Rekomendasi Menjanjikan Kerja Sampingan untuk Mahasiswa

Ketika berkuliah, Anda pasti sudah memiliki jatah uang dari orang tua. Kadangkala, Anda juga ingin membeli sesuatu tetapi uangnya kurang. Hal ini bisa diatasi jika Anda memiliki pekerjaan sampingan. Kerja sampingan untuk mahasiswa sangatlah beragam. Berikut yang paling sering dilakukan!

6 Rekomendasi Pekerjaan Sampingan Bagi Mahasiswa

6 Rekomendasi Pekerjaan Sampingan Bagi Mahasiswa

1. Jasa pengetikan

Jenis pekerjaan sampingan yang paling sering dipilih oleh mahasiswa adalah membuka jasa pengetikan. Anda bisa menawarkan jasa ketik ke teman-teman sekelas atau lain jurusan. Untuk menambah konsumen, Anda juga bisa mempromosikannya melalui sosial media.

Jasa ketik mampu menghasilkan pundi-pundi uang yang lumayan. Besarnya tarif ditentukan dari banyaknya halaman yang diketik, biasanya Rp 5.000,-/halaman. Tarif tersebut masih bisa berubah jika klien meminta dicarikan sumbernya sekaligus.

2. Jualan makanan

Kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa dengan modal kecil salah satunya yaitu berjualan makanan. Anda bisa mengambil makanan dari penjual di pasar, kemudian tawarkan kembali ke teman-teman kuliah.

Jenis makanan yang bisa dijual seperti gorengan, aneka kue, air mineral, pudding, susu sari kedelai dan sebagainya. Jangan lupa untuk mengambil keuntungan, misalnya 30% hingga 70% dari hari kulakan.

3. Freelancer

Bekerja paruh waktu sangat diminati para mahasiswa karena tidak akan mengganggu jam perkuliahan. Terdapat banyak pilihan pekerjaan paruh waktu, misalnya:

  • Penulis artikel

Baik Anda mahasiswa bahasa atau bukan, asal memiliki pengetahuan dasar kepenulisan, EYD dan SEO, Anda bisa mengambil pekerjaan sampingan sebagai penulis artikel.

Pekerjaan ini hanya membutuhkan laptop dan ide kreatif Anda. Uang yang bisa dihasilkan dari pekerjaan ini mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

  • Kru EO

Lowongan kerja sampingan yang sering ditawarkan untuk mahasiswa adalah menjadi kru EO. Tugas Anda adalah menyiapkan semua keperluan yang dibutuhkan dalam sebuah acara. Meskipun melelahkan, namun gaji per harinya bisa mencapai 100 hingga 200 ribu.

  • Jaga stand di mall

Kerja paruh waktu yang bisa dilakukan sambil cuci mata adalah jaga stand di mall. Biasanya stand-stand ini ada di lantai bawah mall dengan beragam jenis produk yang dijual. Anda bisa saja ditempatkan di stand baju, kosmetik atau makanan.

Upah yang diterima kerja sampingan jaga stand dihitung per hari sejumlah 75 ribu hingga 150 ribu rupiah. Bayangkan saja, Anda berjaga selama seminggu. Sudah dapat uang jajan tambahan berapa?

4. Penerjemah bahasa

Pekerjaan sampingan sebagai penerjemah bahasa juga bisa menjadi pilihan Anda di kala membutuhkan uang tambahan. Jenis pekerjaan ini bisa part time maupun full time. Gaji seorang alih bahasa mulai dari 1 juta rupiah setiap bulannya.

Baca juga: Ini Daftar Kerja sampingan yang bisa dilakukan secara online

5. Jualan buket

Momen wisuda adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa. Biasanya para kerabat dan teman terdekat akan membawa kado atau buket sebagai hadiah wisudawan. Jualan buket, bisa dijadikan sebagai pilihan kerja sampingan untuk mahasiswa dengan untung menggiurkan.

Anda bisa menawarkan aneka jenis buket mulai dari buket snack, bunga, jilbab, boneka atau sesuai request customer. Gunakan variasi bahan background sehingga tampilan produk buket Anda lebih cantik dan unik. Jangan lupa untuk mempromosikannya di sosial media.

6. Les privat

Salah satu bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal yang bisa Anda lakukan adalah membuka jasa les privat. Kerja sampingan ini bisa dilakukan di rumah Anda atau datang langsung ke rumah konsumen.

Jasa les privat yang Anda tawarkan bisa dari jenjang SD hingga SLTA. Selain itu, Anda bisa menawarkan les privat untuk semua mata pelajaran atau tertentu saja. Tarif les privat biasanya mulai dari 30 ribu hingga 50 ribu per jam.

Menambah pundi rupiah di dompet bisa dilakukan dengan kerja sampingan. Jenis  kerja sampingan untuk mahasiswa mulai dari sangatlah beragam. Bahkan, Anda bisa memulainya tanpa uang sepeserpun. Beranikah Anda mencobanya?

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
Ahid

Ramah, penyabar dan baik hati.

Leave a Reply