Ide Permainan untuk Anak, Seru dan Menyenangkan

Banyaknya kasus obesitas pada anak belakangan ini akibat kurangnya aktivitas fisik dan gaya hidup yang malas-malasan. Selain mencukupi asupan nutrisi, Mama bisa mengajak anak melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga atau permainan sederhana untuk anak agar lebih aktif dan tangkas.

12 Ide Permainan untuk Anak

12 Ide Permainan untuk Anak

Untuk memacu keaktifan pada diri anak, Mama bisa mengajak buah hati melakukan beberapa aktivitas sederhana. Berikut ini 12 ide games untuk anak yang bisa Mama coba bersama anak di rumah untuk melatih keaktifan dan ketangkasan.

  1. Mengajak Anak Mengulang Gerakan Ekstrakurikuler

Mama bisa mengajak anak mengulang gerakan ekstrakurikuler yang diikuti di sekolah. Mama bisa meminta anak mengajari beberapa gerakan seperti karate atau senam, kemudian melakukannya secara bergantian. Agar tidak membosankan, Mama bisa memberi selingan snack dan minuman juga.

  1. Membaca dan Bergerak Cepat

Permainan untuk anak lainnya yang bisa Mama coba adalah membaca dan bergerak cepat. Mama bisa mengajak anak untuk memilih buku bacaan yang mereka sukai, lalu buat permainan merespon kata. Mintalah pada anak untuk memilih kata yang mereka sukai, misalnya kata “rajin”.

Setiap Mama menyebut kata “rajin”, anak bisa meresponnya dengan duduk atau berdiri. Beri penjelasan kepada anak hingga benar-benar paham. Mama bisa memulainya dengan membaca bacaan yang dipilih dan anak merespon kata tersebut dengan berdiri cepat atau duduk.

  1. Freeze Frame

Bagi Mama yang memiliki anak lebih dari satu, Mama bisa mencoba permainan untuk anak yang seru dan mudah, yaitu freeze frame. Cara memainkan freeze frame ini sangat mudah lho, Ma. Mama bisa mengumpulkan beberapa boneka, lalu putar sebuah musik atau lagu kesukaan anak.

Ajak mereka untuk menari bersama. Di tengah tarian, Mama bisa menghentikan musiknya. Ketika musik berhenti, semua orang yang ikut bermain harus diam mematung dan harus kembali menari saat musik dinyalakan kembali. Apabila ada yang menyalahi aturan, harus dihukum dengan menari sendiri.

  1. Terbang dan Tangkap

Cara memainkan permainan ini sangat mudah dan hanya membutuhkan balon. Mama bisa mengajak anak untuk melempar balon ke udara setinggi-tingginya. Lalu, saat balon masih di udara, anak harus melakukan tos atau memegang ujung hidung sebelum balon jatuh ke lantai.

  1. Undian Meniru Hewan

Mama bisa menyiapkan kertas, kemudian menuliskan beberapa nama hewan. Setelah itu, gulung kertas dan masukkan ke dalam wadah. Ajak buah hati Mama untuk mengocok dan mengambil salah satu gulungan kertas.

Peragakan gerakan sesuai nama hewan yang tertulis pada kertas tersebut tanpa mengeluarkan suara. Apabila mereka tidak bisa menebak, ulangi gerakan hingga ada yang bisa menebak hewan apa yang diperagakan tersebut.

  1. Jalan Berwarna

Mama bisa menyiapkan kertas lipat dengan berbagai macam warna yang direkatkan secara acak di atas karpet. Agar tidak mudah bergeser, Mama bisa merekatkannya menggunakan double tape. Setelah kertas selesai ditempel, beri arahan pada anak untuk berjalan di atas warna yang ditentukan.

Mama bisa memberi instruksi dengan berjalan di atas kertas berwarna kuning saja atau merah saja. Supaya tidak membosankan dan lebih menantang, Mama bisa memasang beberapa warna agak berjauhan, sehingga anak harus melompat untuk bisa mencapainya.

  1. Jalan Kepiting

Mama bisa mengajak buah hati menirukan cara berjalan ala kepiting yaitu dengan kaki dan tangan di lantai, serta perut menghadap atas alias kayang. Anak harus berjalan ke titik tertentu sambil menahan dan menjaga keseimbangan perut yang membawa kantung berisi barang yang ringan atau bean bags.

Agar lebih menarik, Mama bisa membuat jalur yang harus dilalui dengan lakban dan menaruh beberapa mainan untuk dipungut dan ditaruh di kotak yang sudah Mama sediakan. Apabila berhasil melakukannya, Mama bisa memberikan reward berupa camilan atau snack, agar anak merasa senang.

  1. Mengumpulkan Snack

Pertama, Mama harus membuat jalur zig zag atau pola tertentu pada lantai menggunakan lakban. Letakkan dua wadah atau mangkuk di ujung dan pangkal garis sebagai garis start dan finish yang harus ditempuh oleh anak.

Siapkan beberapa snack atau camilan yang diletakkan di meja dapur. Minta pada anak untuk mengambil dan mengantar snack dengan melompat atau berjalan sesuai jalur yang sudah dibuat. Pastikan untuk memberi arahan terlebih dahulu, agar anak bisa lebih berhati-hati saat membawa snack.

  1. Voli Balon

Untuk melatih keaktifan pada anak, Mama bisa mengajaknya melakukan permainan voli balon. Mama bisa menyiapkan balon terlebih dahulu. Untuk memulainya, Mama bisa memberikan contoh dengan memukul balon ke atas.

Jelaskan pada anak, jika ia berhasil memukul bola selama 21 kali tanpa terjatuh atau menyentuh lantai, maka ia akan mendapat poin atau skor. Beri mereka reward seperti memberi hadiah kue atau snack jika berhasil melakukannya, agar anak lebih bersemangat.

  1. A B C

Mama bisa mengajak anak untuk menirukan bentuk huruf dengan gerakan tubuh. Permainan ini selain untuk membantu anak mengolah tubuh juga bertujuan untuk mengenalkan huruf pada anak. Mama bisa mengajak anak untuk mengeja namanya atau nama benda yang pendek-pendek terlebih dahulu.

Ketika anak memeragakan huruf yang, Mama bisa mengambil foto untuk ditunjukkan kepada anak. Tunjukkan kepada mereka apakah gerakan yang mereka peragakan sudah mirip dengan huruf yang dimaksud atau belum.

  1. Jalan Balon

Untuk melakukan permainan ini, Mama bisa menyiapkan balon terlebih dahulu. Ajak dua anak untuk melakukan lomba jalan balon dengan cara mengimpit balon dengan paha dan berjalan mengikuti jalur yang telah Mama buat.

Ketika berjalan sambil mengimpit balon, tangan anak harus berada di belakang dan tidak diperbolehkan untuk memegang balon. Jika salah satu memegang balon atau bersikap curang, maka harus mengulang dari garis awal atau start.

  1. Potato Drop

Mama bisa memberikan kentang pada setiap anak untuk diletakkan di stoples yang ada di garis finish. Cara bermainnya adalah dengan membawa kentang menggunakan kedua lutut sambil berjalan menuju tempat di mana stoples diletakkan.

Saat membawa kentang menggunakan lutut, anak tidak diperbolehkan menggunakan tangan untuk menahan atau memegang kentang. Buat jarak antara start ke finish kurang lebih 4,5 meter agar lebih menantang. Bagi anak yang berhasil memasukkan kentang ke dalam stoples akan mendapatkan poin.

Ide games seru untuk anak di atas bisa Mama contoh sebagai sarana melatih keaktifan dan ketangkasan anak. Bagi Mama yang ingin curhat atau berbagi pengalaman, yuk publikasikan tulisan Mama di Ruang Mama bebasbayar dengan klik tombol di bawah ini ya, Ma.

Tombol Daftar Sekarang

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
lisa

Mama muda yang hobinya curhat

Leave a Reply