Fakta Unik Tentang Hewan Qurban

 

Beberapa hari lagi umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban. Disekitar lingkungan Sobat BebasBayar mungkin sudah mulai terasa suasana Idul Adha dengan banyaknya penjual hewan qurban di pinggir jalan.

Berjualan hewan qurban di sudut jalan, perumahan, atau lapangan sudah menjadi tradisi di Indonesia, mereka berlomba-lomba menjual kambing atau sapi andalannya untuk diqurbankan yang jatuh pada 1 September 2017. Lucunya, suasana seperti ini tentu mengundang banyak perhatian anak-anak untuk sekedar melihat, bermain atau memberi makan hewan qurban. Suasana seperti ini hanya terjadi setahun sekali, dan berikut 8 fakta menarik dari hewan qurban yang belum banyak kamu ketahui.

1. Kambing juga Manja
Gak cuma manusia saja yang bisa manja sama makanan. Kambing pun ternyata manja saat memilih makanan. Seperti yang kita tahu bahwa makanan kambing adalah rumput.

Ketika rumput langsung jatuh ke tanah, mereka enggan untuk memakannya meskipun rumput tersebut masih segar.
Biasanya peternak mensiasati dengan cara membuat kandang dengan wadah makanannya dibuat model panggung, sehingga rumput tidak langsung ke tanah.

2. Kambing dianggap sebagai si penemu kopi

Kalian tentu heran jika kambing adalah cikal bakal penemuan kopi. Kopi sendiri mulai dibudidayakan setelah adanya penemuan dari penggembala kambing yang menemukan keanehan pada hewan peliharaannya yang tiba-tiba lincah dan energik. Setelah diteliti ternyata kambing tersebut mengkonsumsi biji kopi.

3. Kambing punya pupil mata yang unik luar biasa

Coba sesekali Sobat BebasBayar perhatikan, saat seekor kambing saat berjalan atau menyeberang jalan. Perhatikan dengan baik, ia akan berjalan lurus tanpa menengok kanan kiri layaknya manusia. Kenapa bisa gitu? Jawabannya adalah karena kambing memiliki pupil mata yang berbentuk segi empat. Hal ini membuat mata kambing memiliki pandangan seluas 320 hingga 340 derajat.


Dengan bentuk segi empat, kambing bisa melihat lebih baik saat malam hari yang bisa mengatur dan membatasi cahaya yang masuk. Bentuk pupil dengan celah horizontal seperti segi empat ini pun dimiliki oleh hampir semua hewan berkuku tunggal.

4. Sapi tidak pernah hadap timur atau barat saat makan
Dimanapun sapi berada, ia akan menghadap utara saat makan. Hal ini lantaran otak sapi memiliki insting “kompas alami” untuk melacak medan magnet bumi. Sapi akan cenderung memposisikan tubuhnya searah dengan kutub utara dan selatan bumi.

5. Sapi memiliki indera yang tajam
Sapi ternyata memiliki daya penglihatan hampir 360 derajat dan bisa melihat warna, kecuali warna merah. Ia juga memiliki penciuman yang tajam hingga berjarak 8km. Bayangkan kuatnya indera sapi bukan? Karena ketajaman inderanya inilah, sapi menggunakannya untuk berkomunikasi dengan yang lain. Merka berkomunikasi melalui suara, posisi tubuh, dan ekspresi muka.

6. Sapi mampu berjalan lebih cepat dari kuda
Ketika berada di tanah berlumpur, sapi mampu berjalan lebih cepat daripada kuda. Dibuktikan dengan kuku kakinya yang lebar sehingga tidak mudah terbenam dalam kubangan lumpur.

Gimana Sobat BebasBayar fakta uniknya, menarik bukan? Sebelum diqurbankan, coba ya buktikan sendiri jika kalian memilih hewan qurban seperti kambing dan sapi. Kamu bisa menyalurkan hewan qurban kamu di BebasBayar, karena BebasBayar bekerjasama dengan lembaga Qurban terpercaya “Rumah Zakat” yang menyediakan hewan qurban sehat dan memenuhi syarat berqurban. Harga yang tertera sudah termasuk seluruh biaya operasional. Nantinya, hewan qurban yang sudah kamu beli akan didistribusikan ke tempat-tempat tepat sasaran seperti rawan bencana, minim bahan pangan, dan lain-lain.

Yuk, berqurban Sekarang di BebasBayar. Aman, Praktis dan Tepat Sasaran. Berqurban di BebasBayar akan mendapatkan sertifikat Qurban dan laporan lengkap mengenai pemotongan hewan dan pendistribusian hewan qurban.

Tinggalkan Komentar Disini..

About Author

Aditiya Sulistiawan

Lebih dari 3 tahun menjadi keluarga di BebasBayar. Menjadi penulis tetap di Blog Bebasbayar sejak gabung pertama di Bebasbayar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.