Ini Cara Lengkap Memulai Usaha Rumahan

Usaha rumahan bisa Anda mulai dengan modal kecil bahkan tanpa modal sekalipun. Agar kesuksesan usaha rumahan bisa dicapai, Anda harus memahami beberapa langkah dan tips memulai usaha rumahan dengan benar. Simak ulasan di bawah!

Langkah Awal Dalam Usaha Rumahan

Langkah Awal Dalam Usaha Rumahan

1. Pematangan ide produk atau jasa

Hal paling utama yang harus Anda lakukan sebelum membuka sebuah usaha adalah mematangkan ide tentang produk atau jasa apa yang akan dijual. Diskusikan ide-ide yang muncul dengan orang terdekat yang paham bisnis atau patner kerja Anda nanti.

Proses pematangan ide ini tidak bisa dilakukan secara instan. Anda butuh beberapa waktu untuk memilih produk barang atau jasa yang akan laku di pasaran. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan sistem pengelolaan usaha hingga strategi pemasaran yang digunakan.

2. Siapkan lokasi dan perlengkapan yang dibutuhkan

Setelah produk atau jasa siap dan sistem manajemen telah ditentukan. Anda harus mencari lokasi yang tepat dan menyediakan semua perlengkapan yang dibutuhkan. Lakukan semua langkah ini dengan teliti dan cermat agar tidak ada kesalahan di masa mendatang.

Jika dicontohkan, misalnya Anda akan membuat sebuah kedai kopi bernuansa pedesaan. Anda memiliki tanah di area tempat tinggal dengan view persawahan. Manfaatkan lokasi tersebut dan berikan interior dan eksterior sederhana seperti dinding kayu atau bambu.

3. Gunakan fasilitas yang sudah tersedia

Modal usaha rumahan Anda terbatas? Tenang saja. setelah menentukan lokasi, Anda bisa mengisi tempat jualan dari dari fasilitas yang sudah tersedia. Misalnya Anda sudah memiliki kursi dan meja, maka gunakan perabotan tersebut dan Anda cukup mempercantik tampilannya.

Tidak hanya itu saja, Anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas untuk didaur ulang dan dijadikan perabotan baru untuk pemanis tempat usaha.

4. Rekrut tetangga sekitar untuk tenaga tambahan

Ketika memulai bisnis rumahan, mungkin akan Anda handle sendiri. Tetapi, jika memerlukan tenaga tambahan, Anda bisa merekrut tetangga sekitar sesuai kriteria yang Anda butuhkan. Langkah ini sebagai upaya meminimalisir modal yang Anda keluarkan.

Selain menjadi aset bisnis rumahan, Anda juga membantu mengurangi pengangguran dan meningkatkan perekonomian di daerah tempat tinggal.

5. Pengelolaan bisnis harus professional

Hal paling penting setelah langkah 1 sampai 4 terpenuhi adalah pengecekan ulang tentang sistem pengelolaan yang akan dijalankan. Meskipun Anda bekerja bersama keluarga atau tetangga, sikap profesionalitas harus tetap berjalan.

Ketika ditemukan hal menyimpang baik masalah SDM, hasil produk, pelayanan konsumen dan sebagainya harus segera ditangani dan dicarikan solusi. Penerapan profesionalitas menjadi kiat sukses dalam mencapai sebuah tujuan seperti usaha semula kecil bisa berkembang semakin besar.

Tips Sukses Usaha Rumahan

Tips Sukses Usaha Rumahan

Jika Anda ingin meraih sukses dalam menjalankan usaha rumahan, setidaknya ikuti 10 tips berikut:

1. Pilih jenis usaha sesuai passion

Tips atau cara memulai usaha rumahan agar sukses dan terus bertahan di antara para kompetitor adalah memilih jenis usaha sesuai passion yang dimiliki. Ketika usaha yang Anda pilih adalah hal yang Anda sukai, sudah dapat dilihat jika Anda akan melakukannya dengan suka rela.

Kerelaan dalam menjalankan sesuatu akan mempermudah Anda dalam mencapai tujuan yang dicapai. Walaupun Anda merasa lelah, namun tetap melakukannya dengan rasa bahagia dan syukur.

2. Produk yang dijual harus unik

Menarik minat konsumen untuk menyukai dan membeli produk Anda adalah hal yang gampang-gampang sulit. Mengapa demikian? Jika Anda pergi ke pasar, pasti menemukan banyak toko yang berjualan baju. Tetapi semua toko tersebut memiliki pelanggan sendiri-sendiri. Apa yang berbeda?

Setiap toko memiliki ciri khas dan keunikan pada baju yang dijual. Toko A menjual baju casual ala korea, sedangkan toko B menjual baju casual gaya amerika. Dari hal ini, Anda bisa menentukan bagaimana produk yang Anda jual memiliki keistimewaan dibandingkan produk lain yang sejenis.

3. Tentukan visi dan misi usaha

Keberlangsungan suatu usaha juga dimulai dari visi dan misi yang jelas. Anda harus menentukan tujuan dari usaha rumahan Anda dan memiliki banyak opsi untuk mencapai tujuan tersebut. Visi dan misi harus sejalan sesuai bidang usaha yang Anda geluti.

Jika bisnis rumahan Anda dibangun bersama partner, Anda harus menyamakan visi misi agar tidak terjadi perselisihan di masa mendatang.

4. Mendapatkan dukungan penuh dari orang-orang terdekat

Tips memulai usaha rumahan yang tepat, salah satunya yakni dukungan penuh dari orang terdekat. Dukungan ini bisa berasal dari keluarga, teman hingga partner yang diajak kerjasama. Adanya dukungan ini akan memberikan aura positif sehingga Anda terus semangat dalam berbisnis.

5. Belajar dasar-dasar administrasi bisnis

Memulai usaha rumahan harus didasari dengan pengetahuan yang cukup. Tidak hanya pintar dalam marketing, Anda juga harus memahami administrasi bisnis yang selayaknya dijalankan. Carilah informasi sebanyak mungkin dan belajarlah dari para pebisnis yang lebih berpengalaman.

6. Tentukan modal usaha

Hal yang tidak kalah penting dalam membuat usaha rumahan adalah menentukan modal awal. Modal yang dihitung adalah keseluruhan biaya pengeluaran dari pembuatan tempat usaha, marketing hingga upah tenaga kerja.

Meskipun modal Anda sedikit dan lebih banyak menggunakan fasilitas yang tersedia, Anda harus tetap mencatat seluruhnya di buku tertentu atau menggunakan aplikasi buku kas di smartphone. Catatan modal awal digunakan sebagai acuan untuk menentukan target selanjutnya.

7. Pilih waktu yang tepat untuk membuka usaha

Waktu pembukaan usaha rumahan Anda menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Jika dilakukan dengan tepat, produk Anda dijamin laris dan menghasilkan keuntungan yang besar. Untuk menentukan waktu, Anda bisa melihat musimnya.

Jika dicontohkan, saat memasuki bulan ramadhan, hal apa yang dibutuhkan masyarakat? Tentu makanan untuk berbuka bukan? Momen ini bisa Anda manfaatkan untuk menjual takjil dan lauk berbuka di depan rumah atau pasar ramadhan.

8. Layanan prima untuk konsumen

Salah satu kunci sukses dari keberhasilan sebuah usaha rumahan adalah pemberian layanan prima untuk semua pembeli. Bagaimanapun kondisi usaha Anda, baik masih sepi, cukup ramai hingga sangat ramai pembeli, Anda tetap memberikan pelayanan terbaik tanpa pandang bulu.

Para pembeli yang merasa senang dengan pelayanan Anda, pasti akan kembali berbelanja di lapak Anda meskipun harganya lebih tinggi dibandingkan lapak lain yang menjual produk sejenis.

9. Mengiklankan produk

Mendapatkan feedback yang baik adalah harapan dari semua penjual baik barang maupun jasa. Menawarkan produk melalui iklan adalah cara paling cepat untuk menarik para konsumen agar segera membeli dagangan Anda.

Buatlah iklan semenarik mungkin. Suguhkan kalimat yang menimbulkan penasaran sehingga konsumen akan berkunjung ke lapak Anda. Promosi ini bisa dilakukan dari mulut ke mulut, menggunakan brosur atau via online sosial media.

10. Tidak patah semangat saat gagal

Memulai usaha rumahan hingga menjalankannya, tidaklah segampang yang Anda bayangkan. Ada banyak masalah yang dihadapi di setiap fasenya. Jika usaha mengalami kegagalan, Anda tidak perlu berkecil hati apalagi patah semangat.

Anda harus tetap bangkit dan memulainya lagi meskipun terasa sulit. Semakin banyak kegagalan yang Anda terima, maka proses belajar semakin banyak dan usaha Anda bisa menjadi ‘raja’ di masa depan.

Contoh Usaha Rumahan

Usaha rumahan bisa dilakukan oleh siapa saja. Ada berbagai macam contoh usaha rumahan yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa modal yang besar, misalnya:

  1. Jasa service AC
  2. Membuka toko kelontong
  3. Jasa cuci kendaraan
  4. Bisnis bengkel kendaraan
  5. Jualan makanan camilan

Menjalankan bisnis rumahan diperlukan kegigihan dan semangat yang tinggi. Anda harus memiliki visi dan misi yang jelas agar usaha berjalan dengan lancar. Selain itu, sikap profesionalitas juga harus diterapkan dalam keadaan apapun.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
Ahid

Ramah, penyabar dan baik hati.

Leave a Reply