15+ Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Apabila memiliki waktu luang yang cukup, pasti para ibu rumah tangga ingin memiliki usaha untuk menambah penghasilan. Namun, sebelum memulai merintis banyak yang tidak yakin karena bayangan ribet apalagi sudah memiliki buah hati. Adakah peluang usaha untuk ibu rumah tangga?

Tentu saja ada, bahkan jumlah dan jenisnya cukup beragam. Mulai dari usaha dengan modal yang sedikit, dapat dilakukan dari rumah saja hingga tanpa modal. Bagi ibu rumah tangga yang bertekad untuk membuka usaha di rumah saja, yuk intip beberapa rekomendasi peluang usaha untuk Anda di bawah ini!

Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Ini Jenis jenis dan Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

1. Menjahit

Peluang usaha pertama adalah membuka jasa jahit segala jenis pakaian. Namun, untuk membuka usaha satu ini tentu Anda harus memiliki keahlian khusus. Selain keahlian khusus, dibutuhkan juga kesabaran dan ketelitian yang tinggi dalam hal pengukuran agar pakaian sesuai dengan pesanan.

Jika Anda belum memiliki keterampilan menjahit, jangan berkecil hati terlebih dahulu. Karena Anda bisa mengikuti kursus-kursus menjahit yang terpercaya untuk menggali keterampilan tersebut. Cara pemasarannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengenalkan usaha pada lingkungan sekitar.

2. Toko Kelontong

Membuka toko kelontong juga merupakan salah satu peluang usaha untuk ibu rumah tangga dengan hasil memuaskan. Sangat cocok dilakukan untuk Anda yang sudah memiliki buah hati karena bisa mengatur jam operasional toko sesuka hati.

Isilah toko kelontong Anda dengan berbagai macam barang yang dibutuhkan oleh banyak orang di kehidupan sehari-hari. Mulai dari bahan-bahan sembako, makanan ringan, perlengkapan mandi, alat memasak dan lain-lain.

3. Jual Tanaman Hias

Dengan modal 1 juta saja Anda bisa membuka usaha jual tanaman hias lho. Bisnis tanaman hias bisa menjadi hobi yang menguntungkan bagi Anda penggemar tanaman. Telah terbukti bahwa usaha ini memiliki prospek yang cukup bagus, karena cuaca semakin hari semakin panas.

Sehingga banyak sekali orang yang ingin menanam segala macam tanaman hias di halaman rumah masing-masing. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mencobanya, apalagi bisnis ini tidak terlalu merepotkan untuk ibu rumah tangga.

4. Jual Kue Kering

Bisnis kuliner dari masa ke masa tetap tidak akan lekang oleh waktu. Salah satunya adalah bisnis kue kering yang dapat dilakukan di desa maupun di kota-kota besar. Pasalnya, hampir semua orang menyukainya terutama para wanita yang selalu membutuhkan makanan ringan.

Nah, bagi Anda yang memiliki keterampilan membuat kue kering dengan rasa yang nikmat, tunggu apa lagi? Langsung saja jadikan usaha ini sebagai lahan bisnis yang tentu saja akan menguntungkan Anda. Biasanya Anda akan meraup keuntungan tertinggi saat bulan ramadhan.

5. Jual Aksesoris Wanita

Para wanita tentu tidak bisa jauh dari aksesoris, karena dua hal tersebut sudah menjadi satu kesatuan yang sulit untuk dipisahkan. Aksesoris merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh wanita untuk menunjang penampilan mereka.

Usaha jual aksesoris wanita juga merupakan peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang sangat tepat lho. Lalu, apa saja aksesoris yang perlu dijual untuk menarik pelanggan? Anda bisa menyiapkan aksesoris berupa gelang, cincin, kalung, bandana, jilbab, jam tangan dan lain-lain.

Pastikan Anda memiliki berbagai macam aksesoris yang cantik dan unik, karena biasanya wanita akan tertarik dengan kecantikan dan keunikan.

6. Agen BebasBayar

Ibu rumah tangga yang menginginkan bisnis dengan modal kecil, menjadi agen BebasBayar bisa menjadi pilihan yang tepat. BebasBayar merupakan aplikasi keuangan digital paling populer di Indonesia dengan berbagai fitur yang akan memudahkan bisnis Anda.

Dengan menjadi agen BebasBayar Anda bisa membuka layanan berbagai pembayaran dan topup saldo berbagai macam dompet digital. Hanya dengan satu aplikasi saja Anda bisa membuka beberapa bisnis yang mudah.

Bicara soal keuntungan, pastinya sangat memuaskan karena Anda bisa meraup penghasilan puluhan juta rupiah dalam satu bulan. Tunggu apa lagi? Langsung join saja dan nikmati keuntungan maksimalnya.

7. Penerjemah

Kemampuan berbahasa asing ternyata bisa membuat Anda menghasilkan pundi-pundi rupiah lho. Sudah banyak yang membuktikannya, sehingga kini giliran Anda yang merasakan keuntungan melalui kemampuan tersebut.

Anda bisa membuka usaha jasa penerjemah offline maupun online karena bisnis ini dapat diatur sesuai keinginan dan waktu luang. Jadi, ibu rumah tangga juga memiliki peluang yang sangat besar untuk melakukan bisnis penerjemah.

Prospek bisnis ini cukup bagus, sebab semakin banyak bisnis lokal yang membutuhkan penerjemah untuk dokumen-dokumen penting yang banyak menggunakan bahasa asing. Apabila masing bingung cara untuk menjadi penerjemah, cari saja lowongan penerjemah freelance di internet.

8. Penulis Lepas

Selain menjadi penerjemah, penulis lepas juga bisa memberikan penghasilan tambahan bagi ibu rumah tangga yang sudah memiliki anak sekalipun. Pekerjaan ini tentu akan menjadi hal yang menyenangkan bagi pemilik hobi menulis.

Kabar baiknya, menjadi penulis lepas tidak akan menyita waktu Anda karena bisa dikerjakan di waktu luang sambil mengurus rumah tangga. Ada banyak lowongan pekerjaan penulis lepas yang bisa ditemukan di internet, yuk langsung daftar dan menulis untuk menghasilkan uang.

9. Admin Sosial Media

Di zaman serba digital seperti zaman sekarang membuat semua pekerjaan nyaris bisa dikerjakan di rumah. Contohnya menjadi admin sosial media seperti instagram, twitter, facebook dan sosial media lainnya.

Menjadi admin sosial media tidaklah sesulit bayangan Anda, karena pekerjaannya tidak jauh-jauh dari memposting produk, membuat caption, menjawab komentar dan sebagainya. Pekerjaan online seperti ini bisa Anda temukan dengan mudah di internet lho.

10. Dropshipper

Munculnya e-commerce memuat Anda bisa menjalankan beragam bisnis dari rumah hanya dengan ponsel pintar saja. Bisnis tersebut bisa dijalankan dengan menjadi dropshipper atau penyalur barang dari pihak distributor kepada konsumen.

Caranya tidak serumit bayangan Anda kok, hanya perlu melakukan pengamatan tentang tren barang yang sedang booming. Selanjutnya tawarkan kepada orang sekitar, ketika ada pesanan langsung hubungi pihak distributor dan semua proses pengiriman barang akan dilakukan oleh distributor.

11. Laundry

Kegiatan mencuci baju menjadi salah satu kegiatan rutin ibu rumah tangga, sehingga usaha laundry sepertinya akan berjalan mulus dan menguntungkan. Usaha ini tidak memerlukan usaha khusus, namun dibutuhkan ketelitian yang cukup untuk memindai noda-noda pada pakaian pelanggan.

Anda tidak perlu menyewa tempat, karena usaha laundry bisa dikerjakan di rumah sambil mengasuh anak. Untuk memulainya sudah pasti Anda harus menyiapkan peralatan mencuci baju seperti mesin cuci, setrika, sabun, air bersih dan pengharum pakaian.

Untuk menarik pelanggan, Anda bisa memberikan harga promo setelah grand opening. Pasti pelanggan akan segera menyerbu tempat laundry Anda.

12. Bisnis Kos

Memiliki lahan luas dan dekat dengan lembaga pendidikan seperti sekolah menengah atas atau perguruan tinggi tentu tidak boleh disia-siakan. Anda bisa menjadikannya kamar kos, sebab akan banyak pelajar dan mahasiswa yang membutuhkannya.

Sediakan fasilitas terbaik untuk memikat hati para calon penghuni kos Anda. Misalnya, Free Wi-Fi, ruang tamu, kamar mandi bersih, kipas angin atau televisi. Cara pemasaran yang bisa Anda lakukan untuk menarik pelanggan adalah dengan menyebar iklan berupa brosur di tempat strategis.

Baca juga: Macam macam Peluang usaha sampingan untuk karyawan

13. Bimbingan Belajar

Ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan mengajar yang baik atau mungkin lulusan sarjana pendidikan, bisa lho membuka usaha bimbingan belajar. Usaha ini cukup menjanjikan apalagi kalau Anda merekrut sesama pengajar agar anak bimbing semakin banyak.

Lambat laun usaha ini akan membuat Anda tidak hanya mendapatkan penghasilan yang tinggi saja, karena dengan bimbingan belajar Anda bisa berbagi ilmu kepada orang lain. Tidak usah mencari lokasi yang strategis, rumah Anda bisa digunakan untuk membuka bisnis ini kok.

14. Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan merupakan hasil seni yang bisa dipasarkan secara internasional. Apalagi kini permintaan pasar lebih banyak dibandingkan produksinya, sehingga banyak permintaan yang belum terpenuhi.

Bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam membuat kerajinan tangan, tidak ada salahnya mencoba untuk merintis usaha ini. Bicara tentang modal, usaha kerajinan tangan hanya memerlukan modal yang sedikit karena hal utama yang dibutuhkan adalah kreativitas pembuatnya.

15. Jasa catering

Hasil masakan Anda nikmat dan membuat seisi rumah jadi ketagihan? Wah, Anda sangat beruntung sekali karena bisa membuka usaha jasa catering yang menguntungkan. Tidak perlu memikirkan pengembangan usaha yang terlalu jauh dulu, maksimalkan saja peluang yang ada.

Apabila Anda berminat menjalankan bisnis jasa catering, bisa dimulai dengan memenuhi pesanan dari kerabat, teman atau lingkungan sekitar terlebih dahulu. Jika sudah lancar dan memiliki karyawan yang memadai, usaha siap dibawa ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Setelah melihat daftar peluang usaha untuk ibu rumah tangga di atas, sudahkah Anda menjatuhkan pilihan? Sebenarnya masih ada banyak peluang usaha yang cocok untuk para ibu rumah tangga, bahkan untuk mereka yang telah memiliki momongan. Anda hanya perlu melihat sekitar dengan kejelian saja.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
Ahid

Life is a first draft... with NO rewrite.

Leave a Reply