Peluang Usaha Sampingan Karyawan Paling Menguntungkan

Menjalankan bisnis dapat dilakukan oleh siapa saja, tidak peduli usia maupun pengalaman. Bisnis juga bisa dilakukan sebagai pekerjaan sampingan disamping bekerja sebagai karyawan kantoran. Ada berbagai peluang usaha sampingan karyawan yang patut untuk dicoba.

Keberadaan teknologi semakin memudahkan proses berbisnis. Anda bisa memulainya bahkan tanpa harus mengeluarkan modal banyak dan menjalankannya di sela-sela aktivitas bekerja di kantor.

Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Peluang Usaha Sampingan Karyawan

1. Agen Pulsa

Usaha sampingan yang pertama adalah Agen Pulsa. Jenis usaha yang satu ini semakin berkembang setiap waktunya. Hal tersebut tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang membuat konsumsi pulsa dan paket internet terus meningkat. Kondisi ini adalah peluang usaha yang harus dimanfaatkan.

Keunggulan dari bisnis ini adalah Anda tidak perlu menyewa ruko untuk mendirikan bisnis. Anda bisa menggunakan ruang depan rumah sebagai ruko kecil dan banyak menawarkan produk melalui media sosial.

Selain itu, Anda juga bisa menjalankan bisnis agen pulsa tanpa terbatas waktu operasi. Proses transfer pulsa sangat cepat dan tidak membutuhkan peralatan khusus. Anda dapat mengirimkan pulsa hanya menggunakan smartphone yang dipakai sehari-hari.

Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu mencari agen penyedia pulsa terlebih dahulu. Pastikan Anda menggunakan jasa penyedia pulsa yang terpercaya, lengkap, dan menawarkan harga yang terjangkau, contohnya adalah BebasBayar.

Menjadi agen pulsa di BebasBayar memiliki banyak keuntungan karena produk yang ditawarkan sangat lengkap. Anda bisa menawarkan jasa pengisian pulsa, paket data, hingga pembayaran tagihan mulai dari tagihan air, internet, hingga TV kabel.

Beragamnya produk yang Anda tawarkan akan meningkatkan citra bisnis pulsa Anda. Konsumen yang datang akan lebih banyak dan mereka dapat membeli kebutuhan dari satu tempat yang sama.

Kelebihan lain dari BebasBayar adalah proses registrasinya yang sederhana. Anda tidak membutuhkan dokumen tertentu untuk mulai mendaftar menjadi agen. Bahkan Anda juga bisa mendaftar dengan menggunakan email, akun Twitter, dan Facebook.

2. Penulis

Menjadi penulis sudah dikenal sejak lama bisa menambah penghasilan. Terkadang pekerjaan kantor yang berat membuat Anda kelelahan dan membutuhkan refreshing. Namun, bagi Anda yang mempunyai hobi menulis, tentu pekerjaan ini dapat membantu menyegarkan pikiran Anda.

Anda bisa memulainya dengan bekerja sebagai penulis lepas. Berbagai jenis pekerjaan lepas dapat dengan mudah Anda peroleh melalui platform online yang mempertemukan penulis lepas dengan konsumen yang membutuhkan jasa penulis.

Untuk bisa mendapatkan konsumen dengan mudah, pastikan Anda memiliki portofolio yang menarik. Portofolio dalam hal ini berperan untuk menampilkan kelebihan Anda merangkai kata dan menjadikan tulisan nyaman untuk dibaca.

Cara lain yang patut dicoba adalah menulis untuk blog pribadi. Lain halnya dengan bekerja lepas, menulis di blog pribadi tidak bisa menghasilkan uang dalam jangka waktu yang cepat. Anda memerlukan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Agar blog Anda cepat terkenal dan cepat menghasilkan uang, maka pastikan Anda menulis topik yang umum, menarik, dan tidak mudah tertinggal trend. Hal ini berguna supaya permintaan konsumen tetap stabil dalam jangka waktu yang panjang.

3. Content creator

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan fakta bahwa penghasilan content creator di YouTube bisa melebihi penghasilan karyawan swasta. Melihat hal ini, tidak ada salahnya Anda mencoba usaha satu ini.

Anda bisa menghasilkan video dengan beragam topik menarik, mulai dari tutorial, review produk, hingga mukbang. Pastikan video yang Anda hasilkan tidak menyalahi aturan YouTube dan tidak merugikan orang lain.

Saat ini juga sudah banyak tersedia aplikasi video editing yang sederhana dan bisa dilakukan di smartphone. Dengan demikian, Anda bisa mulai menjadi content creator hanya bermodalkan kamera dan aplikasi yang keduanya tersedia di smartphone.

Sama seperti menjadi penulis blog pribadi, untuk bisa menghasilkan uang, akun YouTube Anda harus memenuhi beberapa persyaratan seperti minimum total durasi video, minimum jumlah subscribers, dan minimum jumlah penonton.

Pada awalnya, hal ini adalah tantangan tersendiri. Namun jika Anda bisa menghasilkan video yang berkualitas dan menarik, tentu persyaratan monetisasi YouTube dapat dengan mudah tercapai.

4. Droshipping

Usaha dropshipping tentu tidak boleh ditinggalkan ketika membahas peluang usaha sampingan karyawan. Jenis usaha satu ini dapat dengan mudah dikembangkan bahkan tanpa modal sekalipun.

Untuk memulai bisnis ini, diawali dengan mencari supplier produk yang terpercaya. Pastikan bahwa supplier yang Anda pilih dapat dipercaya dan menawarkan produk yang kualitasnya terjamin. Hal ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dalam membeli produk yang Anda tawarkan.

Sebagai gambaran, agen dropshipping hanya berperan untuk menawarkan produk. Anda tidak diwajibkan membeli produk untuk dijadikan stok. Oleh karena itu, usaha satu ini sering disebut sebagai usaha tanpa modal.

Setelah Anda menawarkan produk di sosial media atau secara langsung ke konsumen, Anda perlu mengirimkan detail penerima produk lalu supplier akan mengirimkan produk secara langsung tanpa melalui Anda.

Keuntungan dari bisnis ini bisa didapat melalui mark-up harga atau sistem komisi. Anda bisa menetapkan harga jual yang lebih tinggi dan mendapatkan keuntungan dari selisih harga tersebut. Sedangkan pada sistem komisi, Anda akan menerima uang untuk setiap produk yang terjual.

5. Laundry

Usaha laundry juga cocok untuk dilirik sebagai usaha sampingan. Laundry bisa jadi usaha yang sangat menguntungkan apabila Anda hidup di daerah dekat dengan pemukiman padat penduduk atau banyak mahasiswa dan karyawan kantoran.

Modal utama yang Anda perlukan tentu adalah mesin cuci dan beberapa alat cuci seperti jemuran, hanger, dan sabun cuci. Anda tidak perlu membeli mesin cuci dan mesin pengering sekaligus. Sebagai permulaan, Anda dapat membeli mesin cuci yang sederhana dengan harga terjangkau.

Setelah bisnis laundry Anda berkembang, maka pertimbangkanlah penggunaan mesin pengering uap. Mesin ini berguna untuk mengurangi waktu penjemuran dan Anda dapat menawarkan one day service kepada konsumen.

Dalam mengembangkan bisnis laundry, hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah kebersihan hasil cucian, ketepatan waktu pengerjaan, dan cucian tidak tercampur dengan konsumen lain.

Baca Juga: Ini Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menggiurkan

6. Kuliner

Bagi Anda yang bekerja sebagai karyawan pabrik, usaha satu ini layak untuk dipertimbangkan. Anda bisa menawarkan berbagai jenis masakan bagi karyawan pabrik lainnya, seperti sarapan, snack, atau makan siang.

Untuk sarapan dan snack, Anda bisa memasaknya pada pagi hari sebelum bekerja lalu datang ke tempat kerja lebih awal. Rata-rata karyawan bekerja dengan kondisi belum sarapan dan akan mencari makanan di sekitar tempat kerja.

Kondisi tersebut dapat Anda manfaatkan dengan menawarkan makanan pada teman-teman kerja Anda terlebih dahulu. Penyebaran informasi antar karyawan sangat cepat sehingga pastikan Anda menjual produk yang enak dan murah.

Sedangkan untuk makan siang, tentu Anda akan kesulitan jika harus memasak terlebih dahulu pada jam makan siang. Oleh karena itu, Anda bisa bekerja sama dengan orang di rumah untuk membantu memanasi masakan yang telah Anda masak pagi hari dan mengirimkannya ke kantor.

Meskipun terlihat sederhana, namun bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan yang cukup tinggi. Terlebih apabila Anda menerima pesanan dalam jumlah yang banyak untuk keperluan kantor.

Banyak peluang usaha sampingan karyawan yang bisa dicoba bahkan dalam kondisi tanpa modal. Hal yang terpenting adalah kemampuan dalam memanfaatkan peluang dan kesabaran sewaktu bisnis menghadapi tantangan.

About Author

Ahmad Mujtahidin
Ahmad Mujtahidin

Ramah, penyabar dan baik hati.

Leave a Reply