Ini Tips Memulai Bisnis Online Paling Baru

Persaingan dunia bisnis kini semakin ketat. Kehadiran berbagai sosial media dan platform jual beli online menjadikan bisnis online semakin berkembang. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tips memulai bisnis online supaya bisnis Anda dapat berkembang dengan pesat.

Untuk memulai sebuah bisnis online, tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu bisnis online, juga harus mengetahui cara kerja dari beberapa platform online supaya Anda bisa memaksimalkan penggunaannya. Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai berbisnis.

Tips Memulai Bisnis Online

Tips Memulai Bisnis Online

1. Riset pasar

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset pasar. Anda bisa menilai kondisi pasar dan celah yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis online. Riset dapat dilakukan untuk menghasilkan informasi penting antara lain:

  • Permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat
  • Kemungkinan produk yang bisa dikembangkan dan diminati masyarakat luas
  • Tren kebutuhan masyarakat terkait produk yang sedang dibutuhkan
  • Pola konsumsi masing-masing segmen pasar
  • Keunggulan produk kompetitor dan kemampuan bisnis Anda untuk melawannya
  • Peluang mitra bisnis
  • Tentukan potensi bisnis

Riset pasar memang terdengar sederhana namun tahapan ini memegang peranan yang penting. Hal tersebut dikarenakan Anda dapat melihat kondisi pasar saat ini, peluang dan jenis-jenis bisnis online yang bisa Anda manfaatkan, dan prospek jangka panjang dari pasar tersebut.

Sebagai contoh Anda berminat menjalankan bisnis kuliner. Saat melakukan riset pasar, Anda bisa menemukan informasi bahwa saat ini masyarakat berminat untuk mengonsumsi kuliner western yang sehat dan mengenyangkan.

Selain itu, Anda juga melihat bahwa bisnis sayur organik cukup potensial karena sayuran ini sudah semakin diminati tetapi belum ada yang menjualnya dalam bentuk olahan. Salah satu jenis kuliner western yang sehat adalah salad sayur.

Anda bisa mengombinasikan salad sayur dengan menggunakan sayuran organik. Dengan demikian, produk Anda bisa memenuhi apa yang diinginkan oleh calon konsumen sekaligus memanfaatkan peluang bisnis yang ada.

2. Tentukan segmen pasar

Langkah selanjutnya dalam memulai bisnis online adalah menentukan segmen pasar. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus bisa menempatkan posisi bisnis Anda, apakah Anda akan menyasar ke kalangan anak-anak, remaja, atau orang tua.

Tidak hanya itu saja, pasar bisa dibagi menjadi beberapa segmen dengan berbagai kriteria. Sebagai contoh pembagian pasar berdasarkan usia, kondisi finansial, letak geografis, jenis kelamin, bahkan pekerjaan. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam memilih dan menentukan langkah selanjutnya.

Menentukan segmen pasar juga akan berpengaruh pada berbagai hal mulai dari bentuk produk, proses produksi, hingga strategi pemasaran. Banyak pertimbangan yang harus Anda pahami sebelum menentukan segmen pasar dan hal tersebut bisa didapat dari riset pasar yang dilakukan.

Pada contoh bisnis salad sayur organik, Anda bisa melihat bahwa peminat produk berasal dari kalangan menengah keatas, berusia 20-40 tahun, dan didominasi oleh wanita. Dengan demikian, semua orang yang masuk dalam kriteria tersebut adalah target pasar Anda.

3. Kenali produk

Setelah menentukan segmen pasar, Anda bisa mulai mengembangkan produk. Setiap segmen pasar memiliki preferensi yang spesifik sehingga Anda harus mengetahui preferensi yang diminati oleh segmen yang Anda pilih.

Produk yang sesuai dengan preferensi konsumen akan dapat bertahan di pasar karena konsumen lebih memilih produk yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Dengan demikian, pastikan bahwa desain dan fitur produk cocok dengan segmen konsumen Anda.

Mengembangkan produk yang cocok juga berguna untuk proses marketing karena Anda mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen dan poin apa yang bisa Anda gunakan sebagai kelebihan produk Anda dibandingkan produk kompetitor.

Berkaitan dengan contoh produk salad sayur organik, Anda harus mengenali kelebihan produk Anda dibandingkan dengan produk kompetitor dan alasan mengapa konsumen harus mengonsumsi produk Anda.

Berdasarkan informasi tersebut, Anda bisa mengembangkan produk Anda sehingga semakin diminati. Sebagai contoh, Anda menawarkan beberapa jenis isian sayur, ukuran porsi, dan jenis daging atau telur yang ditambahkan.

Informasi tersebut juga bisa didapat melalui proses riset pasar. Anda tentu bisa menilai betapa pentingnya riset pasar sebelum memulai bisnis, bukan?

4. Pilih metode pendekatan yang tepat

Masing-masing konsumen memiliki metode pendekatan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui karakteristik dari calon konsumen Anda. Hal ini berfungsi supaya produk yang Anda tawarkan bisa didengar oleh konsumen.

Saat ini sudah banyak cara mendapatkan keuntungan dari bisnis online dengan menggunakan platform jual beli online. Anda dapat menawarkan produk di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak atau di sosial media seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Pemilihan platform online yang tepat juga akan mempengaruhi kemungkinan produk Anda sampai di telinga konsumen. Anda bisa menggunakan semua platform yang tersedia, namun pastikan salah satu platform yang Anda gunakan sesuai dengan platform yang sering digunakan oleh konsumen.

Pada segmen pasar salad sayur organik, mayoritas konsumen tentu pengguna Instagram dan WhatsApp. Oleh karena itu, Anda dapat menawarkan produk dengan menggunakan platform tersebut. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan misalnya penggunaan hashtag dan foto.

WhatsApp dapat digunakan untuk alternatif pemesanan selain dengan menggunakan pesan pribadi di Instagram. Penggunaan WhatsApp akan semakin memudahkan konsumen untuk melakukan pemesanan terlebih aplikasi WhatsApp sering digunakan sehari-hari.

Meskipun mayoritas konsumen merupakan pengguna Instagram dan WhatsApp, namun tidak ada salahnya untuk menggunakan platform lain seperti Facebook dan layanan Food Delivery.  Penggunaan layanan food delivery akan membantu Anda menjangkau konsumen lebih luas.

Facebook bisa digunakan untuk memasang iklan, terlebih iklan di Facebook juga bisa dilakukan tanpa modal banyak dan dapat disesuaikan dengan target marketing. Dengan demikian, iklan Anda tidak akan salah sasaran.

5. Pertahankan kepercayaan konsumen

Setelah menjalankan bisnis online dan berhasil mendapatkan pasar, tips memulai bisnis online yang terakhir adalah mempertahankan kepercayaan konsumen. Loyalitas memang harus diperhatikan karena memiliki berbagai pengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung.

Secara langsung, konsumen yang loyal akan secara berkala mengonsumsi produk Anda. Mereka juga tidak segan memilih produk Anda dibandingkan produk kompetitor. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan jumlah konsumsi yang stabil.

Secara tidak langsung, loyalitas konsumen akan membantu proses marketing. Konsumen dalam memberikan penilaian tidak hanya di media sosial, tetapi juga secara langsung ke orang-orang sekitar. Hal ini akan membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang terpercaya.

Konsep ini dikenal dengan word of mouth. Hal ini dipercaya lebih berperan dalam mengubah pola konsumsi seseorang dibandingkan marketing yang dijalankan oleh produsen. Oleh sebab itu, tingkat konsumsi produk Anda bisa meningkat.

Berbisnis online sedikit berbeda dengan bisnis konvensional dalam hal media yang digunakan. Konsumen dapat menilai produk Anda di media sosial sehingga Anda harus memastikan bahwa produk Anda benar-benar memuaskan konsumen dan meningkatkan kepercayaannya.

Langkah terakhir pada contoh bisnis online salad sayuran organik adalah menjaga kepercayaan konsumen. Hal ini bisa dilakukan dengan menjaga kualitas produk dan kecepatan pengiriman.

Terkadang ada kendala yang menyebabkan pengiriman produk terhambat. Pada kondisi seperti ini, pastikan konsumen mendapatkan informasi yang jelas bahwa kendala pengiriman sedang terjadi dan Anda sedang berusaha untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Hal ini penting bagi konsumen untuk mengetahui kondisi yang sedang terjadi dan ada langkah tepat yang telah Anda lakukan sehingga konsumen percaya akan hal tersebut. Kepercayaan konsumen juga akan membuat bisnis Anda menjadi bisnis yang menguntungkan.

Meskipun secara media, bisnis online dan konvensional berbeda, namun keduanya memiliki kesamaan yang mendasar yaitu berwirausaha.

Nah, setelah mengetahui bagaimana memulai bisnis di internet, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lebih dahsyat melalui bisnis online dari bebasbayar.

Tips memulai bisnis online diatas hanya memberikan Anda gambaran bagaimana memulainya. Penentu kesuksesan suatu bisnis tidak lain adalah Anda sendiri.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
Ahid

Life is a first draft... with NO rewrite.

Leave a Reply