7 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar Bagi Mahasiswa

Mahasiswa pada umumnya memiliki kebutuhan yang lebih besar dibandingkan jenjang pendidikan di bawahnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, beberapa mahasiswa membuka usaha kecil-kecilan.

Ada banyak contoh usaha modal kecil untung besar yang bisa dipilih. Apa sajakah itu?

Berikut ini adalah jenis-jenis bisnis modal kecil dengan keuntungan yang besar menurut blog bebasbayar:

Ini 7 Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar Bagi Mahasiswa

Ini 7 Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar Bagi Mahasiswa

1. Jualan Bucket Bunga Dan Snack

Salah satu peluang usaha yang memberikan banyak keuntungan dan bisa dilakukan oleh mahasiswa adalah jualan bucket. Bisnis ini akan laris manis di saat menjelang waktu wisuda. Jenis bucket yang bisa Anda buat berupa bunga, snack, uang, boneka dan sebagainya.

Modal untuk membuat bucket bunga, snack dan sejenisnya tergolong sangat terjangkau tanpa menguras kantong, yakni mulai 10 ribu saja. Tambahkan aksesoris cantik dan berikan pilihan jenis bahan background bucket beserta aneka warnanya.

2. Penulis Artikel Paruh Waktu

Mahasiswa sudah tidak asing lagi dengan kumpulan karya tulis. Tanpa disadari, Anda akan belajar cara menulis dengan bahasa yang baik dan benar. jika kemampuan ini terus diasah, tidak menutup kemungkinan Anda mencintai dunia kepenulisan.

Ketika sudah menemukan ciri dari tulisan Anda, cobalah untuk mengambil kerja paruh waktu, misalnya menulis artikel. Pekerjaan ini tergolong contoh usaha modal kecil untung besar yang cukup menjanjikan. Anda hanya butuh membaca banyak buku untuk memperluas gaya tulisan.

3. Jualan Buku

Jualan buku bisa juga menjadi peluang usaha dengan untung besar. Buku menjadi salah satu kebutuhan mahasiswa sehingga dipastikan laku. Anda hanya perlu mengetahui jenis buku apa saja yang dicari teman-teman Anda.

Pastikan untuk membeli buku di tempat yang murah, sehingga Anda bisa menjualnya kembali dengan harga sama seperti di pasaran. Anda juga bisa menawarkan buku-buku bekas dengan harga lebih terjangkau. Usahakan tetap mengambil keuntungan sebesar 20%-30%.

Lapak jualan Anda akan lebih ramai jika dipromosikan juga ke berbagai media sosial. Gunakan fasilitas ‘iklan’ agar produk Anda semakin dilihat dan dikenal banyak orang. Sediakan pilihan paket buku hemat agar konsumen lebih tertarik.

4. Jualan makanan

Salah satu usaha modal kecil yang menjanjikan dengan modal kecil adalah berjualan makanan cemilan. Sebagai mahasiswa yang super sibuk, Anda tidak perlu membuatnya sendiri. Cukup ambil barang dagangan di toko camilan grosir.

Agar dagangan cepat laku, harga jual yang ditawarkan harus sesuai dengan kantong mahasiswa, yakni mulai dari 2 ribu hingga 10 ribu rupiah saja. Saat Anda bisa mengelola usaha ini dengan baik, Anda bisa meneruskannya lagi ketika sudah kembali di desa.

5. Franchise Usaha

Jika Anda seorang mahasiswa yang ingin menambah uang jajan, Anda bisa membuka usaha dari franchise atau waralaba. Jenis usaha ini tidak merepotkan Anda karena semua peralatan dan perlengkapan sudah disediakan pihak terkait.

Anda juga tidak perlu bersusah payah melakukan branding karena usaha tersebut sudah memiliki ‘nama’ di masyarakat, misalnya saja usaha kopi kekinian. Jika bisnis ini ditekuni dan Anda fokus mengelolanya, Anda akan mendapatkan untung banyak dan bisa memperluas jaringan usaha.

6. Jasa Pengetikan dan Printing

Usaha rumahan sekaligus mengasah kemampuan para mahasiswa adalah jasa pengetikan dan printing. Bukankah setiap mahasiswa sudah bisa mengetik? Ya, memang semua bisa. Namun, masih saja ada mahasiswa yang menyerahkan tugas ketiknya ke orang lain.

Kesempatan inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang jajan tambahan. Jangan hanya menawarkan jasa ketik saja, Anda juga bisa menerima jasa cetak file sehingga penghasilan yang didapatkan juga lebih banyak.

7. Jualan Kuota Internet

Kebutuhan kuota internet semakin hari semakin menggila. Hampir semua mahasiswa sudah memiliki smartphone. Kondisi ini bisa menjadi peluang untuk usaha sampingan Anda yakni berjualan kuota internet.

Untuk mendapatkan keuntungan yang besar, Anda bisa memilih operator dengan tarif terendah. Bisnis Anda sebaiknya tidak hanya ditawarkan pada teman sekelas saja, tetapi promosikan pula melalui media sosial. Jangan lupa untuk memberikan promo menarik di waktu-waktu tertentu.

Contoh usaha modal kecil untung besar yang telah dijelaskan di atas bisa Anda jalankan dengan sukses jika diimbangi dengan pengetahuan manajemen usaha yang baik. Selain itu, asahlah terus ide usaha apa yang bisa dilakukan selanjutnya dengan melihat kondisi sekitar.

About Author

Ahmad Mujtahidin
Ahmad Mujtahidin

Ramah, penyabar dan baik hati.

Leave a Reply