Setelah Puluhan Tahun Senyap, Selamat Merayakan Hari Kelahiran Pancasila

BebasBayar

Selamat Hari Lahir Pancasila

Sang Pusaka kembali dimeriahkan kelahirannya di Bumi pertiwi

Setelah senyap berwarsa-warsa

Gegap gempita jiwanya, mari kita hidupi

 

Pertama-tama, kami dari seluruh tim BebasBayar mengucapkan Selamat Hari Kelahiran Pancasila!

Mungkin sobat BebasBayar semua semakin ‘merasakan’ adanya Hari Kelahiran Pancasila, sejak ditetapkan menjadi hari libur nasional, benar gak?

Kelahiran Pancasila pertama kali dirayakan pada 1964

Terlepas dari dijadikan hari libur nasional atau tidak, tahukah sobat BebasBayar bahwa 1 Juni sebagai Hari Kelahiran Pancasila, sebenarnya pertama kali dirayakan pada tahun 1964 bukan setahun setelah kemerdekaan Indonesia (1946)?

Cerita unik perayaan hari lahir Pancasila ini sebenarnya bermula dari pidato ketua CC PKI, DN Aidit, pada Mei 1964 yang dirasa menyeleweng oleh Bung Karno sebagai Presiden pertama RI. Oleh karena itu, Bung Karno segera meminta diadakan acara peringatan hari kelahiran Pancasila pada 1 Juni 1965.


Jangan lupa bayar tagihan dan keperluan sobat BebasBayar semua dengan BebasBayar!Bebasbayar | Aplikasi Pembayaran | Tagihan PLN | Token PLN | Tagihan PDAM | Transfer Uang | Tagihan BPJS | Pulsa | Paket Data Internet

 

Dengan BebasBayar, aplikasi paling praktis dan menguntungkan, sobat BebasBayar bisa dengan mudah melakukan berbagai pembelian pulsa serta paket internet, pengecekan dan pembayaran tagihan bulanan sobat BebasBayar, mulai dari BPJS Kesehatan, PDAM, listrik PLN pascabayar, token PLN prabayar, televisi berlangganan, pulsa, paket data internet hingga voucher game online!


Namun setelah peristiwa Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 1965, dibawah komando Panglima Jenderal TNI Soeharto, peringatan hari Lahir Pancasial setiap 1 Juni dilarang sejak tahun 1970 oleh Kopkamtib (Komando Operasi Pemulihan Keamanan dan Ketertiban).

1 Juni 2016, Hari Lahir Pancasila ditetapkan kembali oleh Presiden RI Joko Widodo

Dan sekarang, seperti yang sudah kita rasakan beberapa tahun terakhir, 1 Juni kembali ditetapkans ebagai Hari Lahir Pancasila berdasarkan Keputusan Presiden No. 24 tahun 2016 oleh Presiden Joko Widodo. Lalu semenjak 2017, Hari Lahir Pancasila pun ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Menarik, bukan kisah di balik Hari Kelahiran Pancasila?

 

Selamat merayakan Hari Kelahiran Pancasila, sobat BebasBayar semua!


Ingin menikmati beragam layanan BebasBayar, seperti transfer uang dan bayar berbagai tagihan?

Caranya gampang, tinggal daftar aja jadi member BebasBayar.

Gratis 100% tanpa dipungut biaya apapun, kok.

 

 

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Lisa Amalia
Lisa Amalia

Lebih dari 3 tahun menjadi keluarga di BebasBayar. Menjadi penulis tetap di Blog Bebasbayar sejak gabung pertama di Bebasbayar.

Leave a Reply