WHO: Merokok Solusi Pencegah Virus Corona Covid-19?

Merokok Sebagai Pencegah Terjangkitnya Virus Corona?

Tentu hal ini menjadi perbincangan banyak orang di Indonesia, mengingat kondisi negara Indonesia saat ini sudah ada beberapa orang yang terindikasi dan tertular virus corona atau corona covid-19.

Bagaimana tidak, ketika berita tentang virus corona yang sudah menyerang 2 warga negara ini muncul, banyak orang yang mempersiapkan diri, antara lain dengan cara menyetok kebutuhan pokok seperti; minyak, makanan ringan, susu, hingga cairan antiseptik.

Hal ini di buktikan dari beberapa supermarket di Jakarta, dikutip dari tempo.co salah-satunya di daerah Ramawangun, Jakarta Timur. Supermarket tersebut dipadati pembeli-pembeli yang panik akan penularan virus corona. Saking banyaknya, supermarket tersebut sampai memberdayakan 27 kasir untuk melayani serbuan pelanggan.

Lantas upaya-upaya apa yang harus dilakukan untuk mencegah wabah virus corona? apakah merokok solusi pencegah terjangkitnya virus corona? berikut uraiannya:

Mencegah Virus Corona Dengan Cara Merokok, Bisakah?

Jumlah perokok di Indonesia merupakan yang paling besar di Asia saat ini. dari data yang di ambil dari katadata.co.id bahwa 65,19 juta orang Indonesia merupakan perokok aktif dan terbesar di Asia.

Jumlah Perokok di Asia termasuk Indonesia

Dari banyaknya perokok aktif di Indonesia, Apakah Indonesia aman dari Virus Corona?

Tunggu dulu.. Nyatanya bukan begitu.

Lantas apa yang harus dilakukan?

Menurut WHO, Ada beberapa hal yang kurang begitu efektif untuk mencegah virus corona antara lain:

  1. Merokok
  2. Menggunakan obat herbal tradisional
  3. Menggunakan banyak masker
  4. Mengambil pengobatan sendiri seperti antibiotik

Jadi, menurut WHO hal-hal diatas termasuk opini bahwa merokok bisa mencegah terjangkitnya virus korona, itu HOAX.

WHO memberikan himbauan, bahwa dalam kasus apapun, entah itu demam, batuk maupun sulit untuk bernafas, Anda dianjurkan secepatnya mencari perawatan medis, supaya bisa mengurangi resiko terkena infeksi yang lebih parah.

Selain itu Anda juga harus memberitahu kepada petugas kesehatan mengenai riwayat perjalanan Anda dan sudah berkomunikasi dengan siapa saja. Hal ini dilakukan agar secepatnya bisa ditindak lebih lanjut dan mengurangi resiko menyebarnya virus corona.

Baca juga: Fakta dibalik kasus Virus Corona di Wuhan China

Tetap jaga kesehatan, makan teratur dengan gizi seimbang dan jangan lupa selalu cuci tangan guna meningkatkan imun tubuh untuk mengurangi resiko penularan virus corona.

Guna meminimalisir penyebaran virus corona, Anda bisa mengurangi aktivitas keluar rumah.

Meskipun sedikit aneh, namun hal ini bisa mencegah dan mengurangi penyebaran virus corona.

Jika pulsa atau paket data Anda habis, Anda tidak perlu keluar rumah untuk membelinya, Anda bisa menggunakan aplikasi BebasBayar untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

download aplikasi bebasbayar

Sekali lagi jangan panik! Selalu jaga kebersihan dan kesehatan Anda. Ingat Cuci Tangan Sebelum Makan itu sangat penting. Semoga kita semua selalu dilindungi Tuhan dari marabahaya. Aamiin.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
Ahid

Ramah, penyabar dan baik hati.

Leave a Reply