Rekomendasi Menu Bekal Sekolah Seminggu

Terdengar mudah, memilih menu untuk bekal sekolah anak sering menjadi tugas yang membuat para mama kebingungan. Selain keterbatasan waktu, terpatok selera makan anak, hingga variasi bahan-bahan makanan yang dimiliki, menentukan menu bekal sekolah seminggu tidak semudah yang dipikirkan.

Membawakan bekal masakan rumah untuk anak jauh lebih baik dibandingkan membiarkan ia jajan di kantin, atau mengandalkan catering. Karena dari segi kebersihan, kualitas bahan, serta cara mengolahnya lebih jelas. Sehingga bisa meminimalisir gangguan pencernaan dan kesehatan akibat makanan dari luar.

Variasi Menu Bekal Sekolah untuk Seminggu

Variasi Menu Bekal Sekolah untuk Seminggu

  • Hari Senin

Menu bekal sekolah seminggu dimulai dengan buah dan sayur rebus. Iris atau potong buah serta sayur yang disukai anak, kemudian rebus hingga matang. Mama bisa oles buah-buahan dengan perasan lemon yang dicampur madu agar buah tidak berubah cokelat (mengalami oksidasi).

Menu satu ini bisa dibilang sebagai menu finger food. Lengkapi dengan sauce celup nikmat seperti yoghurt, cottage cheese, atau saus cokelat buatan mama. Kemas buah dan sayur secara terpisah dengan saus celupnya.

  • Hari Selasa

Di hari ini bekali ia dengan beberapa buah biskuit ukuran kecil dengan satu cup pudding manis. Taruhlah beberapa potong buah segar di sampingnya. Agar pudding terasa lebih lezat, lengkapi dengan sauce buatan mama seperti sauce vanilla yang banyak disukai anak-anak.

Supaya pudding tetap fresh, kemas pudding ke dalam ice pack mungil yang mudah dibawa si kecil ke sekolah.

  • Hari Rabu

Berikutnya, menu bekal sekolah seminggu untuk Hari Rabu berupa pancake yang dibuat dengan ukuran lebih kecil dari ukuran pancake standar. Tumpuk beberapa pancake dalam satu kotak makan, oles dengan selai cokelat atau cheese cream, atau pun topping kesukaan anak.

Gunakan tempat makan kedap udara agar cairan topping tidak keluar dan tekstur pancake tidak kering ketika memasuki jam makan.

  • Hari Kamis

Menu kebab bisa menjadi pilihan untuk bekal di Hari Kamis. Gunakan kulit tortila yang kemudian diberi isi potongan daging tipis, keju, potongan tahu telur (egg tofu), dan oleskan sedikit sauce mayonise. Gulung kebab dan ikat menggunakan nori.

  • Hari Jumat

Masuk ke Hari Jumat, menu bekal sekolah seminggu hari ini ialah pizza mini. Sulit membuat pizza sendiri di rumah? Mama bisa mengandalkan roti tawar bundar yang diolesi topping pizza seperti irisan ham, cincangan daging, irisan tipis bawang bombay, dan irisan sayur spesial seperti irisan tomat dan wortel cincang.

Olesi unsalted butter dan sedikit sauce tomat homemade sebelum menaruh topping-topping tersebut. Jangan lupa panggang sebentar agar tekstur roti lebih kering dan aroma daging panggang lebih tercium.

  • Hari Sabtu

Anak masuk sekolah sampai Sabtu? Tenang, Sabtu bisa menjadi satu hari ‘bebas’ bagi anak dengan memberi menu makanan yang jarang diberikan. Misalnya chicken nugget, sosis goreng, kentang goreng, atau bahkan mie. Tapi pastikan pilih makanan instan yang berkualitas dan usahakan tetap memilah-milih.

Misalnya bumbu mie diganti dengan bumbu buatan mama. Atau mie yang digunakan ialah mie basah tanpa pengawet.

Pemilihan bahan dan menu bekal sekolah seminggu bisa disesuaikan dengan selera atau aturan makan anak. Mama tetap bisa memilah-milih bahan yang akan digunakan. Sehingga bisa menghindari bahan makanan yang tidak cocok atau dapat memberi gejala alergi bagi anak.


Ingin bertanya, curhat, dan berbagi pengalaman? Tulis dan publikasi cerita mama di Ruang Mama bebas biaya. Silakan mama klik tombol di bawah ini.

Tombol Daftar Sekarang

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
lisa

Mama muda yang hobinya curhat

Leave a Reply