Ide Usaha Kreatif Rumahan Untuk Menambah Penghasilan

Membuka sebuah usaha rumahan dibutuhkan niat dan mental kuat karena rawan dengan kegagalan. Namun, jika Anda yakin dan tidak pernah putus asa, usaha yang dibangun akan membuahkan kesuksesan. Ada banyak peluang usaha kreatif rumahan yang bisa Anda coba. Simak ulasan berikut!

Contoh Ide Bisnis Kreatif Rumahan yang Menjanjikan

Contoh Ide Bisnis Kreatif Rumahan yang Menjanjikan

1. Jasa MUA

Ketika Anda memiliki bakat di bidang tata rias, Anda bisa menjadikannya sebagai ladang usaha untuk menambah penghasilan. Jasa rias atau yang sekarang lebih dikenal dengan MUA (makeup artist) bisa dilakukan oleh semua kalangan mulai dari mahasiswa hingga ibu rumah tangga.

Anda bisa belajar mengasah kemampuan merias wajah sembari mengumpulkan modal dengan menjadi freelance di jasa MUA yang sudah terkenal. Setelah kemampuan dan modal Anda mencukupi, cobalah untuk membuka jasa MUA sendiri.

Usaha ini bisa dimulai dari menawarkan jasa make up untuk wisuda atau acara karnaval. Setelah itu, Anda bisa meningkatkannya menjadi jasa rias pengantin. Setidaknya jasa MUA ini akan menghasilkan uang minimal 150ribu untuk 1 wajah saja.

2. Jasa Pembuatan Mahar dan Souvenir Pernikahan

Ide usaha rumahan kreatif yang sangat menjanjikan salah satunya adalah jasa pembuatan souvenir dan mahar pernikahan. Jenis usaha ini bisa Anda kerjakan di rumah baik dilakukan sendiri maupun dengan bantuan orang lain.

Mengapa sangat menjanjikan? Misalnya saja Anda membuat sebuah mahar pernikahan. Modal yang dibutuhkan untuk perlengkapannya minimal 200ribu dan ketika dijual bisa mencapai 400 hingga 800 ribu. Perbedaan harga tergantung dari kesulitan dan kerumitan desain yang diminta konsumen.

Sedangkan jika Anda membuat souvenir, setidaknya para calon pengantin akan memesan produk minimal 50 pcs. setiap produk memiliki harga yang bervariasi mulai dari 1000 rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Harga jual souvenir bisa mencapai 10x lipat karena pengemasan yang lebih cantik.

3. Jasa Henna Art

Usaha kreatif rumahan lainnya adalah jasa henna art. Bisnis rumahan ini sejalan dengan jasa MUA karena banyak dibutuhkan ketika memasuki musim pernikahan. Henna art merupakan seni hias tangan dan kaki yang biasanya digunakan para wanita India.

Di India sendiri henna art lebih dikenal dengan sebutan Mehndi. Henna art tidak hanya digunakan saat upacara pernikahan saja melainkan untuk acara lain seperti karnaval dan perayaan hari besar. Tinta yang digunakan untuk henna bisa berwarna merah, hitam bahkan putih.

Jasa Henna art dianggap sangat menjanjikan karena untuk 1x menggambar saja, Anda harus membayar sebesar Rp 50.000,- hingga jutaan rupiah. Harga yang mahal disebabkan pola gambar yang rumit dan hanya bisa dibuat oleh henna art professional.

4. Jasa Dekorasi

Saat ini, setiap acara seperti 7 bulanan, lamaran hingga pernikahan membutuhkan background dekorasi yang cantik dan berkonsep. Seiring semakin berkembangnya budaya ini, Anda bisa menawarkan jasa kreatif dekorasi untuk berbagai acara.

Konsep tahun 2020 yang sedang trend adalah bertema rustic. Tema ini sangat simpel dan elegan karena hanya memadukan warna putih, coklat, hitam dan hijau. Tema rustic menonjolkan rangkaian bunga dan daun kering untuk menampilkan pesona objeknya.

Harga untuk jasa dekorasi ini mulai dari 500 ribu hingga jutaan rupiah. Cara promosi usaha Anda bisa dilakukan secara online melalui berbagai media sosial. Selain itu, tawarkan promo khusus agar konsumen lebih tertarik untuk memakai jasa Anda.

5. Jasa Penulis Artikel

Ide usaha kreatif yang bisa Anda lakukan dirumah tanpa bersusah payah adalah jasa penulis artikel. Usaha ini cukup dilakukan secara daring, namun dibutuhkan rasa saling percaya antara penyedia jasa dan konsumen.

Untuk memulai usaha ini, pastikan Anda memiliki pengetahuan dasar mengenai dunia kepenulisan. Selanjutnya gunakan website dengan informasi lengkap beserta testimoninya untuk memberikan kepercayaan kualitas jasa Anda.

Penghasilan dari jasa penulis artikel mungkin tidak sebesar usaha kreatif lainnya, namun jika dilakukan dengan tekun, Anda bisa mendapatkan omset dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah setiap bulannya.

Baca juga: Usaha online rumahan paling mudah untuk dijalankan

6. Membuka Online Shop

Membuka online shop termasuk salah satu ide usaha rumahan kreatif dan inovatif karena Anda harus menuangkan ide baru setiap harinya. Meskipun Anda menjual produk yang sama, namun setidaknya tampilan promosi yang disuguhkan harus menarik dan berbeda setiap harinya.

Produk yang bisa Anda jual melalui online shop misalnya baju, sepatu, barang bekas, handphone, aksesoris, kebutuhan pokok dan sebagainya. Untuk menunjang kelancaran usaha Anda diperlukan kemampuan marketing yang baik.

Anda harus memiliki akun bisnis di setiap media sosial mulai dari instagram, facebook hingga platform e-commerce. Berikan pilihan metode pembayaran yang beragam dan gunakan ekspedisi pengiriman terpercaya agar konsumen melakukan re-order.

Ada banyak ide usaha kreatif rumahan yang menjanjikan dan tentunya menambah penghasilan. walaupun Anda hanya bekerja di rumah. Aneka usaha yang telah disebutkan pada contoh diatas akan berkembang hingga sukses jika Anda selalu fokus dan melakukan yang terbaik.

About Author

Ahmad Mujtahidin
Ahmad Mujtahidin

Ramah, penyabar dan baik hati.

Leave a Reply