Kapan dan Usia Berapa Bayi Bisa Mulai Mendengar?

Mengandung dan melahirkan untuk pertama kali sering membuat para mama bertanya-tanya tentang banyak hal. Salah satunya mengenai kapan bayi bisa mendengar dan kapan ia mulai bisa merespon suara-suara di sekitarnya. Pada dasarnya, indera pendengaran bayi telah terbentuk sejak ia masih berupa janin lho, Mam.

Kapan bayi bisa mendengar? Menurut dokter kandungan, bayi mulai bisa mendengar sejak ia berusia di dalam perut. Indera pendengaran bayi mulai terbentuk perlahan. Ini lah yang menjadi alasan mengapa dokter dan ahli kesehatan menyarankan para orang tua untuk sering mengajak ngobrol ia walau masih di dalam perut.

Usia Umur Berapa Bayi Bisa Mendengar

Usia Umur Berapa Bayi Bisa Mendengar

Bayi dalam kondisi normal sudah mampu mendengar suara hampir sempurna ketika dia dilahirkan. Lalu kapan bayi bisa mendengar atau mulai bisa mendengar suara-suara? Saat ia masih berbentuk janin dalam perut di minggu ke 8. Mulai minggu ke 8 itu lah pendengarannya sedikit demi sedikit terbentuk dan berkembang.

Proses pembentukan sampai kandungan berusia sekitar 6 bulan. Oleh karena itu, mama boleh memperdengarkan sang buah hati musik klasik saat ia masih di dalam perut. Selain itu sering juga dokter menyarankan agar wanita hamil tidak sering berada di tempat yang terlalu bising.

Pilihlah musik-musik klasik untuk diperdengarkan oleh bayi untuk meningkatkan saraf motoriknya sejak dini. Atau pun perdengarkan suara-suara yang memang mendatangkan kebaikan baginya. Satu tahun pertama semenjak ia dilahirkan menjadi waktu untuk penyempurnaan dan penajaman indera pendengarannya.

Maka di satu tahun awal itu pula akan menggambarkan kemampuan ia merespon, belajar mengenali suara, dan bagaimana ia memahami apa yang ia dengar melalui telinganya. Jadi mama bisa memanfaatkan masa satu tahun tersebut untuk melatih kemampuan anak secara maksimal karena akan mempengaruhi kemampuan berbahasa dan bicara untuk ke depannya.

Waktu kapan bayi bisa mendengar ini juga berhubungan dengan kondisi normal atau adanya gangguan pada indera pendengarannya. Ada bayi yang terlahir dengan gangguan pendengaran bawaan, ada pula yang terlahir normal tetapi seiring bertambah usia mengalami gangguan pendengaran.


Jika mama ingin curhat atau memiliki pertanyaan, mama bisa menulis dan publikasi di Ruang Mama, gratis tanpa biaya. Klik tombol di bawah ini ya, Mam.

Tombol Daftar Sekarang

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
lisa

Mama muda yang hobinya curhat

Leave a Reply