Resep Es Degan, Si Penghilang Dahaga

Es degan atau es kelapa muda sangat pas dijadikan minuman pelepas dahaga yang nikmat diminum ketika udara panas menyapa. Perpaduan rasa manis bercampur daging kelapa lembut dengan es yang menyegarkan sungguh mampu membuat tubuh kembali berenergi. Kabar baiknya, Mama juga bisa lho meracik resep es degan sendiri di rumah sesuai selera.

Perlu Mama ketahui, ada dua jenis kelapa yang bisa dengan mudah ditemui di pasaran, yaitu kelapa tua dan kelapa muda. Jika diamati dari bentuknya saja, kedua jenis kelapa ini memiliki tampilan yang jelas berbeda.

Kelapa tua seringkali terlihat dengan ukuran yang tidak terlalu besar, tapi diselimuti oleh kulit atau batok kelapa keras berwarna cokelat gelap. Berbeda dengan kelapa tua yang daging buahnya dijadikan santan, air kelapa muda justru berasal dari buah yang berwarna hijau. Air kelapa inilah yang diminum untuk sekadar melepas dahaga hingga mengobati berbagai kondisi tertentu.

Tak hanya menghasilkan air untuk diminum, daging buah kelapa juga bisa dimakan bersamaan saat Mama meminum airnya. Di balik rasanya yang menyegarkan, air degan ini ternyata menyimpan berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Mulai dari kalsium, fosfor, vitamin C, zat besi, hingga kalium.

Melihat berbagai nutrisi dalam segelas es degan menjadikan minuman ini cocok diminum oleh Mama yang tidak terlalu menyukai rasa manis. Nah, jika Mama merindukan sensasi kesegaran dari es degan ini, sesekali Mama bisa coba mengkreasikan resep es degan di rumah. Mama tak perlu khawatir, karena resep es degan ini menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dengan harga terjangkau.

Resep Es Degan Jeruk

Resep Es Degan Jeruk

Bahan-bahan:

  • 2 buah degan, keruk dagingnya dan ambil airnya
  • 100 gr madu murni
  • 5 buah jeruk peras
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  • Cuci bersih jeruk, kemudian peras sampai mendapatkan air atau sarinya. Tampung ke dalam wadah. Sisihkan.
  • Siapkan satu buah gelas saji, tuang perasan air jeruk, tambahkan madu, dan aduk sampai tercampur rata.
  • Tambahkan air dan daging kelapa ke dalam gelas tersebut, aduk lagi sampai merata seluruhnya.
  • Masukkan es batu secukupnya dan es degan jeruk siap disantap.

Demikian resep es degan jeruk, si pelepas dahaga yang dicintai semua orang. Terlihat menyegarkan, bukan?

Baca Juga:

Jika Mama ingin curhat atau sekadar berbagi pengalaman menarik, bagikan saja cerita tersebut melalui Ruang Mama bebasbayar. Caranya, klik tombol tepat di bawah ini.

Tombol Daftar Sekarang

About Author

lisa

Mama muda yang hobinya curhat

1 Comment

  1. rania

    baik banget nih ngasih resepnya, dibarengin dengan penjelasan bahan dasarnya pula.. aku juga mau berbagi deh, untuk buat minuman manis aku suka ganti gulanya dengan sirup kelapa dari balinutra, selain karena rasanya yang sudah pasti enak, sirup kelapa dari balinutra juga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.. worth it to try lah..

Leave a Reply