Cara Pengajuan Kartu Kredit bagi Non-Pegawai [2019]

 

BebasBayar – Umumnya slip gaji menjadi dokumen utama yang harus disertakan dalam pengajuan kartu kredit, karenanya banyak bank yang menetapkan syarat status kepegawaian ketika proses pengajuan.

Namun buat kamu yang bukan pegawai, tidak perlu khawatir. Ada beberapa tips yang bisa kamu jalankan agar proses pengajuan kartu kredit bisa diterima oleh pihak bank.

Berikut panduan yang bisa kamu jalankan agar pengajuan kartu kredit tanpa status kepegawaian diterima :

#1 Memberikan Jaminan

Slip gaji merupakan alat penjamin bagi bank untuk mengukur kemampuan finansial kamu. Namun bila kamu bukan seorang pegawai, kamu bisa menggantinya dengan jaminan lain.

Bentuk jaminan lain yang bisa kamu ajukan bisa berupa bilyet deposito. Tapi umumnya deposito harus satu bank yang sama dengan pihak penerbit kartu kredit..

Semisal, bila kamu ingin membuat kartu kredit BCA, kamu bisa mendepositokan sejumlah uang di bank tersebut sebagi alat penjamin.

#2 Miliki Tabungan di Bank Terkait

Selain memberikan jaminan, umumnya kondisi keuangan kamu akan dicek oleh bank dengan menganalisa alus kas di beberapa bulan terakhir.

Apabila keuangan kamu baik, maka bank akan lebih mudah memberikan persetujuan kartu kredit meski kamu bukan seorang pegawai.

Alur kas bisa dikatakan baik apabila bersifat aktif dan alurnya sehat. Dengan melihat pemasukan dan pengeluaran kamu, bank akan memutuskan apakah keuangan kamu baik atau tidak.

Perlu dicatat pula, tabungan dan seluruh alur kas harus berada dalam bank terkait.

#3 Satu Domisili dengan Bank

Tidak selalu nasabah dari luar kota akan ditolak pengajuannya, namun baiknya kamu mengajukan pada bank yang sesuai dengan domisili.

Mengapa demikian?

Karena ketika kamu dan bank satu domisili, bank akan lebih mudah menjangkau kamu. Pihak bank menilai jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kamu lebih mudah dihubungi.

Meskipun domisili tidak ada kaitannya dengan kemampuan finansial, tapi hal ini kerap menjadi pertimbangan pihak bank untuk menyetujui pengajuan kartu kredit.

Yuk Cek Tagihan Kartu Kredit Kamu di BebasBayar

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Fatkhiyah
Fatkhiyah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.