Ide Bisnis untuk Pemula Paling Menguntungkan

Mengembangkan bisnis dan mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut adalah idaman bagi semua orang. Berwirausaha selalu identik dengan jam kerja yang fleksibel dan penghasilan yang lebih banyak dibandingkan kerja kantoran.

Salah satu tantangan dalam berbisnis adalah memulainya. Bagi orang yang belum mempunyai pengalaman berbisnis tentu akan bingung menentukan bisnis apa yang akan dikembangkan. Namun, ada beberapa bisnis untuk pemula yang mudah dikembangkan, bahkan bagi yang belum memiliki pengalaman.

Berikut ide bisnis menurut blog bebasbayar yang bisa Anda jalankan.

15 Ide Bisnis untuk Pemula ini Sangat Menguntungkan

15 Ide Bisnis untuk Pemula ini Sangat Menguntungkan

bisnis les privat

1. Pulsa

Salah satu bisnis yang memiliki prospek cerah adalah bisnis pulsa dan jasa pembayaran tagihan. Berjualan pulsa memang merupakan bisnis yang menjanjikan untuk pemula.

Bisnis ini bisa dilakukan oleh pemula tetapi tetap harus dijalankan dengan konsep yang tepat, jangan sampai menjalankan bisnis tanpa perencanaan yang berdampak pada tidak berkembangnya bisnis tersebut.

Keuntungan dari bisnis ini adalah mudah dijalankan dan permintaan konsumen selalu meningkat. Anda bisa menjalankan bisnis pulsa dari rumah dan tidak perlu menyewa toko. Kemudahan akses menjadi salah satu poin penting yang menentukan keberhasilan bisnis ini.

Nah untuk memulainya, Anda bisa menjual pulsa dengan menggunakan Aplikasi Bebasbayar. Aplikasi ini menawarka harga pulsa yang relatif murah, sehingga Anda bisa meraup keuntungan yang lebih besar tentunya.

Selain pulsa, Anda juga bisa menyediakan voucher paket data, aksesoris handphone, dan layanan pembayaran tagihan. Bahkan jika bisnis Anda semakin berkembang, Anda bisa menambahkan jual beli handphone di toko Anda.

2. Dropshipping

Selain bisnis pulsa, dropshipping juga bisa dikatakan sebagai bisnis yang cocok untuk pemula. Bukan tanpa alasan menyebut dropshipping sebagai bisnis untuk pemula karena modal yang diperlukan dan risiko yang ditanggung sangat rendah.

Sebagai gambaran, saat menjadi dropshipper, Anda hanya diwajibkan untuk memasarkan barang dari produsen. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Saat ada pesanan dari konsumen, Anda hanya bertugas mengirimkan detail konsumen ke produsen dan pengiriman barang akan dilakukan oleh produsen.

Pada umumnya, keuntungan dari bisnis ini bisa didapat melalui sistem komisi. Sistem ini menggambarkan bahwa Anda akan menerima sejumlah uang setiap pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Namun, Anda juga bisa menaikkan harga dari produsen sehingga keuntungan bisa diperoleh melalui selisih harga jual dan harga di tingkat produsen.

3. Katering

Bagi Anda yang tertarik di dunia kuliner, bisnis katering layak untuk dicoba. Bisnis ini bisa dilakukan dengan skala kecil sekitar kurang dari 100 paket makanan setiap harinya. Dengan demikian, Anda sudah bisa mendapatkan untung tetapi juga sambil belajar menjalankan bisnis kecil supaya tidak kewalahan.

Ada berbagai macam jenis makanan yang bisa dijual. Anda dapat menjual beraneka macam kue dan snack yang digunakan untuk keperluan kantor. Bisnis seperti ini umumnya menargetkan mahasiswa dan karyawan kantoran yang membutuhkan snack untuk rapat dan acara.

Selain itu, Anda juga bisa menjual makanan berat baik untuk sarapan maupun makan siang. Makanan untuk sarapan biasanya menargetkan ibu rumah tangga yang mencarikan sarapan untuk anaknya. Sedangkan makan siang biasanya menggunakan karyawan kantoran sebagai target terutama yang tidak punya banyak waktu untuk keluar kantor.

4. Barbershop

Bisnis barbershop bisa dikatakan sudah tidak seramai beberapa tahun yang lalu. Namun, bisnis ini masih tetap menguntungkan karena setiap orang tentu membutuhkan jasa Anda. Barbershop tidak perlu dibangun dengan peralatan yang lengkap, Anda bisa memulainya dengan skala yang kecil.

Peralatan yang diperlukan juga tidak banyak, Anda dapat sesuaikan sendiri dengan layanan yang akan Anda tawarkan. Semakin lengkap layanannya, maka peralatan yang diperlukan juga akan semakin banyak.

Pertimbangan utama ketika memulai bisnis ini adalah lokasi toko. Pilihlah lokasi toko yang menguntungkan dan mudah diakses. Anda bisa mencari lokasi di sekitar kampus atau daerah padat penduduk sehingga orang bisa dengan mudah melihat toko Anda.

5. Jasa Cuci Sepatu

Saat mengembangkan usaha barbershop, Anda juga bisa menyediakan jasa cuci sepatu di toko yang sama. Meskipun terdengar sederhana, tapi bisnis untuk pemula ini cukup menguntungkan.

Hal yang terpenting ketika mengembangkan bisnis cuci sepatu adalah hasil, ketepatan waktu, dan aksesibilitas. Hasil cucian yang wangi dan bersih akan membuat konsumen tertarik menggunakan bisnis Anda. Selain itu, hasil cucian juga harus sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan.

Poin yang terakhir adalah aksesibilitas. Kemudahan akses menjadi perhatian utama. Anda bisa menyediakan jasa antar jemput untuk memudahkan konsumen menggunakan jasa Anda.

6. Coffee Shop

Selain barbershop dan jasa cuci sepatu, salah satu usaha yang sedang digemari adalah coffee shop. Perkembangan bisnis ini semakin meningkat setiap waktunya. Anda tidak memerlukan modal yang banyak untuk mengembangkan bisnis ini.

Anda bisa mencari lokasi toko yang tidak terlalu luas namun nyaman bagi konsumen untuk singgah sementara waktu. Namun, Anda juga harus perhatikan bahwa mayoritas konsumen akan membutuhkan layanan lain yaitu koneksi internet. Oleh karena itu, pastikan Anda menyesuaikan layanan tambahan selain minuman.

7. Online Shop

Sudah bukan hal yang baru lagi bagi seorang pemula untuk memulai bisnis online shop. Banyak kemudahan yang ditawarkan ketika mengembangkan bisnis ini yaitu modal yang tidak terlalu besar. Anda tidak perlu menyewa toko karena semua transaksi bisa dilakukan secara online.

Banyak barang yang bisa dijual di toko online Anda mulai dari kebutuhan sehari-hari, kosmetik, peralatan olahraga, makanan, gadget, hingga keperluan hewan peliharaan. Anda bisa menggunakan platform e-commerce yang telah tersedia supaya konsumen semakin mudah menemukan bisnis Anda.

Untuk menjaga loyalitas konsumen, selain kualitas barang, hal yang perlu Anda perhatikan adalah ketepatan pengiriman dan promosi. Tentu ketika menggunakan online shop, salah satu pertimbangan adalah ongkos kirim. Anda bisa menawarkan gratis ongkos kirim bagi konsumen tertentu untuk menjadikannya sebagai pelanggan.

8. Makeup Artist

Bisnis makeup artist atau MUA merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan dan menantang terutama bagi Anda yang memiliki ketertarikan di dunia makeup. Sebagai permulaan, Anda bisa menggunakan makeup yang sederhana untuk melayani konsumen dengan kebutuhan yang tidak terlalu banyak.

Manfaatkanlah Instagram, Facebook, dan berbagai media sosial lainnya untuk menampilkan hasil karya Anda. Platform media sosial tersebut bisa dikatakan sebagai portofolio hasil kerja yang bisa digunakan sebagai pertimbangan dalam memilih jasa yang Anda tawarkan.

Jasa ini akan sangat laku terlebih pada saat momen wisuda dan hari adat. Hal ini karena banyak konsumen yang perlu untuk tampil dengan makeup dan membutuhkan makeup yang tidak seperti hari biasa.

9. Konveksi

Bisnis konveksi bukan merupakan bisnis yang baru lagi. Bisnis ini sudah sejak lama dikembangkan, tapi Anda tetap bisa mengembangkan bisnis ini dengan mengadaptasikannya supaya sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Anda bisa melayani desain untuk sablon sehingga konsumen tidak harus membuat desain sendiri. Selain itu, beberapa usaha konveksi juga melayani produk lain seperti jual kaos polos hingga seragam organisasi mahasiswa.

Hal utama yang menjadi penilaian konsumen adalah ketepatan produksi, kualitas hasil, dan pelayanan konsumen. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan ketiga poin tersebut karena dapat menentukan perkembangan bisnis Anda.

10. Fotografer

Menjadi fotografer juga bisa dijadikan bisnis, lho! Banyak kursus online yang tersedia untuk memahami teknik dasar fotografi dan editing hasil foto. Anda bisa memulainya dengan menggunggah di laman Instagram pribadi sebagai portofolio.

Setelah Anda merasa yakin dengan kemampuan fotografi, Anda dapat mulai menawarkan jasa fotografi dimulai dari tingkat sederhana seperti menjadi fotografer wisuda. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan pengalaman sekaligus memahami teknik dalam berbisnis.

Bagi Anda yang tertarik tetapi belum memiliki kamera, Anda bisa menyewanya karena saat ini sudah banyak tersedia persewaan kamera. Setelah Anda mendapatkan beberapa proyek, Anda bisa menyisihkan sebagian uang untuk membeli kamera dengan spesifikasi yang mendukung.

11. Les Privat

Bisnis ini juga bisa disebut sebagai bisnis yang cocok untuk pemula karena Anda tidak memerlukan kemampuan bisnis yang mumpuni sebelum memulainya. Modal utama yang diperlukan adalah kesabaran dalam mengajar dan pengetahuan tentang mata pelajaran tersebut.

Jika Anda mempunyai dasar ilmu keguruan, tentu bisnis ini dapat dengan mudah dilakukan. Mendirikan jasa les privat juga bisa dilakukan dari rumah dengan menyediakan beberapa meja dan kursi untuk proses belajar mengajar.

Proses mengajar biasanya dilakukan pada sore sampai malam hari. Oleh karena itu, bisnis ini bisa dilakukan sebagai bisnis sampingan. Dengan demikian, Anda tetap bisa bekerja sambil berbisnis.

12. Ternak Hewan

Memulai bisnis ternak memang terkadang dianggap kurang menguntungkan. Namun, jika Anda menekuni dan bisa memanfaatkan peluang pasar, bisnis ini bisa mendatangkan banyak pendapatan.

Berbagai jenis hewan bisa Anda pilih mulai dari unggas seperti ayam, bebek, entok, atau hewan reptil seperti ular dan gecko. Masing-masing hewan memiliki target pasarnya masing-masing. Misalnya unggas rata-rata untuk konsumsi sedangkan reptil hanya untuk kalangan penggemar.

Sebelum menekuni bisnis ini, Anda sudah harus memiliki kemahiran dalam membudidayakannya. Banyak panduan yang tersedia secara gratis di internet. Selain itu, Anda juga bisa belajar dari para pebisnis yang telah terjun di bisnis ini lebih dahulu.

13. Penerjemah

Jika Anda memiliki kemampuan dalam memahami dan menggunakan bahasa asing, bisnis ini layak untuk dicoba. Ada berbagai tawaran yang tersedia di internet untuk seorang penerjemah. Tidak hanya Bahasa Inggris, tetapi juga bahasa asing lainnya seperti Bahasa Korea, Jepang, Jerman, hingga Rusia.

Agar bisnis Anda memiliki nilai yang lebih, Anda bisa mengambil tes kemahiran dan sumpah bagi penerjemah. Hal ini tentu akan menambah nilai dan menjadikan Anda lebih mudah mendapatkan tawaran proyek.

14. Persewaan Kamera

Kebutuhan akan konten di media sosial menjadikan banyak orang berlomba-lomba menghasilkan foto berkualitas tinggi untuk diunggah di media sosial. Namun terkadang beberapa orang tidak memiliki perangkat yang memadai sehingga mengharuskan mereka menyewa perangkat.

Anda  dapat memanfaatkan hal ini sebagai peluang bisnis. Jika Anda memiliki modal lebih dan mempunyai pengetahuan tentang dunia fotografi, maka bisnis ini tentu sangat cocok bagi Anda.

Banyak cara bisa digunakan untuk mengenalkan bisnis Anda, tetapi paling utama tentu pemanfaatan media sosial. Mayoritas calon konsumen Anda adalah pengguna aktif media sosial sehingga Anda harus menggunakan media sosial semaksimal mungkin untuk memasarkan bisnis ini.

15. Persewaan Alat Outdoor

Sama halnya dengan persewaan kamera, saat ini banyak orang juga semakin tertarik untuk mendaki gunung. Akses menuju puncak yang semakin mudah menjadikan kegiatan mendaki gunung bukan lagi hal yang berat.

Anda bisa menyewakan beberapa alat kegiatan outdoor terutama bagi orang-orang yang tidak mempunyai peralatan pendakian. Produk yang Anda tawarkan tidak hanya untuk mendaki tetapi juga kegiatan lainnya seperti rafting, wall climbing, dan jelajah alam.

Meskipun disebut sebagai bisnis untuk pemula, namun bisnis tersebut terbukti bisa memberikan banyak penghasilan. Berbagai perencanaan dan pertimbangan harus Anda perhatikan sebelum memulainya. Setelah bisnis Anda berjalan, jangan lupa untuk selalu menetapkan target supaya bisnis Anda cepat berkembang.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
Ahid

Life is a first draft... with NO rewrite.

Leave a Reply