6 Manfaat Tidur Siang bagi Anak dalam Masa Tumbuh Kembang

Anak-anak diberi waktu untuk tidur siang memang sudah biasa bukan, mam? Bahkan sebagian besar orang tua memang sudah mewajibkan anaknya tidur siang, apalagi di usia tumbuh kembang. Walau begitu, mama wajib tahu lho apa saja manfaat tidur siang bagi anak yang bukan hanya mengistirahatkan tubuhnya saja, tetapi lebih dari itu.

Meski sebenarnya tidak wajib, kegiatan tidur di siang hari ini disarankan oleh para ahli kesehatan karena memberi banyak manfaat, salah satunya dalam hal peningkatan kecerdasan pada anak.

Lebih lengkapnya, mama bisa lihat ulasannya di bawah ini.

Manfaat Rutin Tidur Siang untuk Anak

Manfaat Rutin Tidur Siang untuk Anak

  1. Meningkatkan Daya Ingat dan Pemahaman

Studi mengatakan bahwa rutin membiarkan anak tidur siang dengan durasi sekitar 1 jam setiap hari akan meningkatkan daya ingat dan daya pemahamannya. Sebab akan terjadi peningkatan retensi memori asosiatif. Hal ini akan mempengaruhi kinerja akademi anak.

  1. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Manfaat tidur siang bagi anak berikutnya ialah mampu menigkatkan kemampuan berbahasa. Berbahasa di sini maksudnya bagaimana ia berkata dan memilih kata untuk dikatakan. Tubuh anak akan mengalami ‘refresh’ yang membuat pikirannya kembali terbuka untuk menerima banyak kosa kata baru.

  1. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan

Peningkatan hormon proses pertumbuhan pun dipengaruhi durasi anak tidur setiap harinya. Termasuk rutinitas tidur siang. Sebagian besar anak-anak sangat aktif secara fisik maupun kerja otaknya sehingga mereka butuh istirahat. Kurangnya waktu istirahat akan mengganggu kerja hormon pertumbuhan.

  1. Meningkatkan Kreativitas

Jika mama memasukannya ke dalam kursus atau tempat les khusus, usahakan biarkan ia tidur lebih dulu sebelum mengikuti jam kurus tersebut. Studi menyebutkan bahwa kinerja otak anak yang baru tidur pada siang hari bisa mencatat pembelajaran lebih baik.

  1. Meningkatkan Stamina dan Sistem Kekebalan Tubuh

Kelima, manfaat tidur siang bagi anakialah dalam menjaga kesehatan. Seperti yang sudah disebutkan, anak biasanya sangat aktif atau sering disebut ‘tidak bisa diam’. Maka mereka butuh waktu istirahat lebih banyak.

Ditambah dalam masa tumbuh kembangnya, kondisi kesehatan anak rentan sekali terganggu oleh beragam faktor. Tidur di siang hari minimal 1 jam akan meningkatkan stamina sekaligus kekebalan tubuh.

  1. Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat lainnya adalah untuk memperbaiki suasana hati anak yang mudah turun naik. Sebagian anak sering mengalami perubahan mood karena kurang istirahat. Rutinitas tidur siang menjadi solusi terbaik.

Itu dia beberapa manfaat tidur siang bagi anak yang wajib dipahami mama. Anak sering sulit disuruh tidur di siang hari? Tidak apa, terpenting durasi tidur di malam hari cukup memenuhi durasi yang disarankan, sekitar 10 hingga 12 jam yang juga bisa hasil pergabungan antara tidur malam dan siang.


Mama ingin berbagi cerita dan mengajukan pertanyaan? Publikasikan cerita, curahan hati, dan pertanyaan mama tentang dunia anak serta parenting secara gratis melalui Ruang Mama. Mama bisa klik tombol di bawah ini.

Tombol Daftar Sekarang

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
lisa

Mama muda yang hobinya curhat

Leave a Reply