Tips Menghemat Listrik ala BebasBayar

 

BebasBayar – Seperti yang Anda ketahui, bahwa listrik merupakan kebutuhan semua keluarga di Indonesia. Listrik PLN telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari setiap rutinitas masyarakat. Saat ini kita dengan mudahn menikmati gemerlap dunia berkat listrik yang disediakan oleh PLN.

Dan untuk bisa menggunakan layanan PLN, Anda diwajibkan membayar beban tagihan listrik PLN setiap bulan ataupun membeli token listrik tiap kali pulsa listrik Anda habis. Bayangkan saja bila tidak ada aliran listrik. Bisa dipastikan, semua aktivitas akan lumpuh.

Namun, tagihan listrik seringkali membuat seseorang mengalami sport jantung, terutama bila melihat jumlahnya yang membengkak. Solusi menghadapi hal tersebut adalah melakukan penghematan di bulan-bulan berikutnya. Anda bisa memulai dari yang sederhana, seperti yang BebasBaya rekomendasikan sebagai berikut:

  1. Tidak menyalakan perangkat elektronik saat tidur

Tips menghemat listrik ala BebasBayar yang pertama yakn ketika hendak tidur, pastikan semua alat elektronik, seperti televisi, komputer dan lain-lain telah dipejamkan supaya tidak membuang-buang daya listrik secara percuma. Selain itu, biasakan untuk mematikan lampu sebelum tidur. Itu tidak hanya menghemat biaya listrik, tapi juga untuk rileksasi tubuh, sehingga Anda bisa memperoleh kualitas istirahat yang lebih baik dibanding terlelap dalam keadaan lampu menyala.

 

  1. Menghemat pemakaian lampu

Hindari menyalakan lampu saat Anda tidak benar-benar membutuhkannya, misal di siang hari. Sebaiknya, manfaatkan cahaya matahari yang masuk dari jendela atau ventilasi. Gunakan jika Anda memerlukannya, seperti ketika ingin ke kamar mandi. Tapi, tidak usah dihidupkan setiap saat. Bila sudah selesai, jangan malas untuk mematikannya.

 

  1. Menggunakan AC seperlunya

Dibanding alat elektronik lainnya, pendingin ruangan atau AC bekerja dengan memanfaatkan aliran listrik lebih besar. Sehingga, jika dipakai secara berlebihan, tentu akan membuat tagihan listrik melonjak. Untuk menyiasatinya, atur suhu AC menurut luas ruangan dan jumlah orang di dalamnya.

Baiknya, pilih AC yang hemat daya dan memiliki kemampuan menaikkan serta menurunkan suhunya secara otomatis, menyesuaikan suhu di dalam ruangan. Alternatif lainnya adalah menggunakan pendingin alami karena selain lebih sejuk juga bisa menyehatkan tubuh.

 

  1. Memperhatikan penggunaan kulkas

Lemari pendingin makanan tidak boleh dibiarkan terlalu penuh, sebab ia akan menyesuaikan suhu dengan jumlah barang yang ditampungnya. Selain itu, hindari kebiasaan sering membuka kulkas dalam waktu lama. Alasan dari tips menghemat listrik yang satu ini karena mesin kulkas akan bekerja lebih keras dan menyesuaikan suhu dari luar, yang mana akan membuang banyak daya listrik.

 

  1. Mencabut kabel kontak listrik saat tidak digunakan

Meskipun tidak dipakai atau aliran listrik telah dimatikan, coloka listrik yang dihubungkan pada terminal tetap akan mengalirkan listrik. Oleh karenanya, lepas kabel tersebut setiap kali selesai menggunakan TV, komputer, charger ponsel dan perangkat lainnya.Cek & Bayar Tagihan Listrik Pascabayarmu Disini Aja!

Dengan menerapkan kebiasaan tips menghemat listrik di atas, Anda akan terhindar dari biaya listrik yang membengkak ataupun terus menerus merogoh kocek untuk membeli token pulsa. Untuk mengetahui seberapa besar penurunannya, silakan cek konsumsi dan tagihan listrik bulanan secara rutin. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar Disini..

About Author

Avatar
Mas Halfi

Leave a Reply