Ternyata Ini Penyebab Bau Mulut pada Anak

Mama mungkin pernah bertanya-tanya mengapa bau mulut bisa terjadi pada anak-anak padahal sudah rajin menggosok gigi? Bau mulut pada anak dapat disebabkan karena adanya gejala penyakit atau kelainan yang wajib Mama sadari, meskipun bau mulut sendiri bukanlah sebuah penyakit.

Ini Sumber Bau Mulut Anak

Sumber Bau Mulut pada Anak

  1. Mulut

Bau mulut anak tidak enak dapat terjadi akibat banyaknya mikroorganisme yang terdapat di rongga mulut. Di dalam mulut terdiri dari berbagai macam organ, seperti gigi, lidah, dan jaringan lunak mulut lainnya yaitu gingiva dan mukosa.

Jika tidak rajin membersihkan rongga mulut, maka sisa makanan yang menempel di sela gigi akan diuraikan oleh bakteri yang ada di mulut, sehingga menimbulkan bau mulut. Untuk menghindari bau mulut, Mama bisa membiasakan si kecil untuk rajin menggosok gigi dan berkumur setelah makan.

Lidah yang terdapat di rongga mulut juga bisa menjadi sumber bau mulut. Lidah bagian belakang juga bisa tertutup plak yang berasal dari sisa makanan yang menempel. Oleh karena itu, lidah juga menjadi salah satu bagian penting di rongga mulut yang harus dibersihkan agar bebas dari bau mulut.

  1. Paru-paru

Bau mulut yang terjadi pada anak bisa bersumber dari paru-paru. Saat bernapas, udara yang berasal dari paru-paru akan dikeluarkan melalui hidung dan mulut, sehingga makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh anak akan diproses di dalam organ pencernaan.

Hasil dari metabolisme tubuh tersebut akan diserap oleh darah dan dikeluarkan lewat paru-paru melalui aliran darah pada tubuh. Anak-anak yang memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan dengan bau menyengat, seperti bawang putih akan cenderung mengalami bau mulut.

  1. Hidung

Bau mulut rupanya juga bisa bersumber dari hidung akibat adanya riwayat penyakit atau kelainan, seperti sinusitis, penyakit infeksi pada bagian tonsil, faringitis, laringitis, post nasal drip, dan gangguan kelenjar adenoid. Apabila anak memiliki riwayat penyakit tersebut, segera periksakan ke dokter.

Cara Mengatasi Bau Mulut pada Anak

Bau mulut pada anak-anak bisa diatasi dengan mudah dan tidak jauh berbeda dengan cara penanganan bau mulut pada orang dewasa. Untuk mengatasi bau mulut pada si kecil, Mama bisa mencoba langkah berikut ini.

  • Dampingi si kecil untuk rutin menyikat gigi dan membersihkan lidah minimal dua kali sehari agar sisa makanan yang menempel pada gigi dan lidah benar-benar bersih. Ganti sikat gigi anak setidaknya setiap 2 hingga 3 bulan sekali.
  • Ajak anak untuk berkumur menggunakan obat kumur khusus anak sekali sehari. Obat kumur ini hanya disarankan untuk anak yang sudah berusia di atas 6 tahun ya, Ma.
  • Mengurangi mengonsumsi makanan yang berbau menyengat dan makanan pedas.
  • Kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut. Oleh karena itu, Mama perlu memerhatikan asupan cairan si kecil. Memperbanyak minum air putih bisa menghindarkan si kecil dari bau mulut.

Kini Mama sudah mengetahui penyebab bau mulut pada anak dan cara mengatasinya, bukan? Pastikan juga asupan cairan si kecil tercukupi. Bagi Mama yang mau curhat dan berbagi pengalaman, yuk publikasikan tulisan Mama di ruang Mama bebas bayar, caranya klik tombol di bawah ini ya, Ma.

Tombol Daftar Sekarang

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
lisa

Mama muda yang hobinya curhat

Leave a Reply