagai media kirim uang tanpa rekening, sebut saja Indomaret dan Alfamart.

Cara kirim uang lewat indomaret dan alfamart cukup mudah, Untuk mengirim duit melalui minimarket, caranya sangat mudah, yakni cukup katakan pada pelayan bahwa Anda ingin mengirim uang, maka nantinya petugas akan meminta kartu identitas seperti KTP/SIM, nomor HP yang bisa dihubungi, serta nomor ponsel yang akan dikirimi uang.

Nomor ponsel sendiri digunakan agar si penerima uang memperoleh kode pengambilan. Nah, kode pengambilan ini nantinya digunakan si penerima untuk mengambil uang di minimarket terdekat. Ya, kekurangan dari cara ini memang minimarket tak bisa mengirim langsung ke rekening bank, sehingga si penerima harus pergi ke minimarket.

Namun sayangnya metode transfer melalui indomaret dan alfamart ini ternyata ada biaya admin yang cukup besar, yaitu 6500 untuk indomaret dan 15000 untuk alfamart.

5. Kantor Pos

Kantor pos dikenal sebagai media untuk mengirimkan surat atau barang. Nah, ternyata kantor pos juga bisa digunakan untuk mengirim uang yang disebut dengan wesel. Untuk layanan kirim uang tanpa bank terdapat beberapa jenis wesel yang bisa dipilih, yakni sebagai berikut:

  • Weselpos Instan

Seperti namanya, weselpos instan ini mampu mengirim uang secara instan atau cepat yang bersifat real time. Dimana untuk pengirimannya, cukup menggunakan PIN dan NTP atau Nomor Transaksi Pusat yang akan dikirim secara langsung dari si pengirim pada si penerima.

  • Weselpos Kemitraan

Untuk jenis weselpos ini, merupakan jenis wesel yang bekerjasama dengan pihak lain. Sehingga tak heran jika tarif administrasi yang harus dibayar pun sesuai dengan kesepakatan yang berlaku.

  • Weselpos Tunai

Cara kirim uang tanpa bank melalui wesel pos ini juga sering dikenal dengan sebutan Cash to Account. Yakni pengiriman yang dilakukan secara tunai melalui kantor pos secara real time. Dimana nantinya si penerima uang dapat mengambil uangnya melalui rekening bank.

  • WeselPrima

Layanan kirim uang tanpa bank melalui kantor pos yang terakhir yakni menggunakan layanan wesel prima. Dimana jenis weselpos ini mengirimkan uang dengan cara menggunakan surat pemberitahuan, yang kemudian akan diantar ke pihak penerima.

Bagi pihak penerima hanya akan mendapatkan surat pemberitahuan saja, sedangkan untuk pengambilan uang harus mendatangi secara langsung ke bank.

6. PayPal

PayPal juga bisa digunakan untuk transaksi uang, ini merupakan transaksi e-money dengan jaringan Internasional. Dimana pengiriman uang dilakukan secara online. Untuk pengiriman uang berupa PayPal ini Anda harus memiliki akun pribadi. Setelah itu, tukar uang rupiah dengan jenis PayPal.

Meskipun sedikit rumit, namun pengiriman uang bisa cepat sampai secara realtime.

Untuk pengambilan uang, bisa dilakukan melalui bank dan uang yang diterima akan berupa rupiah secara otomatis.

Nah itu dia cara transfer uang tanpa ATM dan rekening Bank menurut blog bebasbayar. Dengan aplikasi Bebasbayar tentu bisa Anda gunakan untuk transfer uang ke rekening orang lain seperti keluarga atau kerabat Anda, entah itu rekening Mandiri, BCA, BNI ataupun rekening lainnya.

Tanpa keluar rumah, bisa transfer kapan saja dan dimana saja hanya melalui HP Android yang Anda miliki. Biaya admin termurah hanya Rp. 2.500 saja. Berbeda dengan bank yang biaya admin Rp. 6.500

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Lisa Amalia
Lisa Amalia

Lebih dari 3 tahun menjadi keluarga di BebasBayar. Menjadi penulis tetap di Blog Bebasbayar sejak gabung pertama di Bebasbayar.

Leave a Reply