Kenapa Free Fire Burik? Ini Jawaban dan Alasannya

Dalam beberapa tahun terakhir ada perdebatan mengenai penyebab kenapa free fire burik. Tidak hanya disebut sebagai game burik saja, karena biasanya Free Fire juga dilabeli sebagai games dengan kualitas 8-bit.

Guyonan game burik ini sendiri biasanya dilontarkan oleh para user game battle royal lain, seperti PUBG Mobile atau Call Of Duty.  Namun, sudah tahukah kamu mengenai mengapa Free Fire disebut sebagai game burik atau games 8-bit? Nah, berikut ulasan lengkapnya:

Apakah Free Fire Game Burik?

 Sebelum menjawab kenapa Free Fire burik tentu harus didefinisikan terlebih dahulu apa itu game burik. Sehingga pada akhirnya, kamu bisa menyimpulkan secara akurat apakah Free Fire merupakan game burik.

Game burik atau 8-bit adalah sebuah istilah yang mengacu kepada game generasi ketiga seperti Nintendo, Gameboy, dan Sega. Tiga jenis konsol ini umumnya telah rilis pada tahun 1980-an hingga pertengahan 1990-an.

Kualitas dari ketiga konsol ini memang grafisnya masih sangat dibawah standar, bahkan terkadang terlihat ada beberapa bintik putih. Objek game ini sendiri kebanyakan masih 2 dimensi sehingga tidak seperti game yang sering kamu lihat pada saat ini.

Nah, jika ditinjau secara grafis memang Free Fire dikategorikan sebagai game burik atau 8-bit. Namun, ungkapan ini benar dalam konteks jika dibandingkan dengan game yang ada saat ini, ya. Keseluruhan Free Fire tentu lebih baik dari Nintendo, Sega, dan Gameboy.

Meskipun demikian, kamu tidak perlu berkecil hati karena Free Fire juga memiliki sederet kelebihan. Salah satunya menurut beberapa situs tech kenamaan, Free Fire diakui dunia turut berperan besar dalam populernya game eSports di dunia, lho!

Faktor Penyebab Kenapa Free Fire Burik

Garena Free Fire adalah game battle royale yang dikembangkan oleh developer game Vietnam 111dots Studio. Pengujian game ini dimulai pada September 2017. Free Fire versi Beta dirilis pada 20 November 2018, diikuti dengan rilisnya pada 4 Desember 2018.

Namun, hingga saat ini Free Fire masih kerap menjadi bahan guyonan para pengguna game lain yang serupa. Hal ini tidak lepas dari sentimen negatif dari user games lain, seperti PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile terhadap Free Fire. Berikut faktor penyebab Free Fire disebut game burik:

1. Game Hanya Membutuhkan Low End Smartphone atau HP Kentang

 Free Fire berbeda dengan genre game yang lain, karena memang merupakan permainan yang secara khusus untuk low end smartphone. Sebagai ilustrasi kamu hanya butuh menyediakan budget sekitar 500 ribu hingga 1 juta rupiah, untuk mendapatkan smartphone guna bermain Free Fire.

Bagi Garena, tentu sangat penting untuk dapat menjangkau seluruh pemain Free Fire yang ada di seluruh dunia. Caranya adalah dengan meminimalkan syarat minimum smartphone yang bisa digunakan untuk bermain Free Fire.

Free Fire hanya membutuhkan Android 4.1 atau lebih versi yang lebih tinggi, sementara bagi pengguna iOS membutuhkan versi iOS 8.0 atau lebih tinggi. Begitu juga dalam ukuran aplikasi Free Fire hanya mensyaratkan penggunanya untuk memiliki space kosong sebesar 800 MB.

 2. Grafis Sangat Standar untuk Kategori Game Battle Royale

Kualitas grafis game tentu sejalan dengan spesifikasi smartphone yang digunakan dan hal ini juga tentu berlaku untuk game Free Fire. Garena selaku pengembang Free Fire memang mendesain game ini untuk pengguna smartphone low end atau HP spesifikasi rendah.

Efek dari kebijakan Garena ini tentu membuat Free Fire dapat dimainkan oleh banyak orang tanpa harus terhalang kendala spesifikasi. Namun untuk kualitas grafis, memang Free Fire harus diakui merupakan game yang dibawah standar.

Khusus untuk masalah grafis ini, tidak dipengaruhi oleh smartphone. ya. Hal ini karena meskipun kamu menggunakan high end smartphone, kualitas grafis dalam permainan akan tetap maksimal pada angka 60fps hingga terkadang menjadi buram.

 3. Game Free Fire Tidak Memiliki Pintu

 Faktor ketiga yang membuat Free Fire disebut dengan game burik ini cukup unik karena pada gameplay permainan ini tidak memiliki pintu. Kamu bisa membandingkan dengan tampilan gameplay lain seperti PUBG atau Call of Duty, yang dari kedua game tersebut tidak memiliki pintu.

Sebenarnya dalam game Free Fire keberadaan pintu tetap ada, namun hanya sebagai template saja Sehingga tidak bisa ditutup atau dibuka seperti game yang lain. Jadi, objek properti yang ada dalam Free Fire tidak memiliki sebuah pintu.

Keberadaan pintu ini sendiri juga tentu penting, kamu yang sudah terbiasa bermain genre battle royal pasti akan menyadari hal ini. Pintu juga bagian dari strategi setelah memetakan lapangan. Sayangnya, pintu dalam game juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit bagi pengembang permainan.

4. Disebut Sebagai Game Khusus Anak Kecil

 Faktor yang terakhir ini menjadi penyebab sering terjadinya gesekan antara pemain Free Fire dan PUBG Online. Free Fire kerap disebut sebagai game spesialis atau khusus dimainkan oleh anak kecil oleh para user PUBG.

Faktanya tidak semua user Free Fire adalah anak kecil karena banyak juga para remaja yang menggemari game keluaran Garena ini. Salah satu buktinya kamu bisa melihat apabila sedang ada kompetisi Free Fire, tidak didominasi oleh anak kecil, bukan?

Sebenarnya anggapan jika Free Fire adalah game anak kecil tidak perlu kamu hiraukan. Hal yang paling penting jika kamu bisa membuktikan jika Free Fire bisa menjadi wadah atau jalur bagi generasi muda untuk berprestasi. Seperti menjadi Pro Player contohnya, keren, kan?

Baca Juga:
Cara isi diamond Free Fire Murah
Game Free Fire Haram? Ini Jawabannya

Kelebihan Game Free Fire

Kurang adil rasanya setelah membahas kenapa free fire burik secara lengkap tanpa menjelaskan kelebihan dari game ini. Hal tersebut karena pada dasarnya Free Fire juga memiliki banyak kelebihan, sehingga jika kamu termasuk pemain Free Fire tetaplah berbangga hati!

1. Peraih Award Esports Awards dan Meraih Gelar Pocket Games 2021

Setahun belakangan Free Fire sukses memanen berbagai penghargaan. Pertama pada tahun 2020 Free Fire sukses menyabet gelar Esports Awards 2020. Tidak berhenti di situ saja, gelar Pocket Games 2021 menjadi yang kedua bagi Free Fire hanya dalam kurun waktu 1 tahun.

Penghargaan ini tentu bukan sembarangan karena Free Fire harus bersaing dengan berbagai macam game populer yang lain. Sebut saja seperti PUBG, Mobile Legend Bang Bang, dan masih banyak lagi game-game yang lain.

2. Jumlah Karakter atau Hero Sangat Banyak

 Free Fire memiliki jumlah karakter hero yang sangat banyak, meskipun banyak yang mengatakan sebagai game burik. Hingga saat ini total karakter dari permainan Free Fire nyaris mencapai 40 karakter.

Setiap karakter memiliki skill spesial masing-masing, namun tetap saja 80% hasil dari permainan akan ditentukan lewat skill yang kamu miliki. Jadi, tetap terus berlatih hingga menjadi pro player, ya!

 Kamu sudah tahu penyebab kenapa Free Fire burik?  Akan tetapi, meskipun demikian kamu tidak perlu berkecil hati karena pada dasarnya setiap game memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apalagi Free Fire juga sudah meluncurkan Free Fire Max yang wajib kamu coba.

About Author

Ahmad Mujtahidin

Ramah, penyabar dan baik hati.

Leave a Reply