Mengetahui BPJS dan Syarat Untuk Mendaftar BPJS

 

Jika anda ingin mendaftar BPJS, tentu saja anda harus memenuhi dan mengetahui syarat mendaftar BPJS agar tidak terjadi kesalahan ketika mengurus BPJS. Mungkin selama ini sebagian orang lebih mengenal ASKES (Asuransi Kesehatan), namun beberapa orang juga lebih mengetahui BPJS (Badan Penyelenggaraan Jaminan Sehat) dan ASKES mulai tahun 2014 telah digantikan dengan BPJS sejak 2014 yang lalu. Program jaminan kesehatan memang wajib dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia. Program ini memang sengaja dibuat oleh pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada warga negara Indonesia agar mereka bisa mendapatkan solusi dari pengobatan dan juga perawatan ketika sakit dengan lebih mudah.

Meskipun dalam praktiknya program ini masih harus mendapatkan pembaruan – pembaruan dan masih banyak yang harus dibenahi. Program pemerintah ini patut mendapat pujian, sebab dengan adanya program kesehatan dari pemerintah ini maka setiap orang yang tidak mampu dan sedang sakit bisa tertolong dan mendapatkan penanganan kesehatan segera. BPJS ini berbeda dengan ASKES yang hanya diperuntukkan kepada para PNS atau pegawai pemerintah saja, BPJS ini wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia, baik mampu maupun tidak mampu. BPJS ini memang menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari sejak pertama kali program BPJS diluncurkan sudah banyak sekali pendaftar.

Syarat Mendaftar BPJS

Sebelum anda mendaftar BPJS, maka anda juga harus mengetahui pekerja non PBI diharuskan untuk membayar premi pada setiap bulan. Sedangkan untuk mereka yang kurang mampu maka akan dibayarkan oleh pemerintah premi setiap bulannya sesuai dengan prosedur yang ada. Untuk pekerja PNS, POLRI, atau TNI pembayaran premi setiap bulannya melalui pemotongan gaji setiap bulannya. Hal ini disebabkan AKSES sekarang sudah menjadi BPJS. Akan tetapi jika anda sudah memiliki kartu AKSES maka bisa juga digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan atau berobat, jika anda ingin anda bisa mengganti kartu ASKES anda dengan BPJS di kantor BPJS terdekat.

Beberapa pertanyaan kerap kali muncul dari para pendaftar BPJS, misalnya saja mengenai KTP domisili dengan domisili sementara, misalnya saja anda mempunyai KTP Kediri dan anda bekerja di Jakarta maka anda tetap bisa mendaftar BPJS di Jakarta. Hal ini disebabkan jangkauan dari program kesehatan ini luas. Anda bisa mendaftar dimana saja dan bisa digunakan dimana saja selama anda masih berada di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa syarat mendaftar BPJS kesehatan mandiri:

  • Foto copy KTP
  • Foto copy KK
  • Foto copy Buku tabungan (update)
  • Foto berwarna 3×4

Untuk premi yang harus anda bayar setiap bulannya berdasarkan kelas dan golongan:

  • Kelas 1 premi setiap bulannya ialah Rp 80.000
  • Kelas 2 premi setiap bulannya ialah Rp 51.000
  • Kelas 3 premi setiap bulannya ialah Rp 25.000

Anda bisa memilih kelas dan golongan yang anda inginkan sesuai dengan kemampuan anda membayar. Meskipun pendapatan anda besar, anda tidak harus memilih kelas 1, anda bisa memilih kelas 2 atau 3 sesuai dengan kebutuhan anda.

Baca Juga: Panduan Bayar BPJS Kesehatan di BebasBayar

Keunggulan Mempunyai BPJS

Seperti yang sudah anda ketahui, sekarang ini hampir setiap orang warga negara Indonesia memiliki BPJS. BPJS ini memang terbukti sangat membantu masyarakat untuk meringankan beban mereka dalam masalah kesehatan seperti tidak mampu untuk membayar layanan kesehatan seperti rumah sakit atau juga tidak mampu menebus obat yang harganya terbilang cukup mahal. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan jika mempunyai BPJS Kesehatan:

  • Jaminan Berbagai Macam Penyakit

BPJS kesehatan memang memberikan jaminan kesehatan pada hampir setiap penyakit yang bahkan asuransi swasta tidak dapat menjaminnya. Memang banyak asuransi – asuransi swasta yang tidak menjamin berbagai macam penyakit, misalnya saja penyakit yang berhubungan dengan kehamilan, penyakit hormonal, kanker, penyakit genetik, penyakit jiwa, dan juga hemodialysis. Akan tetapi menggunakan BPJS kesehatan bisa menjamin kesehatan yang terbilang cukup lengkap dengan biaya premi yang terbilang cukup murah, bahkan ada juga yang gratis bagi masyarakat Indonesia yang tidak mampu.

  • BPJS Menanggung Hampir Semua Penyakit

Apabila anda memiliki BPJS kesehatan, maka setiap pelayanan medis yang anda lakukan dan sifatnya yang pengobatan maka akan ditanggung oleh pihak pemerintah. Anda tidak usah lagi merasa khawatir jika anda tidak memiliki biaya karena mahalnya biaya pengobatan yang harus ditanggung untuk mengobati penyakit – penyakit yang terbilang berat. Dengan demikian maka akan semakin meringankan anda ketika ingin mengobati penyakit anda dan anda tidak mampu membiayai sendiri perawatan kesehatan anda.

  • Menanggung Biaya Tanpa Melihat Kondisi Sebelumnya

Memang BPJS kesehatan merupakan jaminan kesehatan nasional yang akan menanggung setiap biaya untuk pelayanan kesehatan tanpa melihat kondisi sebelumnya serta tidak melihat batasan penyakit yang diderita oleh para pasien. Tentu saja hal ini sangat membantu untuk anda yang menderita penyakit bawaan kronis seperti gagal ginjal, jantung, dan berbagai macam penyakit lainnya. Anda tidak perlu lagi merasa khawatir dengan berapa biaya yang harus anda keluarkan untuk mengobati dan merawat penyakit anda.

  • Premi Murah

BPJS kesehatan memang sebuah jaminan kesehatan milik pemerintah yang biaya preminya sangat murah di Indonesia. Dengan biaya premi yang sangat murah tersebut anda bisa mendapatkan berbagai macam layanan kesehatan misalnya saja rawat inap, obat, pembedahan atau operasi, dan lain sebagainya. Bahkan bagi masyarakat yang tidak mampu akan dibebaskan biayanya masalah premi per bulan untuk BPJS kesehatan.

  • Tidak Ada Medical Check Up

Apabila anda menggunakan jaminan kesehatan swasta, maka sebelum anda mendaftar anda akan diminta untuk melakukan medical check up dulu. Apabila anda memiliki penyakit kronis dan anda sudah berumur 40 tahunan maka biaya premi setiap bulan yang harus anda bayarkan akan mahal. Bahkan bisa – bisa pengajuan pendaftaran anda bisa ditolak. Namun ketika anda mendaftar BPJS kesehatan maka anda bisa mendaftar di umur berapa saja dan juga tidak ada medical check up. Bahkan anda juga bisa mendaftarkan bayi yang masih berada dalam kandungan sekalipun.

  • Jaminan Seumur Hidup

Apabila asuransi swasta lainnya hanya bisa menjamin kesehatan maksimal 100 tahun. Namun tersebut juga masih belum terbukti ada atau tidaknya jaminan kesehatan milik asuransi swasta. Namun jika anda menggunakan BPJS, maka tentu saja anda akan mendapatkan jaminan kesehatan seumur hidup dan dapat melindungi anda seumur hidup.

Namun diantara keunggulan yang dimiliki oleh BPJS kesehatan, ada juga kekurangan – kekurangan yang menyertai misalnya saja jika anda menggunakan BPJS kesehatan maka anda akan mengantre lama ketika mendaftar atau mengubah data. Bukan hanya itu saja, anda juga akan mengantre lama jika anda melakukan pengobatan ke rumah sakit, oleh sebab itu anda harus bersabar.

Jika anda sudah mengetahui keuntungan dan syarat mendaftar BPJS, maka segera daftarkan diri anda segera dan dapatkan jaminan kesehatan yang terbaik di Indonesia. Juga jangan lupa untuk membayarkan premi setiap bulannya.

Tinggalkan Komentar Disini..

About Author

Aditiya Sulistiawan

Lebih dari 3 tahun menjadi keluarga di BebasBayar. Menjadi penulis tetap di Blog Bebasbayar sejak gabung pertama di Bebasbayar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.