Tips Memilih Hewan Qurban Terbaik

 

BebasBayar – Bagi umat Islam yang mampu secara finansial diharuskan untuk menunaikan ibadah qurban. Bila Anda tahun berniat menunaikannya, maka pilihlah hewan qurban yang sesuai dengan kemampuan dan tuntunan.

Karenanya, sebelum menunaikan ibadah Qurban baiknya Anda pahami terlebih dulu bagaimana tuntunan memilih hewan Qurban menurut Islam. Selain hewan ternak, apalagi sih kriteria pemilihan hewan yang tepat untuk qurban itu?

Tips Memilih Hewan Qurban

Berikut adalah tips memilih hewan qurban yang terbaik ala BebasBayar!

Hewan Ternak

Hewan yang sebaiknya diqurbankan ialah hewan ternak, sebagaimana yang dijelaskan Al-Qur’an dalam Surat Al-Hajj ayat Ke-34,

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”

Ayat tersebut menjelaskan bahwa umat Islam diperintahkan untuk berqurban mengguna hewan ternak. Hewan ternak yang diperbolehkan ialah;

  • Unta
  • Kambing
  • Domba
  • Sapi
  • Kerbau

Usia Hewan qurban

Salah satu cara untuk mengetahui kesehatan hewan Qurban adalah dengan melihat usia hewan tersebut. Dalam tuntunannya, setiap hewan memiliki ketentuan usia yang berbeda. Bila Anda ingin berqurban dengan kambing atau domba, usia hewan minimal 1 tahun. Bila Anda ingin berqurban sapi atau kerbau, usia hewan minimal 2 tahun.

Gigi dari Hewan

Usai memilih jenis dan usia hewan ternak, hal ketiga yang harus Anda perhatikan ialah gigi dari hewan tersebut.

Hewan qurban harus sudah mengalami pergantian gigi seri depan dan bawah. Dikutip dari situs Dompet Dhuafa, Ajat Sudrajat sebagai Manager Kampung Ternak Nusantara (KTN) Dompet Dhuafa, menyampaikan bahwa karakter gigi susu kecil dan runcing, sedangkan gigi tetap dari hasil pergantian adalah besar dan rata.

So, sebelum Anda membeli hewan Qurban, pastikan ketiga hal di atas terlebih dulu ya.

Hewan yang Sehat

Hewan ternak yang akan diqurbankan harus dalam kondisi sehat dan tidak cacat. Untuk memastikan hewan yang Anda beli sehat, bisa dilihat dari tanda-tanda berikut; tidak demam, nafsu makan normal, tidak berkudis, tidak ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulunya tidak kusam dan berdiri, mata tidak cekung dan kotor, tidak diare dan juga lemas.

Bagaimana? Cukup asyikkan berburu hewan ternak untuk dijadikan ibadah Qurban?

Bila Anda ingin yang lebih praktis, silahkan gunakan layanan Qurban Online progresif bersama Rumah Zakat di BebasBayar. Bersama Rumah Zakat Anda lebih tenang dalam beribadah, hewan qurban terkelola dan terdistribusikan dengan baik hingga ke penjuru Indonesia.

Anda sudah download aplikasi BebasBayar kan?

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Fatkhiyah
Fatkhiyah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.