Kerja Sampingan Ibu Rumah Tangga ini Menjanjikan

Seorang ibu rumah tangga pasti sangat sibuk dengan semua pekerjaan rumah, mengurus anak dan suaminya, bahkan ada beberapa yang masih mengambil kerjaan. Kerja sampingan ibu rumah tangga mungkin terlihat sepele, tetapi bisa menghasilkan uang yang cukup lumayan jika dikelola dengan benar.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Penambah Pundi-Pundi Uang

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Penambah Pundi-Pundi Uang

1. Makelar Properti

Salah satu usaha tanpa modal bisa dilakukan ibu rumah tangga yaitu makelar properti. Bisnis ini bisa dikerjakan hanya bermodalkan hp. Anda hanya perlu memasarkan aset-aset properti seperti rumah melalui website atau media sosial.

Usaha ini pasti tetap laku di pasaran karena harga properti tidak akan mengalami penurunan, justru semakin hari akan terus mengalami kenaikan harga. Royalti yang Anda terima saat properti laku terjual adalah 3%-5%.

2. Agen Asuransi

Ada banyak pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang tambahan, misalnya menjadi agen asuransi. Anda bisa bergabung menjadi agen asuransi baik yang berbasis konvensional maupun syariah.

Produk ini sebaiknya Anda pasarkan ke konsumen yang tepat seperti para ibu rumah tangga lain dengan kondisi ekonomi menengah. Besarnya gaji yang Anda peroleh berdasarkan seberapa banyak peserta asuransi yang bisa Anda rekrut.

3. Usaha Fotokopi

Usaha fotokopi bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda sebagai ibu rumah tangga. Jika membuka usaha rumahan semacam ini, pastikan lokasi tempat tinggal Anda tidak jauh dari sekolah, kampus atau gedung perkantoran.

Kerja sampingan ibu rumah tangga jenis ini bisa dimulai dengan modal ringan. Anda cukup membeli mesin fotokopi (bisa baru/bekas) dan stok kertas. Setelah bisnis rumahan ini bisa berkembang, Anda bisa menambahkan produk jualan berupa berbagai macam alat tulis.

4. Bisnis Perhiasan

Bisnis perhiasan bisa dijalankan oleh siapa saja termasuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. Anda hanya membutuhkan jaringan pertemanan yang luas agar promosi produk lebih mudah dan cepat laku. Namun, tidak menutup kemungkinan, bisnis ini dijalankan oleh para pemula.

Anda disarankan untuk mengiklankan produk tidak hanya dari mulut ke mulut, tetapi juga melalui media sosial. Anda cukup memiliki akun bisnis dan mempostingnya setiap hari. Jika perlu, Anda bisa meng-endorse teman yang cukup populer untuk memperbanyak minat pembeli.

5. Membuka Toko Kebutuhan Pokok

Contoh kerja sampingan ibu rumah tangga yang sering ditemui di desa adalah membuka toko kebutuhan pokok. Usaha ini cukup menjanjikan dan bisa meraup untung besar jika Anda mengelolanya dengan baik.

Omset paling rendah yang bisa Anda dapatkan dari usaha ini sekitar 5 juta rupiah per bulannya. Semakin besar dan lengkap toko Anda, maka para konsumen akan tertarik untuk membeli dan dipastikan omset semakin meningkat hingga 10 bahkan 100 kali lipat.

6. Penulis artikel

Kerja sampingan ibu rumah tangga yang bisa menghasilkan uang tambahan lumayan adalah sebagai penulis artikel. Anda bisa bekerja freelance di sebuah perusahaan maupun atas nama sendiri melalui bisnis blog.

Penghasilan penulis artikel dihitung dari banyaknya jumlah artikel yang bisa ditulis. Harga setiap artikel tentu berbeda antara tulisan saja, disertakan foto dan video. Setiap bulannya, Anda bisa mendapatkan gaji 500 ribu hingga jutaan rupiah.

7. Agen pembayaran (online)

Salah satu usaha modal kecil untung besar yang bisa dilakukan para ibu rumah tangga adalah menjadi agen pembayaran online. Dengan membuka usaha ini, Anda akan memudahkan tetangga sekitar untuk melakukan segala macam tagihan pembayaran.

Anda berperan sebagai penyalur jasa. Keuntungan didapatkan dari komisi sebesar 2% hingga 5%. Keuntungan ini bisa berupa uang atau bonus.

8. Bisnis hijab

Trend fashion hijab mulai berkembang dan terus meningkat sejak 2015 silam. Indonesia menjadi ladang emas untuk bisnis fashion hijab karena mayoritas masyarakatnya beragama muslim.para generasi milenialnya juga banyak yang memakai hijab di keseharian.

Jika tujuan pasar Anda adalah kalangan anak muda, Anda harus membuat produk yang sekiranya disukai mereka. Tahun 2020 ini, jenis hijab yang paling laku adalah model lasercut printing atau pashmina.

9. Usaha tanaman hias

Para ibu rumah tangga sering kali mengisi waktu kosongnya untuk berkebun dan mengoleksi tanaman hias. Hobi Anda ini sebenarnya bisa dijadikan usaha sampingan yang menjanjikan. Keuntungan yang didapatkan juga bisa menambah uang bulanan Anda.

Sebelum memulai bisnis tanaman hias, simaklah minat target pembeli Anda misalnya jenis tanaman yang banyak dicari atau perlengkapan apa yang dibutuhkan. Setelah itu, berikan edukasi terlebih dahulu mengenai tanaman hias. Selanjutnya, bisa dimulai mempromosikan jualan Anda.

Baca juga: Kerja sampingan untuk mahasiswa

10. Bisnis kosmetik

Jika Anda suka berdandan atau merawat tubuh, Anda bisa mengubah kebiasaan ini menjadi pekerjaan sampingan. Lalu apa yang dijual? Untuk bidang rias, Anda bisa menjadi seorang MUA dan menerima job rias yang berskala mudah, misalnya make up karnaval atau wisuda.

Sedangkan untuk menyalurkan hobi perawatan tubuh, Anda bisa menjual produk kosmetik yang biasa digunakan. Untuk memulainya, cukup pasarkan ke teman terdekat atau ibu-ibu tetangga rumah.

11. Bisnis bumbu dapur

Peluang kerja sampingan ibu rumah tangga yang menjadi referensi terakhir adalah berjualan bumbu dapur kemasan. Bisnis ini sangat relevan dengan kehidupan ibu rumah tangga yang sering berkutat di dapur untuk memasak.

Saat ini, para ibu sangat menyukai bumbu dapur kemasan yang organik. Anda bisa menjualnya melalui e-commerce atau media sosial. Agar konsumen lebih berminat membeli, buatlah kemasan yang menarik dan range harganya terjangkau di kantong.

Kerja sampingan yang dilakukan para ibu rumah tangga bisa bermacam-macam mulai dari makelar properti hingga berjualan bumbu dapur organik. Meskipun usaha Anda nanti sukses, pastikan untuk tetap menempatkan keluarga sebagai perhatian nomor satu, terutama anak dan suami.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
Ahid

Ramah, penyabar dan baik hati.

Leave a Reply