Ini Dia Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Siapa yang tidak ingin memiliki buah hati cerdas, kreatif, dan tangguh? Satu langkah terbaik tentunya memasukan anak ke sekolah, baik memulainya dengan pre-school, hingga sekolah dasar. Di sini peran orang tua akan sangat penting.

Sayangnya, banyak orang tua tidak mau aktif berperan membimbing anak dalam pendiidkannya. Padahal perannya begitu besar dan akan sangat mempengaruhi bagaimana ia melewati proses tumbuh kembang, juga bagaimana secara alami membentuk anak dengan tingkat kecerdasan tinggi.

Meski Sibuk, Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Sangat Besar

Meski Sibuk, Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Sangat Besar

Kebanyakan orang tua memiliki alasan sibuk bekerja atau sibuk mengurus kebutuhan rumah tangga sehingga berada di samping anak untuk mendapinginya dalam pendidikan di kesampingkan. Sebenarnya mendukung anak dalam aktivitas pendidikan bisa berbentuk apa saja. Seperti menciptakan dan menyediakan lingkungan yang mendukung, khususnya di rumah.

  1. Kondisi Rumah yang Nyaman

Anak-anak yang telah masuk ke pre-school, taman kanak-kanak, atau sekolah membutuhkan kondisi rumah yang bisa membuat dia merasa nyaman, termasuk melakukan aktivitas seperti di sekolahnya. Contoh kecilnya mama bisa menerapkan waktu belajar khusus di rumah untuk mengulang materi yang telah ia dapatkan di sekolah.

  1. Mendukung Pembelajaran

Bentuk peran orang tua dalam pendidikan anak ini juga bisa dengan memasukan anak ke tempat les bimbingan belajar bila perlu. Karena tentunya mama atau pasangan tidak selalu bisa mendapinginya belajar di rumah, bukan? Nah, memasukannya ke dalam tempat les ini menjadi salah satu solusi.

Namun perlu diingat, bila belajar di rumah saja sudah terasa kondusif, anak mampu mengembangkan kreativitas dan meningkatkan kemampuan belajarnya, lalu ia terlihat tidak tertarik belajar di tempat les, mama tidak perlu memaksanya mengikuti les. Memanggil guru les privat bisa menjadi cara lain.

  1. Jangan Lupa Lakukan Diskusi dengan Anak

Peran para orang tua tidak hanya dalam proses belajar anak atau mendukung dengan menyediakan situasi yang kondusif, mama bisa rutin melakukan diskusi dengan gurunya di sekolah. Umumnya orang tua hanya berhadapan dengan guru setiap pembagian rapot atau saat ada rapat khusus orang tua.

Di luar negeri sendiri, sistem diskusi rutin empat mata bersama guru diterapkan yang akan membuat orang tua mampu mengikuti perkembangan buah hati di sekolah. Sehingga lebih mudah melakukan penyesuaian, seperti mencari tempat les atau guru les privat yang dari segi pemberian materi cocok dengan sistem pemberian materi di sekolah.

Pada dasarnya peran orang tua untuk menunjang tumbuh kembang anak dalam pendidikan ini bisa berupa apa pun. Terpenting memberi kepedulian terhadap pendidikan anak dan mau melakukan hal-hal yang mendukung anak lebih maksimal di pendidikannya.


Mama ingin curhat atau bertanya seputar dunia parenting? Mama bisa publikasikan cerita dan pertanyaan di Ruang Mama secara gratis. Silakan klik tombol di bawah ini ya.

Tombol Daftar Sekarang

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
lisa

Mama muda yang hobinya curhat

Leave a Reply