5 Manfaat Kacang Merah untuk Bayi

Mengonsumsi kacang-kacangan banyak disarankan oleh parah dokter dan ahli gizi, khususnya untuk ibu hamil dan bayi. Satu jenis kacang-kacangan ialah kacang merah. Terdapat berbagai manfaat kacang merah untuk bayi yang sangat baik bagi tumbuh kembangnya.

Mama bisa mendapat manfaat-manfaat tersebut dengan mengolah kacang secara tepat. Kemudian dijadikan salah satu menu makanan sehari-hari bagi si buah hati. Mulai dari MPASI, hingga menu makanan yang berbentuk lebih padat lagi.

Manfaat Konsumsi Kacang Merah Bagi Tumbuh Kembang Bayi

Manfaat Konsumsi Kacang Merah Bagi Tumbuh Kembang Bayi

  1. Membantu Pertumbuhan Tulang

Manfaat kacang merah untuk bayi yang pertama ialah dalam hal proses pertumbuhan tulang. Kacang merah mengandung kalsium cukup tinggi. Dalam 100 gr kacang merah yang diolah dengan cara tepat, terdapat kurang lebih 260 mg kalsium.

Mama bisa mengolah kacang dengan mencampurkannya bersama daging merah, serta sayuran seperti wortel. Kemudian dihancurkan dan dimasak sebagai menu MPASI untuk bayi.

  1. Menghindari Resiko Bayi Cacat

Jenis kacang ini juga memberi manfaat dalam hal menghindari terjadinya cacat pada bayi. Karena itu ibu hamil disarankan mengonsumsi kacang merah utuh atau olahan secara rutin. Menghindari terjadinya cacat ini dibantu dengan adanya kandungan asam folat di dalam kacang.

Asam folat sendiri menjadi satu kandungan yang sering diandalkan dalam mencegah terjadinya kasus cacat bawaan pada bayi yang difaktori oleh kelainan pertumbuhan susunan saraf.

  1. Mendukung Proses Perkembangan Otak

Berikutnya ada kandungan omega 3 di dalam kacang merah yang mendukung perkembangan otak bayi sejak dalam kandungan. Selain perkembangan otak, omega 3 berperan dalam meningkatkan kerja organ mata bayi.

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Kedua kandungan di atas yaitu asam folat dan omega 3 bekerja sama sebagai zat yang mampu meningkatkan kecerdasan. Manfaat kacang merah untuk bayi ini berlaku juga bagi anak-anak dan orang dewasa. Seperti anak di usia sekolah.

Sehingga menyajikan kacang merah sebagai menu makanan sehari-hari untuk anak pun dianjurkan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Kandungan omega 3 pun memberi manfaat dalam hal meningkatkan kesehatan mental pada bayi dan anak-anak. Tingkat kesehatan mental sangat penting diperhatikan sejak ia masih dalam kandungan. Terdapat dua jenis asam yang memegang tugas di dalam omega 3 yaitu DHA dan EPA.

Memang tidak semua bayi atau anak-anak suka dengan sajian kacang merah. Tetapi ada banyak cara mengolah kacang ini agar cita rasanya lebih terasa lezat bagi lidah bayi atau anak-anak. Cara mengolah terbaik tentu dengan merubus atau steam untuk menghindari hilangnnya kandungan-kandungan baik tersebut.

Mama ingin curhat ataupun cerita mengenai pengalaman mama seputar parenting? Mama bisa tulis dan publikasi di Ruang Mama tanpa biaya. Klik tombol di bawah ini ya, Mam.

Tombol Daftar Sekarang

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
lisa

Mama muda yang hobinya curhat

Leave a Reply