20 Contoh Peluang Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2020

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus cerdik dalam memanfaatkan peluang usaha yang ada. Banyak jenis usaha yang menjanjikan tetapi belum banyak digemari karena masih sedikit orang yang bisa memanfaatkan peluang usaha tersebut.

Kejelian dalam melihat peluang bukan hal yang mutlak dapat menentukan keberhasilan suatu usaha. Anda tetap memerlukan target dan kemampuan dalam hal teknis untuk bisa menjadikan suatu bisnis semakin berkembang.

Berikut Usaha menjanjikan menurut blog bebasbayar yang bisa Anda jalankan.

Ini 20 Jenis Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2020

Ini 20 Jenis Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2020

1. Dropshipper

Menjalankan usaha dropshipping adalah salah satu usaha yang banyak diminati. Hal ini karena bisnis dropshipping tidak memerlukan modal yang banyak, tetapi bisa memberikan keuntungan. Banyak jenis usaha dropshipping yang bisa dijalankan seperti baju, kosmetik, hingga alat ibadah.

Menjadi seorang dropshipper berarti Anda bertanggung jawab untuk memasarkan produk. Namun, yang menarik dari bisnis ini adalah Anda tidak perlu membeli produk terlebih dahulu. Setiap produk yang dibeli akan dikirim langsung dari produsen, sehingga dapat mengurangi risiko yang harus ditanggung.

Hal yang perlu Anda perhatikan ketika menjalankan bisnis ini adalah memilih produsen yang memiliki produk berkualitas dan terpercaya. Pertimbangan ini penting karena Anda akan menjual atas nama pribadi walaupun produk dikirimkan secara langsung oleh produsen. Sehingga jika produsen berbuat curang, maka Anda yang harus menanggung risiko tersebut.

2. Usaha Katering

Mendirikan usaha katering cukup menjanjikan terlebih banyak orang yang tidak mempunyai waktu untuk mempersiapkan sarapan maupun makan siang. Anda dapat menawarkan bisnis ini ke beberapa karyawan kantor maupun orang tua murid.

Bagi Anda yang memiliki pengetahuan tentang kesehatan, Anda bisa mengembangkan katering sehat. Bisnis ini cocok untuk orang-orang yang memiliki pantangan dan tidak dapat makan beberapa jenis sayuran maupun daging.

3. Street Food

Street food dapat digolongkan sebagai suatu bisnis dengan keuntungan tinggi, terlebih jika Anda mengembangkan bisnis street food makanan yang sedang populer. Semakin populer makanan/minuman tersebut, maka permintaan konsumen akan semakin tinggi.

Sebagai contoh adalah mango sticky rice yang sangat populer beberapa waktu lalu. Anda dapat menjual produk tersebut dan menggantinya dengan produk lain ketika popularitasnya mulai meredup.

Dengan kata lain, Anda harus pandai untuk beradaptasi dan melihat tren street food. Hal ini berguna supaya produk yang Anda hasilkan tetap menarik dan bisnis Anda tetap berkembang.

4. Penulis

Menjadi seorang penulis merupakan pekerjaan yang diidamkan beberapa orang karena bisa menjalankan hobi sekaligus mendapatkan uang. Anda bisa memulai pekerjaan ini dengan menulis di blog pribadi.

Untuk bisa mencapai tahap monetisasi, akan diperlukan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, Anda harus menguasai teknik SEO untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas dan membantu blog pribadi Anda semakin berkembang.

Sebuah blog pribadi bisa menghasilkan uang melalui Google AdSense atau iklan yang dipasang oleh Google. Anda bisa mendapatkan uang setiap klik yang dihasilkan oleh pengunjung website Anda.

5. Bisnis Afiliasi

Selain melalui Google AdSense, Anda bisa menghasilkan uang dari blog pribadi dengan menjalankan bisnis afiliasi. Sama halnya dengan Google AdSense, bisnis afiliasi dapat menghasilkan uang melalui klik yang dilakukan pengunjung.

Beberapa pelaku bisnis afiliasi akan memberikan komisi apabila pengunjung dari blog Anda melakukan registrasi atau pembelian. Besaran komisi ditentukan oleh pelaku bisnis dan Anda bisa saja menawar untuk komisi yang lebih banyak.

Bisnis ini tidak hanya dapat dilakukan dari blog pribadi. Bagi Anda yang memiliki banyak pengikut di media sosial, bisnis afiliasi juga bisa dilakukan. Semakin banyak pengikut Anda, maka kemungkinan pembelian produk juga akan semakin tinggi.

6. Persewaan Mobil

Sudah sejak lama bisnis ini dianggap sebagai usaha yang menjanjikan dan menguntungkan. Anda bisa menyewakan mobil untuk berbagai keperluan mulai dari wisata hingga keperluan pribadi. Jenis mobil juga dapat Anda sesuaikan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan jasa dari bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan fasilitas berupa tour guide bagi wisatawan yang menggunakan jasa ini.

Bisnis persewaan mobil memang memerlukan modal yang cukup besar. Oleh karena itu, Anda harus merencanakannya dengan matang supaya tidak terjadi kerugian di masa depan.

7. Kursus Online

Perkembangan teknologi juga dapat digunakan untuk berbagai hal seperti kursus online. Keberadaan kursus secara daring atau online memang sudah banyak tersedia di internet, namun Anda bisa menawarkan promo atau keunikan tertentu dari bisnis Anda.

Sebagai contoh adalah kursus Bahasa Spanyol, Anda bisa menawarkan latihan percakapan langsung dengan penutur asli Bahasa Spanyol. Dengan demikian, konsumen akan lebih tertarik karena dapat merasakan pengalaman bersosialisasi dengan penutur asli.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah koneksi internet. Pastikan internet yang Anda gunakan memiliki koneksi yang stabil supaya proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan lancar dan tidak mengecewakan konsumen.

8. Laundry

Bukan rahasia lagi jika usaha laundry adalah usaha yang menjanjikan. Banyak laundry yang bermunculan mulai dari laundry reguler hingga laundry eksklusif untuk baju-baju tertentu. Anda dapat menyesuaikan jenis laundry ini sesuai dengan kondisi di sekitar lokasi usaha dan modal yang Anda miliki.

Supaya bisnis laundry Anda berjalan dengan maksimal, Anda perlu menjaga kualitas hasil cucian. Usahakan untuk menghasilkan cucian yang bersih, tepat waktu, dan wangi. Hal-hal tersebut merupakan pertimbangan utama bagi konsumen dalam memilih laundry.

Penggunaan mesin juga perlu disesuaikan dengan skala bisnis dan lokasi usaha. Jika tempat laundry memiliki banyak ruang untuk menjemur, maka mesin uap tidak terlalu diperlukan. Tetapi jika lokasi laundry sempit dan tidak banyak ruang terbuka, maka keberadaan mesin uap akan sangat membantu bisnis.

9. Pulsa

Usaha pulsa merupakan usaha kecil yang menjanjikan saat ini, hal ini dibuktikan dari banyaknya pengguna smartphone.

Kebutuhan pulsa yang tidak pernah sepi membuat bisnis ini dapat dicoba. Saat ini, kebutuhan tidak hanya terbatas pada pulsa tetapi juga paket data, aksesoris smartphone, dan layanan uang elektronik. Anda bisa memberikan layanan tersebut dalam satu tempat yang sama dengan tujuan memudahkan konsumen.

Jika konsumen merasa dimudahkan, maka bukan tidak mungkin jika konsumen tersebut akan menjadi konsumen yang loyal. Sebuah bisnis yang mempunyai konsumen loyal akan berkembang dengan mudah karena konsumen tersebut mempunyai pengaruh dalam membujuk orang sekitar untuk menggunakan layanan Anda.

Usahakan untuk menyediakan layanan dengan jam operasional yang panjang. Hal ini karena pulsa kadang dibutuhkan pada waktu yang tidak terduga seperti pagi hari atau larut malam. Anda bisa menggunakan tempat kosong di rumah untuk bisnis ini sehingga jam operasional bisa lebih lama.

Untuk memulai usaha pulsa ini Anda direkomendasikan menggunakan Aplikasi Bebasbayar, karena selain harga pulsa yang cukup murah, fitur aplikasi bebasbayar sangat lengkap.

10. Pet Shop

Pet shop seringkali kurang diminati karena beberapa orang menganggap bisnis ini kurang menguntungkan. Namun, kesadaran masyarakat untuk merawat peliharaannya saat ini semakin tinggi. Hal itu berdampak pada tingkat konsumsi produk-produk di pet shop.

Produk yang tersedia di pet shop  tidak hanya makanan hewan peliharaan, tetapi juga kandang, mainan, aksesoris, hingga layanan grooming dan penitipan hewan. Hal ini menjadikan bisnis pet shop cukup menguntungkan karena dapat memberikan berbagai layanan dalam satu bisnis.

Tips dalam mengembangkan pet shop saat ini adalah menyediakan layanan secara online. Layanan ini akan memudahkan konsumen untuk membeli produk tanpa harus datang ke toko. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan layanan grooming dari rumah untuk menarik minat konsumen.

11. Vlogger

Vlogger saat ini sudah mulai diakui sebagai sebuah profesi. Bisnis ini cukup menguntungkan karena Anda bisa mendapatkan uang bahkan tanpa modal yang banyak. Platform yang tersedia juga semakin beragam mulai dari Instagram, YouTube, Facebook, dan TikTok.

Uang yang diperoleh para vlogger mayoritas berasal dari monetisasi video di YouTube. Selain itu, Anda juga bisa menerima uang dari hasil promosi berbayar di media sosial. Kegiatan promosi dapat dilakukan dengan sangat mudah dengan menggunakan smartphone.

Saat ini jumlah content creator sudah sangat banyak. Oleh karena itu, Anda harus cerdik dan kreatif dalam menghasilkan konten yang menarik penonton. Namun, Anda tetap harus memperhatikan etika, jangan sampai karena ingin mendapatkan banyak penonton, Anda menghiraukan privasi orang lain.

12. Pom Mini

Keberadaan pom mini sekarang sudah semakin banyak. Orang-orang juga lebih tertarik menggunakan pom mini dibandingkan bahan bakar dengan botol karena lebih akurat dan lebih hemat.

Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang terletak cukup jauh dari SPBU, sehingga pom mini menjadi satu-satunya pilihan bagi masyarakat sekitar. Anda tidak memerlukan tempat yang luas untuk menjalankan bisnis ini, bahkan Anda dapat memulainya dari halaman rumah.

Keuntungan bisnis pom mini dari rumah adalah Anda tidak perlu membayar biaya sewa. Selain itu, jam operasional bisnis juga bisa lebih lama karena Anda bisa sambil melakukan pekerjaan lain di rumah.

13. Desain Grafis

Menjadi seorang desainer grafis adalah sebuah usaha yang menjanjikan karena permintaannya yang semakin meningkat. Saat ini banyak platform digital yang memudahkan desainer grafis untuk mencari klien. Selain itu, Anda juga bisa mengombinasikan usaha ini dengan usaha digital printing atau konveksi.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini tapi masih kurang mahir menggunakan software yang ada, Anda dapat mengakses berbagai materi secara online. Mayoritas materi yang tersedia tidak membutuhkan biaya. Namun, Anda harus mempunyai keinginan yang kuat untuk belajar supaya semakin berkembang.

Pekerjaan sebagai desainer grafis juga bisa dilakukan sebagai usaha sampingan. Pada pagi hingga sore hari, Anda bisa bekerja penuh waktu di kantor dan pada malam hari Anda bisa mengerjakan proyek desain.

14. Penyedia Sayuran Organik

Masyarakat saat ini sudah semakin peduli dengan kesehatan dan kelestarian lingkungan, salah satunya dengan mengonsumsi sayuran dan buah organik. Kondisi ini mendorong peningkatan produksi sayuran organik.

Letak petani yang jauh dari kota menjadikan proses pemasaran barang harus dilakukan dengan cepat dan efisien. Anda bisa menggunakan hal ini sebagai bisnis. Usaha Anda dapat berfokus pada pengiriman sayuran dan buah organik hingga ke konsumen akhir.

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam bisnis ini adalah kesegaran dan kebersihan produk, ketepatan pengiriman, dan aksesibilitas. Anda dapat membuat website atau aplikasi untuk pemesanan konsumen sehingga akan semakin mempermudah pengiriman.

15. Ternak Ikan

Bisnis ternak ikan tentu sangat terkenal karena menjanjikan keuntungan yang tinggi dan proses yang mudah. Namun, masih sedikit yang benar-benar menekuni bisnis ini. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk mengembangkan bisnis ternak ikan.

Ada berbagai ikan konsumsi air tawar yang mudah dipelihara dan tingkat permintaannya relatif stabil. Sebagai contoh adalah ikan lele, patin, bawal, dan nila. Ikan-ikan tersebut cukup mudah dibudidayakan dengan harga jual yang tidak kalah dibandingkan ikan konsumsi lainnya.

Jika Anda kurang tertarik dengan ikan konsumsi, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk beternak ikan hias. Lain halnya dengan ikan konsumsi, ternak ikan hias memerlukan kemampuan dan modal yang lebih. Namun hal tersebut diiringi dengan keuntungan yang lebih banyak.

Berbagai usaha tersebut tidak akan memberikan hasil yang instan. Anda tentu akan memerlukan proses panjang untuk bisa mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Salah satu kunci yang paling utama adalah tidak mudah menyerah dan belajar dari tantangan yang telah Anda hadapi.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
Ahid

Life is a first draft... with NO rewrite.

Leave a Reply