7 Manfaat Penting Asuransi Kesehatan

 

BebasBayar – Semakin sibuk dan padatnya kegiatan manusia di zaman sekarang, seringkali kita semua lupa betapa pentingnya asuransi kesehatan bagi diri kita. Tentunya setiap pekerjaan, bisnis, kegiatan pribadi maupun kegiatan bersama keluarga Anda memerlukan kesehatan diri yang baik, benar?

Namun apa jadinya jika sobat BebasBayar jatuh sakit? Tentunya akan menyulitkan Anda berkegiatan seperti biasanya.

Oleh karena itu, sobat BebasBayar sepertihalnya semua orang lain membutuhkan adanya asuransi yang dapat meng-cover kesehatan Anda, yakni asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang memiliki manfaat penggantian biaya kesehatan jika pemegang polis (tertanggung) memerlukan penanganan dan keperluan medis lainnya, entah karena sakit ataupun kecelakaan. Hal seperti ini tentu diperlukan oleh sobat BebasBayar jika Anda adalah seorang pekerja. Salah satu contoh asuransi kesehatan paling umum di Indonesia adalah BPJS Kesehatan.

 

Secara umum terdapat beberapa alasan utama mengapa pekerja butuh asuransi kesehatan, yakni:

  • Tidak perlu khawatir atau memusingkan biaya rumah sakit kerika tiba-tiba kondisi kesehatan menurun, sakit, kecelakaan atau kondisi darurat medis lainnya;
  • Adanyaperlindungan (finansial) ketika Anda perlu diperiksa, dirawat atau memerlukan pengobatan -jadi tidak perlu repot mencari pinjaman dana untuk kebutuhan medis;
  • Setidaknyadapat mengurangi biaya kebutuhan medis ketika Anda tidak dapat menanggung (meng-cover) penuh biaya kebutuhan medis tersebut;
  • Ketika sudah memiliki asuransi, tentu akan memberikan ketenangan dan rasa aman; dan

 

Asuransi kesehatan memiliki beragam manfaat yang sudah sebaiknya sobat BebasBayar tahu, antara lain:

  1. Jaminan kesehatan jika tertanggung (Anda) perlu perawatan medis, mulai dari biaya berobat, biaya rawat inap atau rawat jalan tanpa khawatir mengeluarkan biaya sendiri
  2. Asuransi kesehatan memiliki perlindungan kesehatan yang lebih spesifik daripada asuransi jiwa, sehingga sobat BebasBayartidak khawatir kehabisan atau kekurangan uang ketika memenuhi kebutuhan medis
  3. Karena jaminan yang ditanggung bisa beragam menurut skema (asuransi) yang Anda beli, asuransi kesehatan bisa menjamin hampir seluruh keperluan medis Andaseperti rawat inap, rawat jalan, perawatan penyakit kritis, perawatan gigi, cek laboratorium, obat serta
  4. Asuransi kesehatan juga merupakan investasiyang jika tidak digunakan dapat dikembalikan berdasarkan premi yang telah dibayarkan, tentunya sesuai dengan perjanjian serta syarat dan ketentuan yang berlaku.
  5. Untuk seorang pekerja yang sudah berkeluarga, asuransi kesehatan keluarga memiliki premi per orang yang lebih murahketimbang asuransi kesehatan pribadi sehingga sangat membantu pembayaran premi.
  6. Selanjutnya, ketika sobat BebasBayarsedang berobat, tidak perlu membayar tunai atau dengan kartu kredit karena cukup menunjukkan kartu asuransi kesehatan kepada administrator di rumah sakit tersebut.
  7. Terakhir, jika terjadi kecelakaan kerja, asuransi kesehatan dari perusahaan akan sangat bermanfaat, karena perusahaan lah yang membayar premi asuransi tersebut-asuransi demikian yang paling umum di Indonesia yakni BPJS Ketenagakerjaan.

Perlu sobat BebasBayar ketahui, bahwa terdapat beberapa kriteria asuransi kesehatan yang baik yang perlu dipertimbangkan, antara lain:

  • Perusahaan asuransi yang pasti terpercaya
  • Pembayaran Cashless atau non-tunai
  • Jaringan rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang luas
  • Premi asuransi yang sesuai dengan kebutuhan
  • Memiliki manfaat rawat inap
  • Tanpa batasan (limit) per perawatan
  • Terdapat pembayaran auto debet jika dirasa perlu (untuk menghindari keterlambatan pembayaran premi atau tagihan bulanan)
  • Masa tunggu penyakit
  • Terakhir, sebaiknya hindari asuransi kesehatan yang ditawarkan via telemarketing

Dan dari sekian banyak kriteria asuransi kesehatan yang baik seperti di atas, BPJS Kesehatan sudah memenuhi hampir seluruh kriteria tersebut. Namun BPJS Kesehatan memiliki beberapa kelebihan yang jelas, yakni:

Terjangkau, yang berarti BPJS Kesehatan memiliki premi (disebut iuran) yang tergolong paling terjangkau alias murah bahkan untuk golongan keanggotaan yang teratas sekalipun. BPJS Kesehatan adalah salah satu program asuransi kesehatan atau jaminan sosial kesehatan dengan premi termurah di dunia;

Berlaku Seumur Hidup, berbeda dengan beberapa asuransi kesehatan lain yang hanya membatasi jaminan tertanggung (peserta) hingga yang bersangkutan berumur 100 tahun;

Tanpa pengecualian, BPJS Kesehatan adalah program jaminan sosial kesehatan yang diwajibkan untuk seluruh Warga Negara Indonesia, memiliki kekuatan hukum & jaminan yang kuat dengan pemerintah sebagai penyelenggara serta tidak perlu memberikan keterangan penyakit yang diderita atau mewajibkan medical check up sebelumnya.

Info selengkapnya bisa sobat BebasBayar cek di Facebook fanspage BPJS Kesehatan, Twitter @BPJSKesehatanRI atau laman resmi BPJS Kesehatan.

 

Dengan aplikasi paling praktis dan menguntungkan, BebasBayar, Anda bisa dengan mudah melakukan berbagai pengecekan dan pembayaran tagihan bulanan Anda, mulai dari BPJS Kesehatan atau Asuransi Kesehatan lainnya, PDAM, listrik PLN pasabayar, token PLN prabayar, televisi berlangganan, pulsa hingga voucher game online!

Tinggalkan Komentar Disini..

About Author

Avatar

Leave a Reply