Tanaman Pengusir Nyamuk untuk Di Dalam Rumah

Tak hanya berfungsi sebagai penambah estetika rumah, ternyata tanaman juga memiliki kegunaan lain. Mulai dari sebagai bahan masakan hingga tanaman obat dan pengusir serangga. Bicara soal serangga, Mama pasti sudah tidak asing dengan serangga bernama nyamuk yang seringkali berada di sekitar kita.

Tahukah Mama, ternyata sejumlah tanaman tertentu bisa digunakan untuk melawan dan mengusir nyamuk dari dalam rumah.

Tanaman-tanaman ini sudah lama dipercaya khasiatnya untuk mengusir nyamuk yang nakal. Penasaran tanaman apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

1. Catnip

Catnip Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman pengusir nyamuk paling ampuh yang pertama adalah catnip. Biasanya, catnip digunakan untuk membuat kucing bertingkah lucu dan jadi lebih aktif.

Tanaman ini mengandung minyak nepetalactone yang dibenci nyamuk sehingga tak heran jika catnip kerap ditanam di sekitar rumah.

Mama bisa menanam catnip ini di teras depan atau halaman belakang agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah.

Mama juga bisa kok menanamnya di dalam pot, kemudian letakkan di dekat jendela untuk menghalau nyamuk. Namun ingat ya, Mam, catnip bisa tumbuh tinggi sehingga Mama harus rutin memangkasnya agar tetap terlihat rapi.

2. Selasih

Selasih

Apakah Mama suka mencampur minuman dengan biji selasih?

Tahukah Mama, selain bijinya bisa dimanfaatkan untuk minuman, daun selasih ternyata bisa digunakan untuk mengusir nyamuk, lho.

Pasalnya, daun selasih mengandung senyawa linaloo, eugenol, dan juga geraniol yang mengeluarkan aroma menyengat bagi serangga seperti nyamuk.

Selasih bisa Mama tanam di dalam ruangan agar nyamuk kabur dengan sendirinya.

Letakkan satu pot berisi tanaman selasih di dekat jendela, pintu, ataupun ruang tamu yang bisa sekaligus menjadi penghias rumah.

3. Geranium

Geranium

Selain dikenal sebagai salah satu tanaman gantung terbaik, geranium ternyata juga merupakan tanaman yang ampuh untuk mengusir nyamuk.

Geranium atau tapak dara ini memiliki tinggi 20-60 cm yang mampu bertahan selama tiga sampai lima tahun. Umumnya, geranium dikembangbiakkan melalui stek batang tanaman.

Tanaman satu ini kaya akan zat geraniol dan sitroneol yang mudah terbawa angin.

Aroma kedua zat ini sangat tidak disukai nyamuk sehingga geranium dianggap sebagai pilihan tepat untuk mengusir serangga satu ini.

Mama hanya perlu menancapkan batang geranium pada pot, biarkan tumbuh, dan nyamuk pun dijamin kabur.

4. Lavender

Lavender

Lavender yang dianggap sebagai tanaman terbaik pengusir nyamuk ini biasanya berbentuk semak atau pohon kecil.

Bunganya berwarna ungu dan bisa ditanam di dataran berketinggian 500-1300 mdpl. Semakin tinggi posisi lavender tersebut, maka semakin tinggi pula kualitas minyak yang dihasilkan.

Lavender mengandung linalool dan lynalyl asetat yang mampu mengusir serangga seperti nyamuk. Selain itu, lavender juga dikenal bersifat antiseptik dan antijamur.

Oleh karena itu, tanaman satu ini sering digunakan sebagai bahan dasar lotion anti nyamuk.

5. Lemon Balm

Lemon Balm

Tanaman yang tidak memiliki bunga ini berasal dari golongan tumbuhan mint lamiaceae yang dimanfaatkan sebagai minuman dan juga obat.

Namun, lemon balm ternyata juga sering digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk karena kaya akan kandungan zat sitronelol yang tidak disukai serangga.

6. Rosemary

Rosemary

Jika selama ini rosemary dikenal sebagai bahan memasak, maka mulai sekarang Mama bisa menanamnya di rumah sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Rosemary memiliki aroma yang segar seperti aroma minyak kayu putih atau minyak telon. Konon, tanaman satu ini tahan terhadap berbagai penyakit, hama, dan juga panas matahari.

Percayalah, aroma yang dihasilkan rosemary bisa membuat nyamuk kehilangan kendali akan inderanya.

Selain meletakkannya di sudut-sudut rumah, Mama juga bisa menggosokkan tanaman ini secara langsung di kulit sehingga nyamuk tidak akan mendekat.

7. Serai Wangi

Serai Wangi tanaman pengusir nyamuk

Sama seperti rosemary, serai wangi yang dikenal sebagai bahan memasak dan minuman juga ampuh mengusir nyamuk di dalam rumah.

Bahkan, tanaman pengusir nyamuk satu ini bisa tumbuh di segala iklim dan jenis tanah sehingga Mama lebih mudah menanamnya.

Serai wangi berbentuk seperti rumput liar dengan kandungan zat geraniol dan sitronelol yang bisa membunuh nyamuk.

Tak heran, jika banyak produsen lotion nyamuk dan aroma terapi menggunakan serai wangi ini sebagai bahan dasar utamanya.

Nah, ketujuh tanaman pengusir nyamuk di atas bisa Mama letakkan di rumah ataupun di pekarangan.

Jika Mama meletakkannya di luar ruangan, lebih baik tempatkan di dekat pintu, jendela, atau sudut-sudut ruangan yang sering terpapar angin.

Tujuannya agar aroma yang dihasilkan oleh tanaman-tanaman ini bisa masuk ke dalam ruangan sehingga nyamuk tidak berani mendekat.

Mama ingin curhat atau berbagi kisah menarik? Publikasikan saja melalui Ruang Mama bebasbayar melalui tombol di bawah ini.

Tombol Daftar Sekarang

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
lisa

Mama muda yang hobinya curhat

Leave a Reply