Hak-Hak Anak Di Rumah yang Wajib Dipenuhi Orang Tua

Membicarakan anak, tentu akan menyangkut banyak hal, termasuk hak anak. Sering sekali para orang tua mengatakan, bahwa anak adalah harta yang dititipkan oleh Tuhan, sehingga harus dijaga baik-baik dan dirawat sepenuh hati. Tetapi sayangnya masih banyak orang tua belum memahami apa saja hak anak di rumah yang menjadi tanggung jawab orang tua dan wajib dipenuhi.

Bukan hanya merawat dan memberikan berbagai layanan di rumah yang mendukung kehidupannya, mama juga memiliki banyak tugas lain yang berhubungan dengan sepuluh hak anak tersebut. Mulai dari menjamin ia memperoleh pendidikan, memastikan ia mendapat identitas, hingga memastikan ia memperoleh hak untuk mendapatkan kesamaan

Ini Dia 10 Hak Anak Terhadap Orang Tua

Ini Dia 10 Hak Anak Terhadap Orang Tua

  1. Hak bisa bermain.
  2. Hak untuk memperoleh pendidikan.
  3. Hak dalam mendapat perlindungan.
  4. Hak mendapat identitas (nama).
  5. Hak mendapat status kewarganegaraan dan kebangsaan.
  6. Hak mendapat asupan makan dan minum.
  7. Hak untuk memiliki akses dan layanan kesehatan.
  8. Hak mendapat aktivitas berlibur atau rekreasi.
  9. Hak untuk mendapat kesamaan.
  10. Hak bisa memiliki peran dalam pembangunan.

Kesepuluh hak anak di atas tercatat dalam catatan Konvensi Hak Anak yang dinaungi pihak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Tahun 1989. Sehingga sangat disarankan menjadi bahan referensi orang tua dalam memberikan hak pada anak.

Contoh hak anak di rumah yang diterapkan ialah memberi makanan minuman bergizi dan bernutrisi setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan. Selain itu juga agar proses tumbuh kembangnya berjalan maksimal. Contoh penerapan lainnya adalah dengan berusaha menyiapkan dan menyediakan akses berlibur bersama.

Pastikan mama memperhatikan kesepuluh hak anak dan usahakan mampu memenuhinya. Bentuk penerapannya bisa beragam, sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan yang sudah pasti akan berbeda-beda di setiap keluarga. Masih banyak orang tua yang mengabaikan, memilih menjalankan kehendak dan aturan sendiri yang sebenarnya melanggar hak umum anak.


Mama memiliki pertanyaan atau ingin curhat mengenai hak anak di rumah atau persoalan parenting lainnya? Mama bisa publikasi langsung secara gratis di Ruang Mama. Silakan mama klik tombol di bawah ini.

Tombol Daftar Sekarang

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
lisa

Mama muda yang hobinya curhat

Leave a Reply