Tips Memilih Jas Hujan yang Baik

 

Berdasarkan pantauan dari tim BMKG, diprakirakan mulai Oktober-November 2017 sebanyak 76% wilayah Indonesia akan diguyur hujan dan akan mengalami puncaknya pada Desember 2017 – Februari 2018. Seperti pepatah bilang, sedia payung sebelum hujan. Kalimat itu sepertinya memang berguna bagi semua orang apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini. Dan jas hujan sepertinya menjadi perangkat paling penting saat ini. Lupa bawa jas hujan siap-siap saja Sobat BebasBayar basah  kuyup kehujanan di jalan.

Dan kami ingin berbagi beberapa tips yang mungkin berguna bagi Sobat BebasBayar dalam memilih  jas hujan sebelum membeli. 

Bahan :

Pilihlah jas hujan yang terbuat dari bahan PVC agak tebal. Kelebihan dari bahan ini adalah tahan air dan tidak mudah sobek. Meskipun terkesan berat, tapi memiliki corak warna yang beragam. Yang terpenting adalah air hujan tidak sampai tembus kedalam.

Alternatif kedua, pilihlah jas hujan berbahan parasut. Karakteristiknya yang ringan dan halus ini cocok untuk Sobat BebasBayar yang memiliki kendaraan dengan bagasi kecil.

Warna :

Pilihlah jas hujan dengan warna yang cerah, terang dan mencolok, supaya saat berjalan di malam hari Sobat BebasBayar tetap terlihat. Pada umumnya jas hujan memiliki garis berwarna lain yang melintang tegas di bagian dada depan-belakang yang dapat memantulkan sinar/sorotan lampu seperti warna orange, silver atau kuning.

Rekomendasi pilihan warna jas hujan bisa seperti hijau stabillo (seperti jas hujan yang dipakai polisi lalu lintas) atau warna pink.

Model :

Kami menyarankan untuk memilih jas hujan dengan model two piece (atasan dan bawahan). Model bawahan celana sepertinya lebih aman daripada model ponco. Alasan kenapa model ponco tidak lagi disarankan :

– Desainnya yang sangat lebar membahayakan pengendara motor yang ujung jas hujan bagian belakang dapat masuk ke gir roda belakang.

– Air hujan tetap masuk sebagian karena desainnya yang terbuka lebar, hanya menutupi bagian depan dan belakang pengendara.

– Menganggu pandangan si pengendara motor, karena bentuknya yang melebar dan sering kali terkena hempasan angin kencang juga air hujan yang lebat membuat si pengendara menjadi kurang seimbang saat mengendarai motor.

Harga :

Untuk urusan harga sesuaikan dengan kemampuan kantong masing-masing ya Sobat BebasBayar. Jas hujan dengan harga terjangkau berbahan PVC sudah banyak dijumpai di pasaran dengan harga kisaran Rp50.000-Rp150.000. Tetapi ada juga jas hujan dengan harga berkualitas tinggi sekitar Rp250.000-Rp475.000. Sobat BebasBayar bisa pilih sendiri sesuai kebutuhan ya 🙂

Tips selanjutnya adalah, saat kamu sudah mendapatkan jas hujannya jangan lupa cuci atau minimal basuhlah dengan air setelah digunakan. Kemudian, jemur jas hujanmu sampai benar-benar kering untuk menghindari jamur. Hindari pencucian menggunakan mesin cuci karena itu dapat merusak daripada bahan jas hujan.

Sekian tips dari kami 🙂

Sobat BebasBayar bisa dapatkan jas hujan berbagai merk dan model di menu belanja BebasBayar dengan harga mulai Rp30.000 an. Yuk, siapkan jas hujanmu sebelum kehujanan!

Tinggalkan Komentar Disini..

About Author

Aditiya Sulistiawan

Lebih dari 3 tahun menjadi keluarga di BebasBayar. Menjadi penulis tetap di Blog Bebasbayar sejak gabung pertama di Bebasbayar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.